alexa-tracking

Kenaikan peringkat RI oleh Moody's dinilai bukti pemerintah andal kelola utang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad1eeea96bde658528b456a/kenaikan-peringkat-ri-oleh-moodys-dinilai-bukti-pemerintah-andal-kelola-utang
Kenaikan peringkat RI oleh Moody's dinilai bukti pemerintah andal kelola utang
Kenaikan peringkat RI oleh Moody's dinilai bukti pemerintah andal kelola utangMerdeka.com - Kualitas utang Indonesia kembali mendapat penilaian dari Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service (Moody's) yang meningkatkan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia dari Baa3/Outlook Positif menjadi Baa2/Outlook Stabil. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menilai, kenaikan tersebut membuktikan Pemerintah dan Bank Indonesia sangat andal mengelola utang.

Ini menjadi bukti bahwa Presiden Jokowi kredibel dan pruden dalam mengelola utang," ujar Juru Bicara PSI Bidang Ekonomi dan Bisnis Rizal Calvary melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (14/4).

Kenaikan tersebut merupakan cerminan kredibilitas penyelenggara kebijakan terkait utang dan efektif mendorong stabilitas makroekonomi. Hal ini diyakini dapat bermanfaat untuk jangka panjang yaitu beban utang tetap rendah sehingga mengurangi kebutuhan dan risiko pembiayaan.

"Ini yang menilai positif Moody's, bukan kami, bahwa pemerintahan sebelumnya sampai pemerintahan Jokowi-JK mampu menjaga defisit fiskal di bawah batas 3 persen sejak 2003. Defisit dapat dipertahankan di level rendah dan didukung oleh pembiayaan yang bersifat jangka panjang," ucap Rizal.

Selain pemerintah, PSI juga mengapresiasi kinerja Bank Indonesia (BI). Bank Indonesia mampu menjalankan tugasnya diwilayah moneter sehingga stabilitas makro ekonomi terjaga dengan baik. "Ada kebijakan nilai tukar yang fleksibel, berkat kerjasama yang cantik antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan BI. Inflasi terjaga di level yang cukup rendah dan stabil," pungkas Rizal.

Tahun lalu, Moody's juga memperbaiki outlook SCR Republik Indonesia dari stable menjadi positive, sekaligus mengafirmasi rating pada Baa3 (Investment Grade) pada 8 Februari 2017. PSI menilai, saat ini kondisi keseimbangan primer atau primary balance Indonesia terus membaik meskipun masih ada defisit pada APBN.

"Memang dalam primary balance, pendapatan dengan pengeluaran pemerintah masih defisit. Defisit itu biasa, hanya sedikit negara yang enggak defisit, sehingga pemerintah mencari utangan untuk menutupi itu. Yang penting kondisinya terus membaik dan terkelola dengan baik," papar Rizal.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar negara mengalami defisit anggaran. Negara seperti China mengalami defisit anggaran 2,74 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Lalu India sebesar 7,1 persen PDB, sedangkan Malaysia 3,03 persen PDB. Negara berkembang seperti Vietnam mengalami defisit anggaran hingga 6,5 persen PDB, Polandia 2,9 persen PDB, Argentina 7,3 PDB, sedangkan Kolombia 2,84 persen PDB.

"Jadi defisit kita aman 3 persenan, Bahkan Qatar negara kaya minyak defisit sampai 10 persen. Norwegia 5 persen, Brasil 10 persen," tandasnya.




Sumber = https://m.merdeka.com/uang/kenaikan-peringkat-ri-oleh-moodys-dinilai-bukti-pemerintah-andal-kelola-utang.html
Jkw 2 periode. Nasbung siapkan mental. Menderita 10 tahun wkwkwk
agen puting siap bergerak emoticon-Marah
gue sih ga peduli lo ngutang apa ga, gue cuma ingat congor busul kau pernah bilang ga akan nambah hutang lagi alias stop utang luar negeri
PSI yang ngomong..
Bodo amat
cuman nasbung yg yakin seyakin yakinya jika negara kita akan bangkrut sama hutang emoticon-Big Grin
Quote:


Kapan blg gitu tong?
Quote:


https://ekonomi.kompas.com/read/2014/06/03/1143182/Jokowi-JK.Ogah.Utang.Luar.Negeri


https://m.liputan6.com/bisnis/read/2057851/jokowi-jk-pastikan-tolak-utang-luar-negeri-jika-pimpin-ri
Ngutang kok bangga? emoticon-Cape d...
Quote:


Itu kan tjahyo yg ngomong. Tahu sendirilah tim kampanye tuh kek apa. Tim Anies sandi juga janji mau modalin warga juga ternyata bohong kan?
Rating Membaik, Indonesia Berpeluang Tingkatkan Utang emoticon-thumbsup

Kenaikan peringkat RI oleh Moody's dinilai bukti pemerintah andal kelola utang

Asal jangan jadi tukang kemplang saja:

Kenaikan peringkat RI oleh Moody's dinilai bukti pemerintah andal kelola utang
Quote:


emang tim kampnye itu bisa ngecoros semaunya ya, emang dia ga bisa ngatur ya, o ya br tau, ternyata ptugas partai, cuma ngomong apa yg dikonsep doang.


mana lebih banyak janji jokui yg ga ditepati atau janji anis, udah 4 tahun, janji kampanye masih lebih 50 persen ga diwujudkan
Quote:


Nggak ada yg bs kontrol sepenuhnya tim kampanye. Jkw, prBocor, anies, juga bocor semua kok tim kampanyenya. Wakakaka
Quote:

jangan jangan waktu debat cahyo c pakai topeng jokui sehingga pas ngomong ga nambah hutang dia ga sadar
Quote:


Ngibul mulu aja kerjalu tong.
Quote:


gue cuma niru presiden gue yg doyan ngibul
Quote:


Ngaku klo ngibul wakakaka
Quote:

Norak lu ah kayak ga tau politik aja, mau pemerintah kek oposisi kek kalo belom munafik belom sah jadi politikus emoticon-Embarrassment