alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Solusi Untuk UKM Dan Facebook Advertiser Kalau Seandainya Facebook Jadi Diblokir
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad17c3c12e25743488b4568/solusi-untuk-ukm-dan-facebook-advertiser-kalau-seandainya-facebook-jadi-diblokir

Solusi Untuk UKM Dan Facebook Advertiser Kalau Seandainya Facebook Jadi Diblokir

Setelah terungkapnya kasus pencurian data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica di Amerika, kini Indonesia juga mulai kena imbasnya. Penyababnya adalah dari 87 juta akun yang dicuri oleh Cambridge Analytica, 1 juta akun diantaranya adalah akun milik pengguna Facebook di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana memblokir Facebook. Penyebabnya adalah karena Facebook tidak kunjung menyerahkan data pengguna Facebook dari Indonesia yang bocor terkait skandal Cambridge Analytica. Sedangkan Pemerintah sendiri sudah melayangkan terguran lisan dan surat peringatan hingga 2x ke Facebook.

Seandainya Indonesia jadi memblokir Facebook, salah satu pihak yang paling terkena dampaknya adalah UKM dan para Facebook Advertiser,

]Mengapa? Karena kalau Facebook diblokir semua layanannya tidak bisa diakses lagi termasuk Facebook Ads. Akibatnya UKM dan para Facebook Advertiser tidak bisa lagi memasarkan produk atau layanannya melalui Facebook. Padahal selama ini banyak pelaku UKM dan Facebook Advertiser yang menggantungkan saluran pemasarannya pada Facebook.

Kalau ini tetap dibiarkan maka justru akan berdampak buruk pada perekonomian mikro Indonesia. Seandainya Kominfo jadi memblokir Facebook, kami mempunyai beberapa solusi untuk UKM dan para Facebook Advertiser agar aktivitas pemasarannya tetap berjalan dan penjualan tetap ada.

Solusi untuk UKM dan Facebook Advertiser seandainya Facebook jadi diblokir yang kami tawarkan antara lain :
  • Memaksimalkan saluran pemasaran berbayar yang lain
  • Mencoba cara organik untuk pemasaran jangka panjang
  • Mengumpulkan dan mengelola database pelanggan secara mandiri

Mari kita bahas satu per satu.

Memaksimalkan saluran pemasaran berbayar yang lain
Dunia tidak selebar daun kelor dan tak ada rotan akar pun jadi. Barangkali dua peribahasa inilah yang cocok untuk menggambarkan kondisi  kalau Pemerintah jadi memblokir Facebook nanti.

Yang pertama bahwa saluran pemasaran lewat internet itu sangatlah luas, tidak seluas jangkauan Facebook Ads saja. Memang benar Facebook merupakan sosial media terbesar di Indonesia, tetapi diluar Facebook masih ada banyak sekali ladang untuk memasarkan produk dan layanan Anda melalui internet.

Dan yang kedua ketika nanti blokir Facebook sudah berlaku, Anda masih bisa menggantikan Facebook Ads dengan layanan periklanan berbayar yang lainnya. Contohnya Anda masih bisa pakai Google Adwords, Iklan Detik, Kaskus Ads dan lain sebagainya.

Intinya Anda boleh punya banyak anggaran untuk beriklan, tetapi mulai sekarang alokasikan budget untuk iklan tersebut ke channel yang lain selain Facebook Ads. Sehingga ketika nanti sudah bernar-benar terblokir maka masih bisa punya saluran pemasaran yang bisa Anda andalkan.

Mencoba cara organik untuk pemasaran jangka panjang
Sebagai bentuk antisipasi kalau seandainya pemerintah jadi memblokir Facebook, maka Anda harus mencoba mendatangkan traffic secara organik sekarang juga.Artinya dalam beriklan dan promosi tidak menggunakan layanan periklanan berbayar.

Alasannya sederhana, supaya website atau toko online Anda selalu ada pengunjungnya. Dan dengan meggunakan cara organik untuk mendatangkan traffic, efeknya bisa bertahan sangat lama. Sehingga dengan menggunakan cara organik bisa menjadi investasi jangka panjang kalau Facebook jadi diblokir.

Mengumpulkan dan mengelola database pelanggan secara mandiri
Yang terakhir solusi yang kami tawarkan adalah mengumpulkan dan mengelola database pelanggan Anda secara mandiri. Maksudnya kami jelaskan dalam ilustrasi berikut ini.

Katakanlah Anda adalah pihak 1. Pelanggan dan calon pelanggan adalah pihak 2 dan Facebook adalah pihak 3.

Dalam beriklan lewat Facebook polanya adalah pihak 1 membayar pihak 3 untuk menjangkau dan mendatangkan pihak 2. Sedangkan data-data pihak 2 seperti alamat email dan no HP tetap dikuasai oleh pihak 3. Jika suatu saat pihak 1 ingin menjangkau lagi pihak 2, maka mau tidak mau pihak 1 harus menghubungi dan membayar pihak 3.

Pola normalnya adalah seperti ilustrasi di atas. Namun bila pihak 3 terancam diblokir oleh pembuat kebijakan dan perijinan (dalam hal ini adalah Pemerintah), maka pihak 1 tidak bisa lagi mengakses pihak 2 melalui pihak 3.

Jadi alangkah baiknya bila pihak 1 dan pihak 2 bisa secara langsung berkomunikasi tanpa bergantung dengan pihak 3.

Dan saat ini ada banyak sekali solusi dari pola seperti ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan email marketing.

Kembali ke Anda
Itulah 3 solusi yang kami tawarkan untuk Anda kalau seandainya Pemerintah memblokir Facebook benar-benar terjadi. Mari kita doakan yang terbaik, dan mau tetap menggunakan Facebook atau mencoba menambah saluran pemasaran baru dengan email marketing itu semuanya kembali ke Anda. Terima kasih sudah menyimak tulisan ini dan kami berharap ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya.

sumber : Blog KIRIM.EMAIL
Diubah oleh: moesho
Urutan Terlama
kasian si mak zukebekemoticon-Wakaka
udah lama fb ane hapus,

:bener tebakan ane emoticon-Big Grin
jadi gini... masi fban?


leh uga
Solusi Untuk UKM Dan Facebook Advertiser Kalau Seandainya Facebook Jadi Diblokir Solusi Untuk UKM Dan Facebook Advertiser Kalau Seandainya Facebook Jadi Diblokir
blokir aja biar alayer di indonesia berkurang
facebook di blokir masih ada WhatsApp kan bisa promo disitu
sayang juga ga bisa promosi
klo udah diblokir ga bisa pake vpn kah?


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di