alexa-tracking

Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad2e55cded770db3c8b456b/sama-sama-alkohol-ini-bedanya-etanol-dengan-metanol
Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol
Jakarta - Minuman keras (miras) sudah merajalela, bahkan sekarang marak miras yang dioplos dengan berbagai baham campuran, misal dengan minuman berenergi, cola, atau bahkan gingseng.

Ahli toksikologi, I Made Agus Gelgel Wirasuta, MSi. Apoteker menduga bahwa alkohol yang digunakan para pengoplos tersebut bukan alkohol berjenis etanol, melainkan metanol.

"Kemungkinan yang dijual itu labelnya alkohol, tapi isinya metanol," ujarnya kepada detikHealth melalui saluran telepon, Jumat (13/4/2018).

Sama-sama disebut alkohol, lantas apa perbedaan keduanya? Etanol atau disebut juga etil alkohol memiliki rumus kimia C2H5OH, sedangkan metanol atau metil alkohol memiliki rumus kimia CH3OH. Yang terakhir ini biasa dipakai sebagai pelarut industri, bukan untuk dikonsumsi.

"Metanol itu diproduksi dari sintesa gula dan bakteri. Umumnya metanol itu yang kita sebut spiritus," jelas Dosen Farmasi di Universitas Udayana itu.

Seperti yang kita tahu bahwa spiritus atau metanol itu berbahaya, bersifat mudah menguap, mudah terbakar, dan beracun. Maka, untuk alkohol yang bisa dikonsumsi tidak menggunakan metanol di dalamnya.

Sedangkan yang bisa dikonsumsi dalam minuman beralkohol ialah etanol. Bukan hanya itu, etanol juga digunakan sebagai disinfektan, seperti untuk pembersih luka mencegah terjadinya infeksi.

"Yang mengedarkan (alkohol) harus dikontrol dengan ketat bahwa yang dijual benar-benar alkohol (etanol). Jangan salah pelabelan, alkohol tapi dalamnya metanol. Kalau diminum jadi bunuh diri masal deh," tandasnya.

https://m.detik.com/health/berita-de...dengan-metanol

Menurut beberapa sumber, kopi sianida jauh lebih berbahaya daripada miras oplosan yang kemarin heboh dibuat. Apakah benar demikian?
jadi gini... serah aja dah
yg penting ga fiksi


ntap
Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol
Heran gue ama yg ngoplos
Saking gak ada otaknya
mengerikan... emoticon-Takut
utk ane nggak prnah minum bgtuan...emoticon-Nohope
Kalo Bahenol rumus kimiannya apa bre... ???... Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan MetanolSama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol
Nanti sungai di surga pakai yg mana? emoticon-Leh Uga
Coba tanya Gerunger dulu, mana tau maknanya beda.
paĸeт нeмaт dι parĸιт мaѕιн ada ĸaga emoticon-Big Grin

тeqυιla ѕнoтemoticon-Angkat Beer
Spoiler for :
Alkohol haram....pasti yg minum agama fiksi
Masih lebih bahaya putingol gan (puting nongol)
Ethyl Propyl Alcohol lebih greget gan. emoticon-Jempol
udah...biarin ajaa..
gak usah dikasih tau...

biar pada mampus deh itu sampah2


emoticon-Ngakak
Jadi menurut kitab fiksi yg haram metanol atau etanol gan ??
emoticon-Leh Uga
jadi gini... penting ngombe



leh uga
Sama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan MetanolSama-sama Alkohol, Ini Bedanya Etanol dengan Metanol
kalau orang yg ngerti kimia mah pasti kaget bgtu mendengar metanol di campurin ke minuman...

alkohol itu banyak jenisnya...
trgantung jumlah C nya..

dan yg pasti sifatnya jauh berbeda
Quote:


wkwkwkkw bisa aje
Quote:


Coba tanya kabib rijik emoticon-Leh Uga
bahenol
Quote:


BH36B
emang lebih baaya kopi sianida.
sekali tenggak tewas seketika