alexa-tracking

Sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana: Siap Untuk Selamat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad2bb205c7798034f8b456c/sosialisasi-hari-kesiapsiagaan-bencana-siap-untuk-selamat
Sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana: Siap Untuk Selamat
Sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana: Siap Untuk Selamat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedeputian Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyelenggarakan Car Free Day (CFD) di Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/4/2018).

Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), bekerjasama dengan Kementerian, Lembaga, dan para penggiat kemanusiaan baik secara organisasi maupun individu.

Diharapkan sosialisasi ini mampu menjaring partisipan HKB menjadi 25 juta jiwa di tahun 2018.

Acara ini secara resmi akan dibuka oleh Kepala BNPB, Williem Rampangilei.

Selain itu dilakukan pemberian piagam penghargaan oleh Kepala BNPB kepada 3 organisasi pada tahun 2017 mendukung partisipan terbesar dalam HKB.

Mereka adalah Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPBI NU), dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Baca: Mengintip Kehidupan Perkimpoian Campuran WNA-WNI, Suami Bule Terkendala Izin Tinggal

Wakil Gubernur Provinsi DKI, Sandiaga Uno dijadwalkan akan ikut dalam kegiatan Sosialisasi HKB di area CFD tersebut.

Komitmen Pemprov DKI Jakarta sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan HKB, pihaknya telah menekankan kepada jajarannya untuk membuat suatu kegiatan terkait HKB.

Sebagaimana disampaikan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta saat menerima audiensi tim panitia HKB beberapa waktu lalu di Balaikota.

Kegiatan HKB diawali senam bersama mulai pukul 06.30 WIB, di area CFD, diikuti defile drumb band, pawai untuk menjaring komitmen HKB, sosialisasi dan penjelasan tentang HKB, stand up comedy, pemberian apresiasi dan penghargaan bagi partisipan dengan jumlah peserta terbanyak pada HKB 2017 dan penandatanganan komitmen bersama #Siap Untuk Selamat.

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan booth medis, family preparedness games, serta safety and security.

Baca: Bonek yang Tewas Itu Dikenal Pendiam dan Patuh pada Orang Tua

Para pengunjung bisa ke booth tersebut untuk mendapatkan penjelasan tentang kesiapsiagaan, serta bisa mendapatkan souvenir cantik lainnya.

Sebanyak kurang lebih 1000 orang akan hadir dan ikut dalam kegiatan sosialisasi HKB di CFD ini.

Sebelumnya BNPB telah menginisiasi dan akan mencanangkan HKB melalui aksi kesiapsiagaan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada setiap tanggal 26 April.

Pemilihan tanggal 26 April tersebut merupakan tanggal disahkannya Undang-Undang No.24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Sejak saat itulah terjadi perubahan besar paradigma dalam Penanggulangan Bencana dari semula yang responsif ke preventif.

Baca: Cuaca Panas dan Terik di Bali Terjadi Akibat Gerak Semu Matahari

Melalui HKB ini selain meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan individu, keluarga dan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana, juga untuk meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawanan para pemangku kepentingan baik di tingkat pusat maupun daerah, menuju Indonesia Tangguh Bencana.

Hastag/Tagar Untuk Kampanye di media Sosial:

#SiapUntukSelamat

#BudayaSadarBencana

#GiatHKB2018


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...-untuk-selamat

---

Baca Juga :

- Sandi Cerita Tukang Bakso Langganannya Waktu SMA di Pangudi Luhur

- Fotonya Terpampang Besar di Spanduk, Sandi: Kalau Pak Anies Tahu Bisa Marah

- Pemprov DKI Kerja Sama OK OCE dengan Zahir Simply