alexa-tracking

Kasus Century Berpotensi Ganggu Elektabilitas Sri Mulyani

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad1a6561cbfaaba468b4569/kasus-century-berpotensi-ganggu-elektabilitas-sri-mulyani
Kasus Century Berpotensi Ganggu Elektabilitas Sri Mulyani
jpnn.com, JAKARTA - Mencuatnya kembali kasus bailout Bank Century berpotensi mengganggu elektabilitas Sri Mulyani Indrawati yang namanya muncul di bursa cawapres di Pilpres 2019.

Direktur Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyatakan, selain Boediono, nama yang sudah pasti akan disangkutpautkan dalam pengusutan kasus bailout Rp 6,7 triliun itu adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

”Semua tahu, banyak survei menyebut Sri Mulyani sebagai figur potensial calon Wapres di 2019,” ujarnya, Jumat (13/4).

Pangi mengatakan, isu-isu terkait kasus korupsi bakal menggerus elektabilitas para kandidat. Termasuk elektabilitas Sri Mulyani sebagai kandidat calon wakil presiden yang akan terpengaruh oleh bergulirnya lagi pengusutan kasus Bank Century. ”Kasus ini akan sangat mengganggu elektabilitasnya,” jelas dosen ilmu politik UIN Syarif Hidayatullah itu.

Dalam banyak survei, nama Sri Mulyani memang selalu muncul sebagai kandidat potensial calon Wapres pendamping Jokowi. Salah satunya survei LSI Denny J.A. yang dirilis pada Februari 2018. Survei itu menyebut popularitas Sri Mulyani sebagai kandidat wakil presiden dari kelompok profesional mencapai 58,3 persen.

Sebagai perbandingan, dalam survei yang sama untuk calon Wapres dari latar belakang parpol, nama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang juga ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hanya mencatat popularitas 32,4 persen.

Sementara itu, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang masuk kelompok berlatar belakang militer meraih popularitas 56,5 persen.

Potensi besar Sri Mulyani sebagai kandidat serius calon wakil presiden juga tampak dalam survei Indo Barometer yang dirilis Februari lalu.

Lembaga survei yang dikomandoi pengamat politik Muhammad Qodari itu bahkan langsung membuat simulasi Jokowi berpasangan dengan Sri Mulyani sebagai capres dan cawapres. Hasilnya, pasangan tersebut meraih suara 36,8 persen.

Elektabilitas itu mengungguli simulasi pasangan Prabowo Subianto-Anies Baswedan yang meraih angka 21,9 persen. Bukan hanya itu. Hasil survei Indo Barometer juga menunjukkan Sri Mulyani unggul sebagai cawapres yang disukai publik dengan angka 65 persen.

Karena itu, menurut Pangi, gangguan pada elektabilitas Sri Mulyani akan memengaruhi peta kontestasi Pilpres 2019, terutama dalam perebutan kursi calon wakil presiden pendamping Jokowi.

Dengan demikian, pengusutan kasus Bank Century itu berpotensi dijadikan momentum manuver kelompok politik tertentu. ”Isu ini potensial dijadikan komoditas politik, digoreng-goreng,” jelasnya.

Rabu (11/4) Sri Mulyani tak banyak merespons saat ditanya wartawan terkait potensi dirinya disangkutpautkan lagi dengan kasus Bank Century. ”Saya serahkan ke KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi, Red) saja soal kasus itu,” ujarnya. (bay/gin/ken/c10/owi)

https://www.jpnn.com/news/kasus-century-berpotensi-ganggu-elektabilitas-sri-mulyani?page=2

Lagipula menteri reject dari SBY yang kabur ketika korupsi di perkara century hampir dibongkar DPR kok dipilih lagi? emoticon-Ngakak
Sri Mulyani Indrawati..



srikandi emoticon-Big Grin
Sri mulyani jd wapres? emoticon-Ngakak

bertanggung jawab langsung itu budiono bray sebagai gubernur BI. jangan lu campur semua yang mirip dan ada uangnya kemenkeu yang pegang emoticon-Wowcantik
hail srik emoticon-Angel
ketimbang didampingi puan, sri mulyani ini baru ideal... emoticon-2 Jempol
Quote:


goblok. ketua komite kebijakan sektor keuangan yang memutuskan bail out century adalah sri mulyani...itu orang yang kabur ke luar negeri ketika DPR hampir nemukan bukti kesalahan fatal dia saat itu.
dulu pdip paling gentol pengen sri di copot karna century
kok sekarang diem aja ya?
Quote:


palelu. rapat KSSk itu setuju 600m untuk bailout, tapi yagn dikucurkan LSK sampe 6,7T. penanggung jawab sapa lagi klo bukan gub BI.