alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
DPR Wanti-wanti Pemerintah soal Dosen Impor
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad300a01854f738708b4567/dpr-wanti-wanti-pemerintah-soal-dosen-impor

DPR Wanti-wanti Pemerintah soal Dosen Impor

viva.co.id
DPR Wanti-wanti Pemerintah soal Dosen Impor – VIVA
PT. VIVA MEDIA BARU - VIVA
3 minutes

VIVA – Rencana pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk impor atau mendatangkan dosen asing ke Indonesia, menuai kritikan.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, keinginan itu harusnya tidak terburu-buru dilakukan. Menurut Bamsoet, diperlukan kajian mendalam bila memang dosen impor dibutuhkan. Kemudian, bagaimana kondisi dosen di dalam negeri dengan adanya rencana mengimpor dosen lua negeri.

"Mengingat dengan banyaknya dosen asing masuk ke Indonesia dapat berdampak pada ketahanan nasional,” ujar Bambang, dalam keterangan resminya, Minggu 15 April 2018.

Menurut Bamsoet, Menristek M Nasir harus melihat dulu kondisi dalam negeri. Terutama pembenahan-pembenahan para dosen, fasilitas, hingga masalah penggajian. Apalagi masih ada ketimpangan sumber daya alam antardaerah atau wilayah.

Ia menilai, rencana impor dosen tidak bisa serta merta kebijakannya diambil oleh pemerintah dalam hal ini Kemenristek Dikti. Harus ada pembahasan yang matang di dalam negeri, dengan unsur-unsur terkait.

Mantan Ketua Komisi III DPR itu meminta agar pihak-pihak seperti Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), dilibatkan. Tujuannya untuk mengkaji kembali wacana kebijakan tersebut dan memikirkan landasannya.

“Agar wacana kebijakan tersebut tidak menimbulkan permasalahan baru bagi pendidikan dan riset di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, mantan wartawan ini juga mendorong Kemenristekdikti mencari upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dosen di tanah air agar fokus sebagai ilmuwan dalam kampus.

“Berikan dukungan dan pelatihan dosen secara berkala, sehingga perguruan tinggi di Indonesia dapat fokus dalam pengembangan riset di internal kampus serta menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan zaman,” lanjut Bambang.

Sebelumnya, Menristekdikti M Nasir mengungkapkan, pemerintah berencana mendatangkan 200 dosen dari mancanegara demi mendongkrak reputasi pendidikan nasional di bidang riset dan teknologi. Fokus kebijakan itu adalah mendatangkan dosen untuk sains dan teknologi.

Dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) terkait kemudahan kerja tenaga kerja asing (TKA) maka dosen asing pun bisa mengajar secara tetap di universitas dalam negeri.


about:reader?url=https%3A%2F%2Fwww.viva.co.id%2Fberita%2Fnasional%2F1026650-dpr-wanti-wanti-pemerintah-soal-dosen-impor


Gwa termasuk yg nyesel belajar di sekolah negeri ora mutu kualitasnya.

Indo yg bagus cuma polman dan atmi lainya jelek emoticon-Big Grin

Kalau engineer mending ambil yg lulusan luar negeri udah jelas emoticon-Big Grin

Indo ini lulusannya banyakan yg pinter argumen doang karyanya nihil.

Mana produk andalan indo?
Gak ada!

Kalo gak setuju urusan ente emoticon-Traveller


Coba lihat itu negara russia negara nuklir udah lebih maju dr kita 50 tahun di depan

Buat yg kuliah di russia mending jgn balik ke indo klo dpt kerja disono emoticon-Ngakak
Diubah oleh margosa
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Setelah garam impor terbitlah dosen impor,mantapemoticon-Angkat Beer

Pak dhe ini udah bisa di nobatkan sbg spesialisasi impor emoticon-Angkat Beer


bikin ngannggur dosen lokal aja
Diubah oleh edsixteen
Percuma pak,
Jangankan di tingkat mahasiswa
Dari SD aja sudah diajari anti ke bhinneka an, itupun yg ngajar hasil cetakan lokal
Silahkan dikaji.
makin gendeng nih pemerintahan wiwi...
Transfer ilmuuu

Lhaa ane dulu punya 3 dosen asing selama 6 semester.
lha kalo dosen asing bukannya ilmunya malah nambah..

Melihat banyak mahasiswa yg akhir2 ini goblok..kayak zadit ..ya wajar pemerintah nambah amunisi pengajar..
Kalo sy malah bagus lah
pengalaman kuliah di negeri, dosennya turun temurun dari kakek anak cucu
ya ilmunya ya gitu2 aja emoticon-Mad (S)
nanti dosen impor gajinya lebih gede, alasan dosen asing

sementara dosen lokal aja kuliah S2, gaji UMP

dikti ngasih tunjangan tunjangan dosen syaratnya berbelit

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

giliran rapat ropet, sama kegiatan internal ga guna, di dikti duitnya gampang bener cair.

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

bandingin sama negara sebelah sekolah sama kampus = 1 kementrian pendidikan, lah indonesia ada dikti sama diknas ngabisin anggaran negara aja.

dah gitu segala kampus swasta urus apa2 harus ke kopertis dl baru ke dikti sungguh ga efisien dan buang-buang anggaran negara

emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis emoticon-Najis

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

sejahterakan dosen lokal, jangan cuma nuntut dosen doank

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh tgl.12.12.12
Quote:


Ya elah, udah biasa kali, pengajar asing, gak usah sgitu nya lha.... Faktanya kita butuh, keilmuan mereka beberapa langkah di depan

Transfer ilmu sangat2 diperlukan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di