alexa-tracking

Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad30cb056e6af3f0f8b457b/mensos-menyambangi-panti-sosial-dan-anak-di-mataram
Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram
Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram

JPP MATARAM - Menteri Sosial Idrus Marham berkesempatan menyemangati anak-anak perempuan korban kekerasan seksual yang saat ini ditangani di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RSPA) Bumi Gora Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kita pasrahkan kepada Allah SWT, ini terjadi bukan karena kehendak Anda semua, tapi terjadi di luar kemampuan sendiri. Maka jangan lagi pikirkan itu tapi lihat masa depan," kata Mensos saat meninjau RSPA Bumi Gora Mataram, Minggu (15/04/2018).

Mensos juga mengatakan, RSPA bukan hanya sekadar rumah aman tapi juga rumah masa depan karena menjadi awal kembali anak-anak tersebut meraih masa depan.

Pada kesempatan itu, Menteri Idrus menyemangati 19 anak perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual tersebut dengan mengajak mereka menguatkan tekad bahwa peristiwa yang terjadi bukan atas kehendak mereka sendiri.

"Pasrah kepada Allah tapi juga harus berusaha menjemput masa depan. Insya Allah di tempat ini di rumah aman memberikan harapan masa depan," ujarnya.

Mensos juga menjanjikan akan menfasilitasi jika anak-anak yang rata-rata berusia antara 12-15 tahun itu ingin melanjutkan sekolah kembali.

Sejak Januari 2018 RSPA Bumi Gora Mataram telah menangani 43 anak perempuan dan saat ini tinggal 19 orang yang menjalani terapi dengan rincian tiga anak sedang hamil, satu balita dan lima bayi. Mereka menjalani terapi dan didampingi selama proses hukum. Bagi yang hamil berada di RSPA hingga melahirkan.

Usai menyambangi RSPA Bumi Gora Mataram, Mensos menjenguk anak-anak bermasalah secara hukum yang dititipkan di Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Paramita Mataram, NTB.

"Ingat bahwa selalu ada pintu taubat yang terbuka, minta maaf atas semua perilaku yang tidak baik," kata Mensos saat silaturahim di PSMP Paramita Mataram.

Mensos juga mengajak anak-anak yang berusia antara 13-18 tahun itu untuk berjanji mengubah perilaku menjadi lebih baik agar mencapai masa depan yang lebih baik dan pasti.

Sebelumnya Mensos juga meninjau ruang praktik keterampilan tempat anak-anak tersebut mendapatkan keterampilan selama dibina di PSMP Paramita.

Sebanyak 90 anak dibina di PSMP Paramita, mereka diajarkan berbagai keterampilan seperti las, otomotif, bengkel motor, sablon dan pertukangan.

Berbagai kegiatan keterampilan tersebut merupakan bentuk terapi dan juga menjadi bekal mereka untuk menjadi lebih baik setlah keluar dari panti sehingga diharapkan tidak lagi mengulangi berbagai tindakan melanggar hukum.

Mereka berada di PSMP Paramita karena terlibat berbagai kasus seperti pembunuhan, curanmor, kekerasan seksual, jambret, narkoba, miras dan lainnya.(ant/sos)

 


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...nak-di-mataram

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram Bandung Jadi Tuan Rumah KTT Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia

- Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram Menkeu: APBN 2019 Fokus Pada Program Sosial

- Mensos Menyambangi Panti Sosial dan Anak di Mataram KKP: Perlindungan Hiu Paus Sangat Penting