alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad29e0398e31b5a768b4573/pemerintah-meningkatkan-kompetensi-perawat-indonesia-di-jepang

Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang

Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang

JPP TOKYO - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi Panti Lansia Minato-ward Special Nursing Home for the Elderly Shirokanenomori, di Tokyo Jepang, Jumat (13/04/2018).

Fasilitas pelayanan panti lansia di Jepang ini banyak mempekerjakan pengasuh lansia (careworker) dari Indonesia.

"Pesan saya pada careworker Indonesia, tetap jaga kebersamaan dan nama baik Indonesia. Tunjukkan bahwa careworker Indonesia mampu bekerja profesional," pesan Menko PMK.

Sejak tahun 2008 hingga 2017, Indonesia telah mengirimkan tenaga kesehatan ke Jepang sebanyak 2.115 orang, yang terdiri dari 622 orang nurse dan 1.493 orang careworker. Pada tahun 2018 ini, sedang diproses penempatan sebanyak 328 orang.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Menko PMK menemui dan berdialog dengan 28 calon careworker asal Indonesia. Melalui dialog ditemukan beberapa isu yang menjadi kendala calon carewoker Indonesia untuk bekerja di Jepang, khususnya masalah bahasa.

"Pemerintah akan memperkuat program pelatihan di dalam negeri sebelum careworker dikirim mengikuti test di Jepang agar kelulusan calon careworker Indonesia tinggi," ujar Menko PMK.

Ditambahkan Menko PMK, dalam berbagai kesempatan, pemerintah Indonesia selalu menyampaikan kepada Pemerintah Jepang agar dapat menambah kuota tenaga careworker asal Indonesia.

"Pemerintah Jepang telah merespons positif hal tersebut," tambah Menko PMK.

Careworker yang bekerja di Jepang mendapatkan fasilitas yang baik, antara lain gaji sesuai upah minimum regional (UMR) di Jepang (mulai dari 100.000 Yen setara Rp12.800.000 per bulan), hak cuti, penginapan, pelatihan, dan uang saku selama pelatihan.

Dalam kunjungan kerja ke Jepang, Menko PMK didampingi oleh Duta Besar RI untuk Jepang dan perwakilan dari Kemententerian Kesehatan (pmk)

 


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...esia-di-jepang

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang Begini Peluang Indonesia Dalam Industri 4.0 di Asia

- Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang Inggris Ingin Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan dengan Indonesia

- Pemerintah Meningkatkan Kompetensi Perawat Indonesia di Jepang Seperti Ini Jenis Huruf Baru dalam Alquran Standar Indonesia

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di