alexa-tracking

Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad13ee698e31b122f8b4581/kesaksian-zuckerberg-prabowo-segajah-hingga-rompi-oranye-zumi-zola
Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Ringkasan foto dari berita menarik sepekan
Riuh pemberitaan sepanjang pekan kedua (8-13) April 2018 diwarnai isu beragam dari dalam dan luar negeri.

Kabar terpopuler pada situs Beritagar.id pada periode pekan ini dimulai dengan pemanggilan peneliti tsunami, Widjo Kongko, terkait permodelan potensi bencana di Pandeglang, Banten, oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten.

Banyak yang berseberangan dengan rencana pemanggilan tersebut, sebab apa yang dilakukan oleh Widjo adalah bagian dari kebebasan akademik. Namun di pihak lain, penelitiannya menimbulkan kepanikan warga setempat.

Kabar kedua datang dari Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta.

Mantan pesohor yang terjun ke dunia politik, Zumi Zola, dianugerahi rompi oranye oleh lembaga antirasuah karena dugaan gratifikasi yang diterimanya dari proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dr Terawan, dokter yang terkenal karena teknik cuci otak untuk pengobatan strok, batal dipecat oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Selain batal dipecat, IDI juga membatalkan rekomendasi izin praktik dokter spesialis saraf ini.

Kabar melegakan datang dari Parinah. Buruh migran asal Banyumas, Jawa Tengah, ini akhirnya kembali ke Tanah Air setelah 18 tahun merantau di Arab Saudi dan Inggris tanpa gaji dan akses komunikasi.

Jelang pemilihan presiden (pilpres), isu seputar politik sudah pasti menghiasi pemberitaan nasional. Kali ini datangnya dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang akhirnya mendeklarasikan diri maju dalam kontes politik yang digelar tahun depan itu.

Berita terakhir datang dari Amerika Serikat (AS). Mark Zuckerberg sedang punya beban berat.

CEO Facebook itu harus bersaksi di hadapan anggota Kongres AS untuk menjelaskan skandal Cambridge Analytica yang membuat data lebih dari 87 juta penggunanya dicatut untuk kepentingan politik.

Untuk lengkapnya, sila simak ringkasannya berikut ini:
Penelitian harusnya tak boleh dipidana Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Foto ilustrasi. Sebuah rambu rute evakuasi bencana tsunami.
Langkah Polda Banten menyelidiki penelitian soal tsunami oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menuai tentangan.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten akan memanggil peneliti tsunami Widjo Kongko, peneliti Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT, untuk mengklarifikasi terkait kabar potensi tsunami 57 meter yang meresahkan warga Pandeglang, Banten.

"Kami Polda tidak diam. Senin kami layangkan panggilan untuk dihadirkan Rabu atau Kamis," kata Dirkrimsus Polda Banten Kombes Abdul Karim saat dihubungi wartawan di Serang, Banten, Jumat (6/4/2018) seperti dikutip dari detikcom.

"Dengan dia melakukan pernyataan itu, sebagian besar warga Pandeglang khawatir. Kedua, investasi pengaruhnya ke sana, takut karena potensi tsunami," ujarnya.

Pakar Hukum Pidana, Syaiful Bakhri menganggap upaya Polda Banten tersebut tidak tepat. "Enggak bisa dipidana. Karena ada kebebasan akademik untuk membuat sebuah riset," kata Syaiful di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin (9/4/2018) seperti dikutip dari Kompas.com.

Syaiful mengungkapkan, pelaksanaan suatu riset atau kajian juga diatur oleh Undang-Undang.

Sayangnya, dalam Undang-Undang nomor 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologiperlindungan ini tak disebut dengan gamblang.

Menurut Syaiful, kepolisian tak bisa asal memproses suatu hasil kajian yang dianggap meresahkan masyarakat.

"Hasil risetnya pun untuk kepentingan akademik dan dirahasiakan," kata Syaiful. Hasil riset punya juga manfaat untuk didalami agar suatu saat digunakan untuk kebijakan-kebijakan mitigasi bencana alam.

Selasa pekan lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menggelar diskusi bertema 'Sumber-sumber Gempa Bumi dan Potensi Tsunami di Jawa Bagian Barat' dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia ke-68.

BMKG turut dipanggil polisi karena menjadi penyelenggara diskusi ini.

BMKG sudah membantah soal prediksi ini. Menurut Jaya Murjaya, ahli gempa BMKG, apa yang disampaikan oleh Widjo di atas adalah modelling. Kalkulasi ini dilakukan dengan dasar matematika dan fisika.
Rompi oranye Zumi Zola Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Tersangka kasus dugaan suap pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi Jambi tahun 2018 Zumi Zola mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (9/4/2018).
Gubernur Jambi Zumi Zola resmi menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Zumi mengenakan rompi oranye berlogo tahanan KPK setelah delapan jam diperiksa penyidik di gedung KPK, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Zumi Zola diduga menerima gratifikasi Rp6 miliar dari sejumlah proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi.

