alexa-tracking

Amerika Akan Bantu Taiwan Dengan Kapal Selam dan Jet F-35 Untuk Hadapi Cina

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad2ae08dc06bdf93f8b4578/amerika-akan-bantu-taiwan-dengan-kapal-selam-dan-jet-f-35-untuk-hadapi-cina
Amerika Akan Bantu Taiwan Dengan Kapal Selam dan Jet F-35 Untuk Hadapi Cina
Washington telah memberikan persetujuan kepada kontraktor pertahanan AS untuk membantu proyek pembuatan kapal selam di Taiwan.

Hal tersebut secara tak langsung menunjukkan dukungan AS terhadap Taiwan. Taipei menyambut baik hal tersebut sebagai terobosan dalam ambisi jangka panjang negara itu dalam menghadapi ancaman dari China.

Rencana membangun sendiri armada kapal selam oleh pemerintah Taiwan telah mulai diluncurkan pada tahun lalu, menyusul rencana pembelian langsung dari AS tidak tercapai dan hubungan yang memburuk dengan China.

Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui pemberian lisensi teknologi pembuatan kapal selam mereka kepada Taiwan dan mengizinkan perusahaan pertahanan mereka untuk memberikan pendampingan.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Chiang Kai Shek, Presiden Pertama Taiwan

"Persetujuan itu merupakan sebuah terobosan dan ini merupakan bagian proses yang harus dilalui. Kami akan menempuhnya selangkah demi selangkah," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan Chen Chung-chi, Minggu (8/4/2018) kepada AFP.

Persetujuan dari Washington menyusul Presiden Donald Trump pada bulan lalu yang menandatangani peraturan yang mengizinkan pejabat tinggi AS untuk melakukan perjalanan ke Taiwan.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen turut menyambut baik persetujuan Washington dan mengatakan hal itu akan membantu negaranya mengembangkan dan membangun lebih banyak persenjataan di dalam negeri.

"Keputusan pemerintah AS tidak hanya akan membantu Taiwan dalam meningkatkan kemampuan pertahanannya namun juga akan menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan ini," kata Presiden Tsai dalam pernyataannya pada Sabtu (7/4/2018).

Namun perjanjian AS dengan Taiwan itu mendapat tentangan keras dari China, yang mengangkap pulau Formosa tempat negara Taiwan masih sebagai wilayahnya meski kedua pihak telah diperintah secara terpisah sejak berakhirnya perang saudara pada 1949.

Beijing telah meminta Washington untuk menghentikan pertukaran resmi dengan Taiwan demi menghindari rusaknya hubungan kedua pemerintahan.

https://internasional.kompas.com/rea...da-kapal-selam

Dua senator senior Partai Republik AS meminta pemerintahan Trump, hari Senin (26/3) untuk mengizinkan penjualan jet tempur F-35 produksi Lockheed Martin Corp ke Taiwan, dan mengatakan hal itu akan membantu Taiwan "bertahan sebagai demokrasi" dalam menghadapi ancaman dari China.

"Pesawat tempur itu akan berdampak positif bagi Taiwan untuk mempertahanan negara dan akan berperan sebagai penggetar terhadap postur militer China yang agresif di seluruh wilayah Asia-Pasifik," kata Senator John Cornyn, asisten pemimpin mayoritas, dan James Inhofe, anggota senior Komite Angkatan Bersenjata, dalam sebuah surat kepada Presiden Donald Trump.

"Setelah bertahun-tahun melakukan modernisasi militer, China menunjukkan kemampuan berperang melawan Taiwan untuk pertama kalinya sejak tahun 1950-an," tulis mereka.

"Namun, dengan kepemimpinan Anda, ada kemungkinan untuk membantu Taiwan tetap menjadi negara demokrasi, bebas menjalin hubungan dengan China yang tidak didorong oleh paksaan militer."

Gedung Putih tidak langsung berkomentar. Penjualan jet tempur itu dapat meningkatkan ketegangan dengan Beijing, di mana para pejabat marah ketika Trump menandatangani undang-undang bulan ini yang menggiatkan pengiriman pejabat senior Amerika ke Taiwan untuk bertemu dengan rekan setara mereka di Taiwan dan sebaliknya.

Militer AS telah menempatkan isu perlawanan terhadap China dan Rusia sebagai inti dari strategi pertahanan nasional baru yang diperkenalkan oleh Menteri Pertahanan, Jim Mattis pada Januari. Sekutu AS lainnya di kawasan Asia Pasifik, seperti Singapura, juga sedang menjajaki pembelian F-35. Lockheed mencapai target 2017 dan menyerahkan 66 jet tempur F-35 kepada AU Amerika dan sekutunya tahun lalu. [ps/jm]

http://www.tribunnews.com/internasio...kematian-palsu
gpp tak bisa bersatu lagi ...yg penting tetap damai2 aja
jgn terprovakasi amerika ( barat )
amerika ( barat ) itu sejak thn 1949 sampai sekarang terus berusaha adu domba supaya china & taiwan perang
karena Perang China vs Taiwan, Paling Menguntungkan Amerika

tapi amerika ( barat ) tetap gak berhasil
karena baik china maupun taiwan ,sama2 tahu ..
kalo umpamanya mrk perang ..maka sesama ras akan saling perang/bunuh2

sampai kiamat akhir zaman kepercayaan kalian itu
China & Taiwan tidak akan pernah berperang

sinophobia terus bermimpi aja ingin lihat china -taiwan berperang
mimpi kalian tak mungkin akan tercapai
Gue mah skeptis soal Taiwan kalo dilihat dari kondisi geopolitik..emoticon-Big Grin
Mereka malah bakal reunifikasi...emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


terus lo kelojotan.. goblog
image-url-apps


Justru sebaliknya

Kalo Taiwan ga dipersenjatai, udah dari dulu itu diserbu n dicaplok China daratan.

