alexa-tracking

Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad170e554c07acc748b4574/apa-pendapat-kalian-mengenai-usia-20-tahun
icon-hot-thread
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
Usia memang tidak menentukan kedewasaan, tapi mengingat usia bisa memengaruhi jalan pikiran dalam menentukan langkah.


Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?

“Ciee akhirnya jadi tua beneran.” Kata seorang teman kepada sahabatnya yang tengah berulang tahun untuk ke-20 kalinya. Sepertinya memang untuk ulang tahun yang ke 20 akan terasa berbeda bagi sebagian remaja, karena saat itu mereka mulai sadar kalau mereka sudah bukan anak-anak lagi, mereka sudah meninggalkan usia belasan yang berarti sudah tidak belia lagi.

Berbeda dengan ulangtahun yang ke-17, kebanyakan dari remaja akan berbangga karena akan segera mendapatkan KTP dan bagi laki-laki sudah tidak perlu “nembak” lagi untuk membuat Surat Ijin Mengemudi. Akan tetapi ketika perlahan mendekati usia 20, mereka pun mulai berpikir “akan jadi apa saya nanti?”. Baik secara sadar maupun tidak sadar pasti setiap orang pun memikirkan hal yang sama, mengenai usia yang semakin beranjak dewasa dan hal yang harus dilakukannya setelah menginjak usia dewasa.

Memang ukuran kedewasaan seseorang tidak ditentukan oleh usia, tapi sepertinya setiap orang juga sadar seperti apa orang dewasa itu. Bagaimana cara berbicara, bersikap maupun bertindak, setiap orang sudah mempunyai satu gambaran mengenai hal tersebut. Hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya dan untung tidak semua orang bisa, karena jika semua orang sama bisa akan terasa monoton dan membosankan dunia ini.

Menurut ilmu psikologi sendiri, usia 20 tahun sudah memasuki masa remaja akhir. Katanya pada masa ini remaja sudah mulai mantap dan stabil, ia sudah bisa memikirkan apa yang akan dilakukannya dan langkah apa yang akan diambil selanjutnya. Meskipun dikatakan demikian, sebenarnya masih banyak yang menjadi pertimbangan dan mungkin saja menjadi pikiran bagi orang-orang yang memasuki usia remaja akhir.

Saat kita mencoba untuk mencari tahu ada apa sih di usia 20 tahun lewat Google, kebanyakan yang akan muncul di sana yaitu mengenai tips dan trik juga saran-saran mengenai apa yang harus dilakukan saat menjadi si 20 tahun. Dengan banyaknya artikel seperti itu bisa kita simpulkan bahwa memasuki usia 20 merupakan momen yang cukup krusial.
Mengapa demikian? Karena saat inilah kita harus merubah mindset kita secara total, mengubah pandangan dari seorang remaja yang manja menjadi seseorang yang lebih dewasa dan sudah memiliki rencana untuk masa depan.

Mungkin pandangan itu juga yang membuat kebanyakan remaja akan merasa galau karena memang pada dasarnya usia remaja adalah usia dimana kita mencari jati diri.

Nah berikut ini segelintir pendapat orang-orang dan beberapa sahabat saya mengenai usia 20 tahun.

Quote:


Quote:


Quote:


Jika ditanya mengenai ada apa sih di usia 20 tahun, kebanyakan akan menjawab ke arah kedewasaan, pengambilan keputusan dan sikap tanggung jawab. Hampir semua memiliki pandangan yang sama. Tapi kalau ditanya mengenai rencana atau misi yang ingin dicapai oleh masing-masing, jawabannya bisa jadi bermacam-macam.

Quote:


Quote:


Quote:


Dapat mencapai usia 20 tahun itu merupakan hal yang patut untuk disyukuri, kita masih bisa bernafas di masa-masa produktif kita. Hidup ini hanya sekali oleh karena itu memanfaatkan waktu terutama di masa muda sangatlah penting apalagi di era yang serba cepat saat ini dengan berbagai teknologi yang dapat langsung memengaruhi berbagai bidang. Apabila pemuda dan pemudi Indonesia tidak dapat bergerak cepat maka bisa dipastikan akan tertinggal jauh bangsa ini.

Memang dalam melaksanakan rencana yang sudah disusun tidak akan mudah seperti menulis di secarik kertas, akan tetapi jika kita sudah memiliki niat dan tekad yang kuat maka semua rintangan pun pasti bisa dihadapi. Hal yang perlu kita jadikan pemicu cukup rasa sayang pada diri sendiri karena masa depan kita berada pada tangan kita sendiri.

Apa mungkin ada dari agan dan sista sekalian yang yang mau ikut sharing gimana sih pendapatnya mengenai hal ini, atau mau share pengalamannya? Kolom komentar terbuka untuk semua orang. emoticon-Cipokemoticon-2 Jempolemoticon-Shakehand2
saatnya bagi sang burung untuk mencari sangkar guna menemani dinginnya kegelapan malam
ane usia 20 belum kepikiran untuk berkeluarga karena belum punya apa-apa, silahkan nikah kalau sudah punya duit, kalau nikah pake duit orang tua juga mah kagak sekalian nanti lahiran anak sama sekolahnya masih dibiayain orang tua yang nikah, usia 20 ane masih kuliah itu mendekati kelulusan, mulai rencanakan kalau misal nanti sudah lulus kerja susah dapat kerja mau apa kira-kira, begitu saran ane biar ada duit juga ujungnya buat nikah, tapi yang penting ada jodohnya. emoticon-Hammer (S)
nyari binik
ane lupa, itu udah 20 thn yg lalu

emoticon-Ngakak
Umur 20 saatnya fokus apa yang di mau dan apa yang dicari, bukan saatnya coba2 lagi kaya jaman sma, sekali salah bakal susah muter baliknya.
Bener banget dah tsnya ..
Cek sempak bree emoticon-Betty (S)

Btw
saya 20 tahun ..

lulus smk taun kemaren emoticon-Big Grin
masih jiwa muda
usia 20 saatnya mencari jati diri
usia 20 itu setelah usia 19 dan sebelum usia 21 emoticon-Cool
Ane udah lupa, karena udah lewat...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun? Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun? Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun? Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun? Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
Apa Pendapat Kalian Mengenai Usia 20 Tahun?
pejwan hunter.
Masuk umur 20 an lebih enak kok drpd masih belasan.
Yg pasti bagi laki-laki klo udh umur 20th kadar hormon testosteronnya lgi tinggi-tingginya emoticon-Malu
pas umur 20, ketika itu pula aku merasa TUA emoticon-Cape d...
gpp gan, ane udah mau napak 30 malah, dulu ane juga berpikir gitu, waktu umur 17, ane agak takut, takut tua emoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Leh Uga
20 tahun masih main2 gan sambil belajar nyari sesuatu yg sesuai dengan kita (cita2) emoticon-Big Grin
yang pasti usia 20 tahun itu adalah masa-masa yang spesial untuk dilalui emoticon-Big Grin
Mejeng dulu di trit usia emoticon-Hot News
Banyak prinsip hidup, masih mencari jati diri. Galaw dengan percintaan, sibuk nyari kerja.