alexa-tracking

Perlu Komitmen Parpol Antisipasi Kampanye Hitam Saat Pemilu 2019

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad2c64d1ee5df932e8b4568/perlu-komitmen-parpol-antisipasi-kampanye-hitam-saat-pemilu-2019
Perlu Komitmen Parpol Antisipasi Kampanye Hitam Saat Pemilu 2019
Perlu Komitmen Parpol Antisipasi Kampanye Hitam Saat Pemilu 2019

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jelang tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2019, pengurus partai politik peserta pemilu diminta berkomitmen tidak melakukan kampanye hitam atau black campaign di media sosial.

Pernyataan itu disampaikan anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Mochammad Afifudin.

"Ini yang saya rasa butuh komitmen berbagai pihak, tak hanya penyelenggara saja, kita butuh komitmen partai," tutur Afifudin dalam diskusi bertema "Peran Media Dalam Melawan Hoaks, Ujaran Kebencian dan SARA" di Sentul Bogor, Jawa Barat, Sabtu (14/4/2018).

Menurut dia, apabila partai politik tidak berkomitmen maka akan menyulitkan penyelenggara pemilu. Upaya mengatasi adanya kampanye hitam sudah dimulai sejak pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018.

Baca: Dewan Pers: Materi Khutbah Bukan Bahan Penulisan Berita

Dia menjelaskan, masing-masing pasangan calon yang maju di pesta demokrasi rakyat itu sudah diminta melakukan deklarasi menolak politisasi SARA dan politik uang.

Melalui cara itu, kata dia, diharapkan dapat menghindari ujaran kebencian dan mengupayakan terselenggaranya kampanye bersih.

"Kami juga telah melakukan imbauan dan surat-surat pencegahan ke partai atas apa yang boleh dan tidak boleh, misalnya untuk mengurangi potensi ujaran kebencian jangan sampai ada orang partai, politisi yang juga melakukan hal ini," tegasnya.

Selain memberikan imbauan kepada peserta pemilu, kata dia, penyelenggara pemilu juga sudah menggodok aturan untuk menanggulangi kampanye hitam.

Di dalam aturan itu dijelaskan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.
Saat ini, dia melanjutkan, hanya tinggal menetukan fase-fase turunan dari undang-undang.

Baca: Air Mata Raffi Ahmad Tumpah Gara-gara Syahnaz Sadiqah, yang Terjadi Bikin Haru

"Ini kami antisipasi agar tidak melakukan SARA, tidak mengkapitalisasi ujaran kebencian ini yang paling penting. Tentu jika harus diantisipasi dari sisi penindakannya saja ini akan berat. Makanya kami menggaungkan semangat pencegahan sebelum nanti menindak," tambahnya.

Dia menambahkan, penyelenggara pemilu juga akan melakukan sosialisasi kepada organisasi masyarakat sipil dan organisasi keagamaan pada pekan depan. Ini termasuk bagian dari upaya pencegahan.

Hadir juga dalam diskusi tersebut, Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi, Kabag Publikasi Sosialisasi Informasi KPU, Robby Leo, Komisioner Korbid Pengawasan Isi Siaran KPI, Hardly Stefano, Sekretaris Ditjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, Maria F Barata dan Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Usep Hasan Sadikin.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...at-pemilu-2019

---

Baca Juga :

- Bawaslu: Menteri Berlatar Belakang Parpol Jangan Curi Start Kampanye

- KPU Tetapkan PKPI Sebagi Partai Peserta Pemilu 2019

- Ketua Umum PPP Minta Amien Rais Tak Pakai Sentimen Agama untuk Menang di Pemilu, Nanti Malu Sendiri

×