1 ras apaan. Taiwan sama Hongkong itu China yg ga China. Mereka western minded. Ga mau disebut People Republic of China. Maunya kalo Hongkong ya Hongkong, Taiwan ya Taiwan atau Taiphei.

Quote:


Quote:


mereka semua orang cina. cina hongkong, cina taiwan, cina singapura, bahkan cina perantauan juga cina. bukan nya nazbung sendiri yang doyan panggil penduduk singapura sebagai cina? bahkan cokin indo sendiri di panggil cina emoticon-DP
Quote:

Gue mah ketawa aja lihatkomen model begini..emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
diam2 china senyum2 di pojokan, kalo berani jual F35 ke taiwan, setelah beberapa tahun kemudian, langsung muncul "F35 china", dgn teknologi yg mirip emoticon-Big Grin
Quote:


tetap aja mereka itu semua adalah Han Chinese
image-url-apps
Quote:


Reunifikasi ?LOL emoticon-Leh Uga gk usah taiwan deh
Orang hongkong aja menolak disebut orang cina mainland
Malah pada sentimen ama orang china mainland
Quote:


yang doyan menyamakan semua orang cina itu siapa? ya nazbung2 jugak. lihat aja di kaskus, banyak troller nazbung radikal yg benci singapura dan memanggil mereka cinak, banyak yg minta tuh org cina singapura balik ke menlen, termasuk cina indo macem kami, di panggil cinak sama nazbung radikal dan pengen mengusir balik kami semua ke menlen (bukan ke taiwan hongkong ato singapura) emoticon-Ngakak emoticon-DP

Quote:


mereka semua cina, coba orang taiwan ato hongkong menyiksa babu TKW indon, pasti pelaku nya di maki2 "cinak" oleh nazbung idiot emoticon-DP
giliran soal separatisme tibet, xinjiang, inner mongolia, manchuria, hong kong, taiwan aje mereka langsung teriak2 "mereka bukan cina, mereka fantas merdeka dari komunis cinak" emoticon-DP
Quote:


Secara administratif Makau dan Hongkong dah jadi wilayah RRC..emoticon-Big Grin
Mo bikin referendum ya mustahal dukungan politik barat mungkin lha militer mustahal itu..emoticon-Ngakak (S)
Taiwan mah nyusul palingan reunifikasi masalah waktu entah pake taktik kotor model apaan..emoticon-Stick Out Tongue
HHm bisa saja kejadian golongan pro keemrdekaan dibunuhi..emoticon-Stick Out Tongue
image-url-apps
amerika mengadu domba
image-url-apps
Quote:


Memang hongkong udh masuk admin cina

Tetapi....

emoticon-Leh Uga
Udh pernah ke hongkong dan taiwan gan ? Ksana sesekali.. Pasti agan ngerti deh
emoticon-Malu emoticon-Shakehand2
image-url-apps
Quote:


ini yg disebut standar janda nasbung kesurupan togel emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


nah ini
Quote:

Iya gue paham kalo warga Hongkong dan Taiwan nggak suka menlen nype nyebut orang menlen locust..emoticon-Stick Out Tongue
Cuma gue lihat dari kacamata proyeksi kondisi geopolitik 2020 ke atas..emoticon-Big Grin
SElama nggak ada dukungan militer nyata mustahil menghentikan reunifikasi..emoticon-Big Grin

Quote:


Tapi ga mau disebut orang "China" (yang meuju ke China daratan)

Even orang2 Singapore skalipun. Saya ada kenalan beberapa mahasiswa asal Singapore yg kuliah di UGM, meski mereka etnis Chinese tapi ga mau kalau disangkut-pautkan dengan China RRC. Kalo ngobrol sama touris Hongkong di Bali juga sama. Bagi mereka masyarakat Hongkong ya Hongkong, rakyat Taiwan ya Taiwan. Bukan PRC/RRC.

Pengecualian ada anomali untuk etnis Chinese di Indo. Mereka begitu bangga pada China RRC emoticon-Big Grin





Quote:


Yang pro reunifikasi itu golongan tua Gan, yg masih merasa punya 1 marga n masih paham silsilah keturunan dari Bapak-Kakek nya.
Kalo golongan muda (under 50) jangan tanya. Mereka yg dah ngarasain kebebasan ala demokrasi ga bakalan mau terkungkung dalam sistem semi-komunis. Orang-orang usia muda Taiwan malah merasa lebih "cool" sbagai western minded

Ini sama kayak rakyat Korea. Yang mau reunifikasi cuma orang Korut (tp reunifikasi dibawah kekuasaan Utara). Yang selatan, yg mau reunifikasi tinggal golongan tua. Yang under 50 sih jelas ogah.


Menurut saya (berdasar persepsi n pngetahuan saya lho ya). Selama US masih pakai standar ganda di Taiwan slama itu susah untuk reunifikasi. Scara de jure mengakui 1 China, tapi scara de facto mempersenjatai Taiwan.

Kecuali suatu saat ekonomi US kolaps, terus ga punya pengaruh di Pasific, n dapat presiden lemah yg kemudian merubah kebijakan Taiwan. Mungkin bisa jadi itu Taiwan bener2 reunifikasi (atau mungkin di aneksasi) oleh mainland



image-url-apps
sayang kagak gratisan dapetnya emoticon-Om Telolet Om!
×