alexa-tracking

Penjualan Miras Oplosan Sangat Tertutup, Hanya Penjual dan Pembeli yang Tahu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad18f86ded7706a218b4569/penjualan-miras-oplosan-sangat-tertutup-hanya-penjual-dan-pembeli-yang-tahu
Penjualan Miras Oplosan Sangat Tertutup, Hanya Penjual dan Pembeli yang Tahu
Penjualan Miras Oplosan Sangat Tertutup, Hanya Penjual dan Pembeli yang Tahu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penjualan minuman keras (miras) oplosan, tidak mudah ditemui dan ditemukan oleh sembarang orang.

Polri pun mengakui hal ini, bahwa penjualan miras oplosan, khususnya yang mengandung methanol dilakukan dengan sangat tertutup.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan hanya segelintir orang yang mengetahui tempat dimana untuk mendapatkan miras tersebut. 

"Pengguna bilang, bapak tidak akan bisa mendapatkan itu di tempat lain. Begitu bapak sweeping di situ gak ada," ujar Setyo di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/4/2018).

Ia juga menyampaikan penjual dan pembeli miras kebanyakan sama-sama mengetahui pasaran tempat penjualan minuman tak berlisensi itu.

Jenderal bintang dua ini menyebut ada tempat-tempat tertentu, yang eksklusif dan terselubung.

Penjual pun tak menjualnya ke sembarang orang, agar tempatnya tak mudah ditemukan oleh aparat penegak hukum. 

"Itu tahu sama tahu lah pasarnya (penjual dan pembeli)," lanjut dia.

Lebih lanjut, Setyo menduga kemungkinan pelaku meracik miras oplosan dengan methanol dan ethanol lebih dikarenakan faktor ekonomi.

Dengan bahan tersebut, para penjual mampu mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Itu pun miras oplosan hanya dijual dengan kisaran harga Rp 15.000-20.000.

"Sayangnya methanol tidak boleh dikonsumsi. Orang katakan itu ginseng, padahal bukan," pungkasnya.

Sebelumnya, korban yang tewas akibat miras oplosan terus bertambah di Jawa Barat dan Jakarta. Di wilayah Jawa Barat, korban tewas akibat miras oplosan di Jabar menjadi 58 orang. Rinciannya yakni 41 orang di Cicalengka, 7 orang di Kota Bandung, 7 orang di Sukabumi, 2 orang di Cianjur, dan 1 orang di Ciamis.

Sementara di wilayah hukum Polda Metro Jaya, ada 33 korban meninggal. Rinciannya, 10 orang meninggal di Jakarta Timur, 8 orang meninggal di Jakarta Selatan, 6 orang meninggal di Depok, 7 orang meninggal di Bekasi Kota, dan 2 orang meninggal di Ciputat.

Dengan demikian, total korban miras oplosan di Jakarta hingga Jawa Barat adalah 91 orang.


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...beli-yang-tahu

---

Baca Juga :

- Polri: Miras Oplosan Diminati karena Harga Terjangkau dan Cepat Memabukkan

- Sandi Dukung Langkah Wakapolri Bumi Hanguskan Miras Oplosan

- Korban Selamat Miras Oplosan Maut Cerita Mengapa Mereka Lebih Suka Miras Ginseng