alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad1f3a7d89b0926358b4568/alasan-investasi-hukuman-cambuk-di-aceh-dipindah-ke-dalam-lp

Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP

Pemerintah Provinsi Aceh bersama dengan Kementerian Hukum dan HAM sepakat untuk memindahkan lokasi hukuman cambuk dari tempat umum ke dalam Lembaga Permasyarakatan—tertutup dari pandangan publik.
Penandatanganan peraturan gubernur Aceh itu disaksikan Menkumham Yasonna Laoly di gedung serba guna wilayah Kota Banda Aceh, pada Kamis (12/4).
Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, mengatakan alasan pemindahan lokasi pelaksanaan hukuman cambuk ke dalam lembaga pemasyarakatan ditempuh agar investasi di Provinsi Aceh tidak terganggu.
"Agar investor tidak fobia untuk menanam saham di Aceh. Ini juga dapat membantu peningkatan dan lajur ekonomi di sini," kata Irwandi Yusuf, sebagaimana dilaporkan wartawan di Aceh, Hidayatullah, kepada BBC Indonesia.
Rencana sanksi hukuman cambuk atas PSK di Aceh ditentang pegiat
Wacana hukuman pancung di Aceh, warganet: 'Tidak usah tiru Arab Saudi'
Aceh kembali eksekusi hukum cambuk, termasuk terpidana bukan Muslim
Hak atas fotoHIDAYATULLAH
Image caption
Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly (kiri) menyaksikan penandatanganan aturan pemindahan hukuman cambuk ke dalam lapas.
Selain itu, Irwandi menambahkan, pelaksanaan cambuk yang dilakukan di dalam lapas dilakukan untuk menghindari beredarnya video wajah terpidana di media sosial seperti Youtube.
"Dengan beredarnya video, seumur hidup dia akan menjadi terpidana," jelas Irwandi.
Sementara itu, Menkumham Yasonna Laoly, enggan berkomentar dan menagtakan kesepakatan tersebut sudah menjadi peraturan gubernur.
"Itu kan sudah Pergub. Kita mendukung pemerintah provinsi Aceh. Kalau masalah eksekusi itu biar gubernur yang menjawab," jelas Yasonna.


Pasangan Gay di Aceh dicambuk 83 kali
Pemindahan hukuman cambuk ke tempat tertutup dengan alasan investasi sejatinya sudah diwacanakan sejak pertengahan 2017 lalu.
Pada Juli 2017, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menghadap Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait proyek strategis di komplek Istana Kepresidenan.
Saat itu, Nova mengaku mendapat arahan langsung dari Presiden Jokowi yang meminta agar Pemprov Aceh menjelaskan kepada dunia luar sehingga Qanun yang diterapkan Aceh tidak dipersepsikan terlalu negatif.
"Jadi teknis pelaksanaannya kami modifikasi. Nanti (hukuman cambuk dilakukan) di dalam penjara agar tidak direkam dan didramatisasi," kata Nova, 11 Juli 2017 lalu.
Hak atas fotoJUNAIDI
Image caption
Pencambukan di Aceh ditonton publik setempat.
'Ada kesalahan dalam penerapan hukum syariat'
Menurut pengamat hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Fuad Mardhatillah, ada kesalahan dalam penerapan syariat Islam yang selama ini dilaksanakan di Provinsi Aceh.
Dia menilai seharusnya cambuk itu menjadi introspeksi diri bukan untuk mempermalukan.
"Cambuk yang dilakukan hari ini semacam euforia. Jadi ketika ada orang yang dicambuk para penonton bersorak ria, bertepuk tangan dan mengabadikan dengan telepon seluler," kata Fuad.
Akan tetapi, dia berpandangan pemindahahan lokasi cambuk ke dalam lapas tidak ada sangkut paut dengan investasi di Aceh selama ini.
"Masalah investasi tidak ada hubungannya, saya rasa cambuk ini hanya masalah politik partai tertentu saja," kata Fuad Mardhatillah.
Hak atas fotoHIDAYATULLAH
Image caption
Front Pembela Islam Aceh memprotes pemindahan hukuman cambuk ke dalam lapas.
'Plus-Minus Hukum Cambuk'
Penerapan hukuman cambuk di dalam lembaga pemasyarakatan yang didasari Peraturan Gubernur Aceh tahun 2018, menuai kritik dari kalangan Front Pembela Islam Aceh.
Koordinator aksi, Tuanku Muhammad, memperkirakan pelaksanaan hukuman cambuk di dalam lapas dianggap tidak akan berlangsung adil karena tidak mendapat pengawasan publik.
"Kita tidak tahu prosesnya bagaimana, tidak menutup kemungkinan kalau cambuk untuk yang kaya tidak dilakukan kalau di dalam lapas. Jadi tetap harus di ruang terbuka," kata Tuanku Muhammad.
Namun, warga Banda Aceh, Zamzami, mengatakan pelaksanaan cambuk yang akan dilaksanakan di dalam lapas justru berdampak positif sebab tidak lagi dipertontonkan untuk anak-anak di bawah umur.

