alexa-tracking

Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad16644dad770643f8b4588/bank-lokal-mulai-gelontorkan-kredit-pendidikan-pascasarjana
Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana
Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana
Ilustrasi Bank Rakyat Indonesia dan pinjaman pendidikan.
Awal tahun ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengajukan gagasan soal kredit pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Pinjaman pendidik itu seperti itu sudah lazim dijalankan di Amerika Serikat.

Menyambut hal ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) pun meluncurkan secara resmi program kredit pendidikannya pada Maret 2018. Program tersebut bernama BRIguna Pendidikan dan sudah menyediakan ratusan miliar rupiah selama 2018.

"Total plafonnya untuk students loan tahun ini dalam BRIguna Pendidikan itu sekitar Rp100 miliar dengan masing-masing individu bisa mengajukan pinjaman rata-rata Rp100 juta hingga Rp150 juta," jelas Direktur Konsumen BRI Handayani kepada Kompas.com, Jumat (13/4/2018).

Namun ini bukan program kredit pendidikan untuk tingkat dasar seperti mahasiswa S1, melainkan mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 atau S3. Anda bisa mengambil kredit tanpa jaminan, kecuali harus terdaftar sebagai nasabah BRI dan memiliki penghasilan tetap.

Salah satu keunggulan produk ini ialah grace periode atau kelonggaran waktu pembayaran. Mahasiswa diperbolehkan hanya membayar bunga berjalan selama masa pendidikan kuliah, sedangkan pokok pinjaman dapat dibayarkan setelah mahasiswa lulus sampai dengan jangka waktu pinjaman berakhir.

Jangka waktu kredit bagi mahasiswa S2 mencapai lima tahun. Sedangkan bagi mahasiswa S3 bisa menikmati kredit hingga 10 tahun.

Mengapa BRI hanya menyediakan kredit pendidikan bagi calon mahasiswa pascasarjana? Handayani mengatakan para pelajar yang akan memasuki S1 biasanya masih terikat oleh orang tua. Adapun biaya untuk melanjutkan perkuliahan S2 atau S3 pun relatif lebih mahal ketimbang S1.

"Kalau S1, yang assessment adalah orangtuanya dan yang pasti pertama harus nasabah kita dulu. Ini penting untuk mengetahui kemampuan orangtua karena yang membayar dan diikat adalah orangtua, bukan mahasiswanya," jelasnya.

Program kredit pendidikan BRI ini merupakan hasil kerja sama dengan 14 universitas negeri di Indonesia. Terbaru, pada 7-8 April 2018, BRI resmi menandatangani kerja sama dengan Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Negeri Malang (UNM) di Malang, Jawa Timur.

Khusus di UNM, hingga saat ini tercatat sekitar 3.750 mahasiswa yang sedang dalam masa pendidikan S2 dan S3.

Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto, yang turut menandatangani proses penandatanganan kerja sama bersama Rektor UB Prof Ir M Bisri MS dan Rektor UNM Prof Dr Ahmad Rofiudin MPd, mengatakan bahwa program kredit ini bisa juga memicu masyarakat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Dengan skema pembiayaan fleksibel semacam ini, BRIguna Pendidikan diharapkan dapat memacu minat masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi tingkat lanjut, sehingga secara langsung Bank BRI memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia," pungkas Sis Apik.

BRI pun tidak sendirian. Bank Tabungan Negara (BTN) melakukan hal serupa. Pada Selasa (10/4), 23 dari 80 perguruan tinggi mengikat kerja sama dengan BTN.

Namun bentuk kredit ala BTN berbeda dengan BRI. Plafon kredit yang akan dikucurkan mencapai Rp200 juta per orang dengan suku bunga bunga flat 6,5 persen selama lima tahun. Selain itu, BTN tidak mewajibkan pemohon punya penghasilan tetap.

Namun, seperti dilansir Jawapos.com, pemohon harus sudah menjadi debitur lama KPR/KPA BTN minimal 1 tahun atau telah menjadi debitur KAR BTN minimal 2 tahun.
Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...n-pascasarjana

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana Sikap ganda dan keberatan Setya Novanto dalam pleidoinya

- Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola

- Bank lokal mulai gelontorkan kredit pendidikan pascasarjana Hampir sepertiga calon pemilih pilkada pengguna media sosial

Ntar ditagih PLUS BUNGANYA, komplen bank kafir, layak disembelih?