alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad1691a1a9975e3358b4577/kemkominfo-siapkan-portal-agregator-antihoax

Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax

Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax

JPP, JAKARTA - Kini masyarakat Indonesia akan diberikan kemudahan oleh Pemerintah untuk mengetahui berita bohong atau hoax yang mudah tersebar di media sosial.

Tidak hanya hoax, konten negatif lain seperti disinformasi (kejadian yang interpretasinya disesatkan), hasutan yang bersifat provokatif, ilegal (biasanya terkait obat dan kesehatan), serta unsur SARA dan waspada, akan diberikan stempel dan akan dikemas bersamaan dengan berita klarifikasinya ke dalam portal agregator antihoax stophoax.id

"Masyarakat perlu mendapatkan informasi yang benar, yang akurat tentang berbagai hal. Semua hoax ini tentu kita klarifikasi dengan data dan fakta," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti saat soft launching stophoax.id di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

"Tujuan hoax ini membuat masyarakat emosi, cemas, masyarakat diadudomba, saling curiga. Hoax ini sangat bahaya sekali. Kalau kita biarkan, hoax ini bisa berpotensi untuk disintegrasi bangsa," sambungnya.

Portal ini didukung oleh kementerian/lembaga yang kerap kali menerima serangan hoax serta komunitas masyarakat antihoax yang tergabung dalam Siber Kreasi, sehingga stophoax.id bisa menjadi referensi masyarakat untuk mengetahui sebuah berita itu hoax atau bukan.

Disebutkan, portal ini merupakan hasil kolaborasi dan sinergi pemerintah, dalam hal ini Kemkominfo, Mabes Polri, komunitas Siber Kreasi, dan Jaringan Pemberitaan Pemerintah.

Selain sebagai situs klarifikasi, diharapkan stophoax.id juga dapat menjadi peringatan dini bagi kementerian/lembaga, di mana nantinya berita-berita di portal ini akan disebar ke komunitas sebagai literasi digital, sehingga masyarakat sadar untuk mencegah penyebaran hoax.

"Kami mohon koordinasi dan sinergitas dari kementerian/lembaga untuk aktif di dalam melakukan respons terhadap berita tidak benar," tandas Niken.

Menurut Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza, portal stophoax.id ini akan diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada pertemuan seluruh humas pemerintah yang akan berlangsung besok Senin (16/4/2018). (ant/nba)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...gator-antihoax

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax Industri Alas Kaki Nasional Bidik Posisi Ketiga Dunia

- Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax Pemerintah Ubah Aturan Bebas Pajak, Hanya untuk Penanaman Modal Baru

- Kemkominfo Siapkan Portal Agregator Antihoax Reforma Agraria Hadirkan Keadilan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di