http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-43739493

hubungan investasi ama hukuman cambuk apa coba?
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
direvisi emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
harus mengikuti jaman donk buruan direvisi, live kan di ig stories emoticon-Angel
pecut cengel e
Biar keliatan beradab dikitlah
Quote:


Menurut pengamat hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Fuad Mardhatillah, ada kesalahan dalam penerapan syariat Islam yang selama ini dilaksanakan di Provinsi Aceh.
Dia menilai seharusnya cambuk itu menjadi introspeksi diri bukan untuk mempermalukan.
"Cambuk yang dilakukan hari ini semacam euforia. Jadi ketika ada orang yang dicambuk para penonton bersorak ria, bertepuk tangan dan mengabadikan dengan telepon seluler," kata Fuad.

...

kayaknya sudah deh...
berkat pemprov yg berafiliasi dgn ham ajaran islam jadi bisa dipermak layaknya levis denim emoticon-Smilie
Diubah oleh vulome
katanya kalau menerapkan hukum islam, wilayahnya akan berkah ?

tapi faktanya justru karena hukum islam, sekarang krisis investasinya emoticon-Ngakak

mana berkah allah ? emoticon-Najis


malahan sekarang justru ngemis investasi dari orang kafir emoticon-Najis


insya allah, orang2 kafir tidak akan termakan taqiyah seperti ini,
hingga aceh membuang islam jauh2 dari wilayah mereka
Diubah oleh banci.bersorban
Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP



Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LPAlasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP

Quote:



pengamat tolol, sudah jelas penerapan hukuman islam harus di depan publik.
sekarang sok di revisi, demi mewekan investasi

apalagi warga aceh menikmati pertujukan hukaman syariat islam
warga menikmati rasa sakit dan penderitaan orang lain
sudah di angap hiburan, karena di sana tidak ada bioskop
Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP
Pasca Tsunami Aceh Dijauhi Investor karena Syariat Islam

BANDA ACEH, SATUHARAPAN.COM – Banyak orang Aceh mengatakan tsunami merupakan cobaan Allah yang akan membawa berkah kepada umat yang menderita. Bencana dahsyat itu memang kemudian mengakhiri tiga dekade perang terhadap Gerakan Aceh Merdeka (GAM), membuka Aceh ke dunia luar dan hampir US$ 5 miliar bantuan internasional mengalir ke wilayah ini.

Namun, setelah 10 tahun bencana yang membuat 167.540 manusia meninggal dunia, tidak juga tampak tanda-tanda masuknya investasi berskala besar ke daerah ini. Penerapan hukum Syariat Islam yang semakin ketat dan kaku membuat para investor seperti khawatir bahkan alergi menyentuh wilayah yang kerap dijuluki Beranda Mekkah ini.

The Wall Street Journal, dalam sebuah laporan yang panjang mengenai keadaan Aceh pasca tsunami, menulis bahwa Aceh telah membayar harga untuk penerapan Syariat yang semakin ketat. Selain menuai kritik dari kelompok pembela Hak Asasi Manusia (HAM), Aceh merupakan wilayah yang lambat dalam menarik investasi asing dalam jumlah besar maupun dalam memikat wisatawan ke pantai-pantainya. Banyak orang luar yang khawatir beroperasi di suatu tempat yang dijalankan berdasarkan hukum agama.

