alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Agar Masa Tua Terjamin, Lakukan 6 Hal Ini dari Sekarang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad2ec52ded770580a8b4588/agar-masa-tua-terjamin-lakukan-6-hal-ini-dari-sekarang

Agar Masa Tua Terjamin, Lakukan 6 Hal Ini dari Sekarang

Agar Masa Tua Terjamin, Lakukan 6 Hal Ini dari Sekarang

Segalanya terjamin dan bahagia di masa tua memang menjadi harapan dari semua orang. Tapi, tidak semua orang paham bagaimana caranya. Semua tentu perlu rencana yang matang dan disiapkan jauh-jauh hari agar masa tua nanti sejahtera.

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya pengetahuan dan perencanaan finansial sejak dini, terutama milenial. Sebagian dari milenial mungkin lebih pilih ngopi atau nongkrong di kafe daripada menabung agar bisa beli rumah. Prinsip hidup you only live once tentu nggak lagi bisa diterapkan kalau kamu ingin bahagia di masa tua dan tidak bergantung pada orang lain.

Bersenang-senang boleh, namun jangan sampai kebablasan dan lupa masa depan. Akan lebih baik lagi, kalau bersenang-senang di masa muda dibarengi dengan melakukan 6 hal penting berikut ini.

1. Siapkan Tabungan dan Investasi

Kalau mau masa tua nanti terjamin, maka tabungan dan investasi nggak boleh luput untuk dimasukkan dalam anggaran keuanganmu tiap bulannya. Untuk tabungan, agar dapat bunga lebih, kamu bisa coba deposito. Sementara investasi, kamu bisa coba mulai dengan reksa dana yang minim risiko namun hasilnya lumayan. Hanya dengan uang beberapa ratus ribu, kamu sudah bisa mulai investasi reksa dana.

2. Teliti dan Cermat dalam Berutang

Sebelum berutang, pastikan kamu tahu jelas untuk apa kamu berutang. Misalnya, saat ini hp kamu rusak dan kerjaan jadi terhambat, lalu kamu memutuskan untuk kredit hp tanpa kartu kredit dengan www.kredivo.com, agar bisa beli hp baru dalam waktu cepat dan nggak pakai ribet. Pastikan kamu paham betul risiko dari kredit hp online tanpa kartu kredit, jumlah dan lama angsuran, suku bunga, hingga biaya-biaya tambahan lain yang membebani.

Kredivo menawarkan opsi kredit yang variatif, yaitu bayar tunai dalam 30 hari dan cicilan. Kamu tidak akan dikenakan bunga sama sekali jika memilih bayar tunai dalam 30 hari. Sedangkan untuk cicilan, bunga yang dikenakan hanya sebesar 2,95% per bulan. Pilihan tenor untuk cicilan pun beragam, mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan. Tidak ada dp, biaya tahunan, atau pun biaya admin yang dikenakan. Hanya ada biaya keterlambatan 3% bagi kamu yang telat bayar angsuran. Kredivo menampilkan skema cicilan di awal secara transparan. Jadi, nggak usah khawatir akan ada biaya tersembunyi di kemudian hari.

Dengan tahu jelas detail kredit atau utang yang kamu lakukan, kamu akan termotivasi untuk segera melunasi utang dan bisa menyisihkan penghasilan untuk bayar angsuran kredit hp tanpa kartu kredit tadi. Jangan pilih tenor utang yang terlalu panjang atau berlarut-larut. Lebih cepat dilunasi, tentu lebih baik sehingga di masa tua tidak lagi ada beban utang.

3. Siapkan Dana Pensiun

Selain saldo BPJS Ketenagakerjaan dan pesangon pensiun dari kantor, kamu disarankan untuk menyisihkan beberapa persen dari penghasilan per bulan untuk cari tabungan pensiun dengan keuntungan dan bunga yang lumayan tinggi. Ini bisa jadi alternatif nantinya jika saldo BPJS Ketenagakerjaan atau pesangon dari kantor tidak cukup untuk menjamin hidup di hari tua.

Mulailah menabung untuk dana pensiun dari sekarang. Semakin cepat kamu mulai, maka akan semakin besar keuntungan yang bisa kamu dapat saat nanti sudah tidak produktif bekerja lagi.

