alexa-tracking

Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad311bd162ec22d7c8b4568/wing-chun-beladiri-efektif-untuk-pertahanan-diri
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri
       Zaman sekarang beladiri semakin banyak, tetapi tidak semua beladiri dapat efektif saat kita gunakan untuk pertahanan diri  dijalanan ( Self Defense ). Ada beladiri yang cocok untuk kompetisi, ada yang fokus pada kesehatan, ada juga yang memfokuskan kepada keindahan, dan yang akan kita bahas yaitu untuk pertahanan diri. Untuk agan tau self defense sangat berbeda dengan kompetisi seperti mma dan lain lain. saat bertahan dijalanan tidak ada peraturan. tidak ada kata tidak siap.diJalanan siapa yang cepat membuat lawan lumpuh dahulu sebelum lawan menyerang itu adalah pemenangnya
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diriing Chun ini juga dipopulerkan lewat film Ip Man. Wing Chun menjadi sangat efektif karena beladiri ini tidak memerlukan ancang ancang saat mau memukul dan menendang mengingat ketika dijalanan kita seringkali disudutkan dan tidak memiliki tempat yang luas. Bahkan jika anda sudah sedikit mendalami beladiri ini, hanya dengan jarak 1 inchi saja sudah dapat melontarkan pukulan yang membuat tubuh lawan mundur sehingga terbuka celah untuk kabur. Selain itu beladiri ini memiliki kecepatan yang luar biasa cocok untuk self defense, sebelum lawan menyerang Wing Chun dapat melontarkan pukulan beruntun dengan target alat vital mereka seperti tenggookan, hidung, mata, kemaluan, rusuk. Wing Chun juga memiliki refleks yang sangat cepat.Refleks ini dilatih lewat latihan [/font]chi sao. Refleks ini dapat berguna dijalanan ketika kita melihat musuh sudah mulai menyerang kita dapat memberikan counter.
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri
Prinsip : - Center Line, yaitu semua serangan melalui tengah(tidak swing) karena jarak yang ditempuh lebih pendek (lebih cepat), tengah juga merupakan titik keseimbangan. Selain itu hampir semua organ vital manusia terdapat ditengah seperti kepala, leher, kemaluan, sedangkan tangkisa melewati garis tengah.
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

                -Yin yang, artinya seimbang, berkesinambungan, tangkisan dan pukulan dilakukan secara bersamaan tidak ada anggota tubuh yang menganggur, jika memang tidak diperlukan atau tidak ada celah menyerah tangan yang tidak dipakai bertahan berjaga dibelakang tangan yang dipakai bertahan (berjaga sebagai pertahanan ke2).
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

               -Tenaga Siku, ini yang membuat pukulan wing chun walaupun tidak memiliki ancang ancang tetapi mematikan. Saat pukul, bahu kita secara natural naik/terangkat. Di wing chun, bahu kita dilatih & dibiasakan untuk turun, bahkan tidak boleh naik.

Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

 
               - Fa Jin adalah ledakan 1 inchi (2,54cm) sebelum benturan. Itu artinya power tidak berangkat dari awal, tapi meledak hanya di ujung.
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

                -Rileks, saat kita rileks kita dapat mengatur Fa Jin dan kita lebih mudah berpindah dari menyerang bertahan dan sebaliknya.
Wing Chun, Beladiri Efektif untuk Pertahanan Diri

berikut ane share kan satu video self defense dengan wing chun.


    Untuk agan yang berniat belajar Wing Chun ane sangat menyarankan untuk belajar diperguruan, karena Wing Chun berbeda dari kebanyakan beladiri. Wing Chun memakai banyak sekali konsep yang susah dijelaskan diyoutube atau internet. Terlebih lagi kalau agan belajar diperguruan akan diajarkan latihan chi sao  yang bener dan punya temen buat latihan chi sao. Tetapi untuk yang ingin belajaR dari internet kalian bisa melihat youtube master wong. 



sumber : https://wingchunipmansidoarjo.wordpr...ofi-wing-chun/