Hukum Syariat itu adalah "pembunuh investasi," kata Paul Rowland seorang konsultan politik berkantor di Jakarta, seperti dikutip oleh The Wall Street Journal.

Data Bank Indonesia menunjukkan perlambatan investasi di Aceh pada triwulan III 2014. Realisasi investasi Penanaman Modal Asing pada triwulan III tahun ini hanya US$ 3,1 juta turun atau pertumbuhan minus 23% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Demikian juga dengan Penanaman Modal Dalam Negeri tumbuh minus sebesar 21 persen dibandingkan tahun 2013 periode yang sama.

Indikator penurunan investasi itu, menurut BI, juga dapat dilihat dari penurunan penjualan unit kendaran bermotor untuk kepentingan investasi. Kendaraan bemotor untuk investasi terdiri dari bus, truck, dan becak motor. Pada triwulan III 2014 turun menjadi 228 unit dari 289 unit triwulan III tahun sebelumnya.

Kehidupan Baru?

Kendati bantuan asing ke Aceh demikian masif pasca tsunami, tidak membuat Aceh semakin ramah terhadap orang asing. The Wall Street Journal mengatakan, perubahan yang terjadi pasca tsunami justru membuat para pemimpin lokal semakin mudah memperluas kekuatan hukum agama, termasuk hukum cambuk. Aceh adalah satu-satunya wilayah di Indonesia dimana hukum Syariat diperbolehkan.

Di mata tokoh lokal, ini adalah sebuah kehidupan baru. "Aceh memiliki cara hidup baru sekarang," kata Ramli Sulaiman, mantan gerilyawan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang bertugas di parlemen Provinsi Aceh. Ia ikut berperan mendorong diterapkannya undang-undang yang memberlakukan syariah secara ketat, termasuk hukum cambuk bagi kaum gay dan mereka yang tertangkap basah berzinah.

Tsunami yang menyebabkan 228 ribu orang Aceh meninggal maupun dinyatakan hilang telah mengakhiri pemberontakan GAM selama 29 tahun. Mereka kemudian duduk berunding dengan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang menghasilkan kesepakatan damai pada Agustus 2005.

Sebagai hasilnya, Aceh mendapatkan otonomi yang lebih luas. Perjanjian damai juga memungkinkan partai-partai politik lokal ikut dalam Pilkada. Dan Partai Aceh, partai yang didirikan mantan GAM mendominasi politik daerah itu.

Kemudian Aceh menerapkan hukum Syariat. Pada tahun-tahun sebelum bencana, polisi dan pengadilan terpisah didirikan secara paralel dengan hukum sekuler. Namun pada dekade terakhir, hukum Syariat telah mendominasi. Tahun ini, hukum Syariah juga bisa menjangkau warga non-Muslim, dan menambahkan ketentuan bahwa pezinah dan homoseksual bisa dihukum cambuk.

Awal tahun ini, kontroversi sempat meruyak di Aceh, ketika dua perempuan yang tidak menutup kepala terjaring oleh razia yang dilakukan polisi agama atau Wilayatul Hisbah (WH). Kedua perempuan itu mengaku beragama Kristen. Usai diperiksa dan dinasihati, keduanya dilepas. Biasanya, bila ada perempuan tak mengenakan jilbab terjaring razia, ia dibawa ke kantor WH untuk mendapatk...

http://www.satuharapan.com/read-detail/read/pasca-tsunami-aceh-dijauhi-investor-karena-syariat-islam

berita lama... emg udah melambat dr taun 2014.
pke metode BDSM aja biar gak ngebosenin emoticon-Matabelo
investasi ya?

coba kita liat pariwisata di arab sana sekarang:

Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP

Alasan investasi, hukuman cambuk di Aceh dipindah ke dalam LP
Diubah oleh ranttalker
Kalau fiksi ya di revisi dong emoticon-Ngakak
Quote:


Malah bikin inovasi baru, wisata BDSM.
bau busuk menyengat dibalik revisi pergub
Kalai begitu terus bukanya malah maju tapi lama lama malah kayak afganistan
Diubah oleh ontapesek


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di