4. Siapkan Asuransi Kesehatan

Sebagian orang mungkin masih sering mengabaikan asuransi kesehatan. Apalagi kalau dalam kondisi sehat, bayar asuransi kesehatan terkesan buang-buang uang. Padahal, tidak demikian. Asuransi kesehatan juga termasuk salah satu jenis investasi masa depan.

Sebab, kamu nggak tahu kapan kamu akan jatuh sakit atau berada dalam kondisi darurat. Dengan menyisihkan uang untuk bayar asuransi kesehatan rutin, kamu jadi lebih tenang jika suatu saat sakit atau bahkan sampai perlu dirawat. Bayangkan jika tidak punya asuransi, pasti tabungan terkuras habis untuk biaya rumah sakit. Itu pun kalau ada tabungan, bagaimana kalau nggak punya? Pasti lebih repot lagi.

Selain BPJS Kesehatan, kamu juga harus memulai mendaftar asuransi kesehatan swasta yang bisa memberikan proteksi hingga hari tua nanti. Pilih tipe asuransi yang benefit dan proteksinya maksimal. Mungkin agak lebih mahal, namun demi kesehatan sendiri, tidak ada salahnya, kan?

5. Membuat Bisnis Sendiri

Bagi kamu yang saat ini berprofesi sebagai karyawan kantoran, nggak ada salahnya untuk menjalankan bisnis sampingan. Apalagi kalau kamu punya keahlian khusus untuk membuat sesuatu misalnya masak makanan, desain atau jahit pakaian, buat desain untuk aksesori, dan lain sebagainya. Siapa tahu hasilnya nanti justru lebih baik daripada gajimu di kantor.

Kalau dikelola dengan baik, bisnismu akan jadi sumber penghidupan yang potensial saat masa tua nanti. Kamu bisa menyisihkan sedikit demi sedikit dari penghasilan per bulan untuk modal utama bisnis. Kalau mau jalankan bisnis online dan butuh alat-alat operasional seperti laptop dan smartphone, nggak perlu gunakan modal utama. Kamu cukup andalkan kredit hp murah tanpa kartu kredit dengan Kredivo. Untuk daftar, kamu perlu download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store.

Syaratnya juga mudah. Bagi kamu WNI berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Denpasar, atau Medan, kamu sudah bisa daftar dan kredit hp tanpa kartu kredit dan tanpa dp dengan Kredivo. Kredivo juga telah bekerja sama dengan lebih dari 150 lebih merchant online kredibel di Indonesia seperti JD.id, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan Shopee.

6. Sisihkan Dana untuk Beli Rumah Sendiri

Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, rumah menjadi satu hal penting yang tak boleh ketinggalan dipersiapkan untuk masa tua nanti. Tentu jauh lebih baik tinggal di rumah sendiri daripada mengontrak atau bahkan numpang di rumah kerabat. Maka, kamu perlu sisihkan dana untuk beli rumah sendiri dari sekarang. Selain itu, harga jual tanah dan rumah juga termasuk yang pasti naik setiap tahunnya.

Nggak perlu tunai, kamu bisa andalkan kredit atau KPR dalam jangka waktu tertentu atau program rumah subsidi dari pemerintah. Nah, selain bisa kredit tanpa kartu kredit, Kredivo juga bisa membantumu membangun skor kredit. Skor kredit merupakan salah satu pertimbangan penting bagi kreditur jika kamu mengajukan pinjaman lain yang lebih besar nantinya, salah satunya KPR. Dengan mengambil kredit HP tanpa kartu kredit di Kredivo dan membayar tagihannya tepat waktu, riwayat kreditmu akan tercatat dan skor kredit pun akan meningkat. Dengan begitu, pengajuan KPR-mu memiliki peluang lebih besar untuk disetujui.

Apabila rencanamu untuk mengambil KPR sudah matang, pilihlah yang uang muka KPR-nya ringan agar tidak terlalu terbebani. Butuh waktu belasan atau bahkan puluhan tahun untuk melunasi KPR. Jadi, mulailah dari usia muda agar saat tua nanti, rumah sudah lunas dan kamu tinggal menikmati hasil. (*)


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...-dari-sekarang

---

Baca Juga :

- 5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Buat Anda Terjebak Utang

- Prospek Investasi Reksa Dana Dinilai Positif Sepanjang Bulan April Ini

- Peluang Investasi Zaman Now Kalangan Milenial

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di