alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banyak Mahasiswa Indonesia di Cina Ditipu Agen, Menteri Nasir Kaget
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad288481a9975f21e8b456e/banyak-mahasiswa-indonesia-di-cina-ditipu-agen-menteri-nasir-kaget

Banyak Mahasiswa Indonesia di Cina Ditipu Agen, Menteri Nasir Kaget

Banyak Mahasiswa Indonesia di Cina Ditipu Agen, Menteri Nasir Kaget


Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir terkejut usai menerima laporan banyak mahasiswa Indonesia di Cina menjadi korban penipuan agen penyalur.

Para mahasiswa tersebut tertarik belajar di Cina usai menerima iming-iming beasiswa dari sejumlah agen penyalur pelajar ke negara tersebut. Tapi, mereka ternyata harus membayar uang kuliah dengan duit pribadi.

"Saya belum pernah mendengarkan (laporan) ini, sebelumnya," kata Nasir saat bertemu sejumlah mahasiswa Indonesia di Kedutaan Besar RI di Beijing, pada Jumat malam (13/4/2018) waktu setempat, seperti dikutip Antara.


Setelah menerima laporan itu, Nasir meminta para mahasiswa yang menjadi korban penipuan untuk melaporkan nama-nama agen penyalur tersebut ke Kemenristekdikti.

"Agen ilegal harus dibersihkan karena merugikan orang lain. Maka, saya ingin dapat informasi mengenai hal itu," ujar Nasir.

Nasir juga meminta para mahasiswa asal Indonesia, yang menjadi korban penipuan, segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

"Biar polisi nanti yang tangkap. Karena di tempat saya [Kemenristekdikti] tidak ada izin ke luar negeri melalui agen. Semua melalui lembaga yang disahkan oleh kementerian," kata Nasir.

Nasir menerima laporan tersebut dari Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) periode 2016-2017 Bagus Ari Haryo Anugrah.

"Dari 14.000 pelajar Indonesia di Tiongkok, sebagian besar merupakan korban penipuan agen," kata Bagus di pertemuan antara Menteri Nasir bersama sejumlah mahasiswa Indonesia di KBRI Beijing.

Menurut Bagus, agen-agen tersebut mendatangi calon korban ke daerah-daerah di Indonesia untuk menawari beasiswa di sejumlah perguruan tinggi di Cina.

"Setelah sampai di sini, ternyata kami-kami ini tidak mendapatkan beasiswa, padahal sudah telanjur sekolah,” kata Bagus.

“Bahkan, ada di antara kami yang harus menjual tanah dan sawah orang tuanya di kampung agar bisa membayar utang ke kampus," dia menambahkan.

Bagus merupakan mahasiswa kedokteran di Capital Medical University, Beijing. Dia berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Bagus mengaku juga menjadi korban agen penyalur mahasiswa dari Cina. Dia menduga agen-agen itu bekerja sama dengan sejumlah pihak di instansi pemerintahan Indonesia.

Menurut dia, banyak korban penipuan tidak berdaya dan terpaksa melanjutkan pendidikannya di sejumlah perguruan tinggi di Cina dengan menggunakan biaya pribadi.

sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
cina balik ke cina ditipu cina joss, jagonya emang tipu2 nih golongan mini emoticon-Imlek
kasihan juga
kagetan kayak junjunganya
Quote:


Banyak Mahasiswa Indonesia di Cina Ditipu Agen, Menteri Nasir Kaget
Udah ganti sempak seminggu sekali,,Kang tepu pulakemoticon-Traveller
waduh, mending ke eropa atau australia saja ya
Ndak usah niru niru mukidi suka kaget pak menteri.
namanya jg.. plastic

harusnya pak mentri prihatin
dan kaget emoticon-Leh Uga
Josss emang ngk heran dengan ras penipu macem mereka
Quote:


Plastik ??
emoticon-Bingung
Yaa begitulah yg katenye ras unggulan asia...
Kenyataanye tukang tipu2. emoticon-Malu (S)
Kalo ini mah kagak heran ane
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Quote:


harus di periksa baik2 siapa oknum di pemerintahan indonesia yg terkait dgn agen penyalur mahasiswa itu
Buangcaaaaad
emoticon-DP

Anak sekolah pun ditipu.....
emoticon-Cape d...
Belum bawa onta bre? Busyet nyinyir gak pake libur
Quote:
... ada dendam ya .. tong, gk bisa 'move on' dong... kecian.

realitanya orang china itu banyak yg licik dan culas.

Ane jg heran mengapa mereka tidak takut karma
Padahal kepercayaanya banyak menganut konghuchu dan budha
Diubah oleh ontapesek
Quote:


penipu = plastik.. cuman sampah kagak bs didaur ulang..
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di