KPK sedianya telah menetapkan Zumi Zola sebagai tersangka sejak 2 Februari lalu bersama Kepala Bidang Bina Marga Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi, Arfan.

Setelah menyandang status tersangka lebih dari dua bulan, Zumi Zola akhirnya mengenakan rompi oranye tanda sebagai tahanan KPK.

"Penahanan terhadap Zumi Zola untuk 20 hari ke depan terhitung mulai Senin (9/4/2018) ini di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah melalui laman KPK.

Febri menyatakan Zumi diduga menerima 'jatah' dari memuluskan proyek-proyek di Jambi selama menjabat. Menurut dia, hingga saat ini 38 saksi telah diperiksa dalam perkara korupsi pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Jambi 2018.

Penyidik, kata Febri, masih memeriksa bukti-bukti hasil penggeledahan pada Operasi Tangkap Tangan sebelumnya. "Kami cross check agar semakin utuh memetakan gratifikasi yang diperoleh tersangka," kata Febri melalui CNN Indonesia.

Perkara yang melibatkan Zumi dan Arfan merupakan pengembangan perkara kasus suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018. KPK melakukan operasi tangkap tangan di Provinsi Jambi pada 28 November 2017.

KPK menetapkan empat tersangka, yaitu anggota DPRD Jambi dari Fraksi PAN 2014-2019 Supriono; Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Erwan Malik; Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi Arfan; serta Asisten Daerah Bidang III Provinsi Jambi Saifuddin.
Sanksi ditangguhkan, dr Terawan tetap anggota IDI Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Mayor Jenderal TNI dr Terawan Agus Putranto kini masih tetap anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).
Mayor Jenderal TNI dr Terawan Agus Putranto akhirnya dipastikan masih menjadi anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Kepastian itu diperoleh pada Senin (9/4/2018) menyusul keputusan IDI untuk menangguhkan sanksi bagi Terawan.

Sebelumnya, 4 April silam, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI menghentikan status keanggotaan Terawan selama 12 bulan (26 Februari 2018 hingga 25 Februari 2019). IDI juga mencabut rekomendasi izin praktik dokter spesialis saraf ini.

Namun dalam rapat majelis pimpinan pusat IDI di Jakarta, Minggu (8/4), memutuskan seluruh sanksi di atas ditunda karena keadaan tertentu. Rapat itu dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan pusat IDI; termasuk Ketua MKEK Prijo Sidipratomo, Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI), dan Majelis Pengembangan Pelayanan Kedokteran (MPPK).

Namun Ketua Umum IDI Prof. Dr. Ilhan Oetama Marsis SpOG tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan "keaadan tertentu". Ditulis Antaranews, IDI masih melakukan verifikasi dan mengumpulkan sejumlah bukti tambahan menyusul rekomendasi MKEK dan pembelaan Terawan pada Jumat (6/4).

Ilham menjelaskan bahwa keputusan MKEK sebenarnya adalah rekomendasi untuk IDI dan kini IDI akan melakukan segalanya untuk mengambil keputusan akhir. Ilham menambahkan peluang keputusan akhir akan tetap 50-50; membebaskan dari tuduhan atau menjalankan rekomendasi MKEK --semuanya tergantung bukti.

Terawan dipersoalkan IDI bukan soal metode penyembuhan strok yang dikenal dengan cara "cuci otak", melainkan karena melakukan promosi atau iklan yang dinilai melanggar kode etik kedokteran.

Namun Terawan yang Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta ini mengaku bingung jika disebut melakukan promosi iklan. Selama ini Terawan hanya menjelaskan metodenya menyembuhkan strok secara teknis medis dan sebagai dokter itu adalah kewajiban karena menyangkut kejujuran ilmiah.

"Saya tidak tahu iklan yang mana. Harus ditunjukkan di mana saya beriklan. Kalau hanya katanya, ya saya repot. Jadi mohon izin untuk ditunjukkan, iklannya kayak apa. Karena itu membahayakan kalau menuduh sesuatu mengiklankan. Saya sebagai seorang TNI tidak pernah mengiklankan diri," kata Terawan saat dikunjungi para anggota Komisi I DPR RI di RSPAD Gatot Soebroto, 4 April lalu (h/t Merdeka.com).

Kepala Staf TNI AD Jenderal Mulyono pun membela Terawan. Mulyono mengatakan tak satu pun pasien Terawan yang meninggal dunia setelah menjalan "cuci otak".
Kisah Parinah, 18 tahun tanpa gaji dan komunikasi Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Parsin anak kedua dari Parinah, TKW Indonesia yang telah hilang selama 18 tahun, menunjukan foto ibunya beserta surat terakhir ibunya yang meminta bantuan untuk dipulangkan dari Inggris, di rumahnya di Desa Petarangan, Kemranjen, Banyumas, Senin (9/4/2018).
Perasaan Parinah bercampur aduk saat tahu dirinya bisa pulang ke Tanah Air.

Buruh migran asal Banyumas, Jawa Tengah, itu senang karena akhirnya bisa bertemu dengan dua putranya setelah 18 tahun terpisah.

Parinah bekerja dengan keluarga Ali Abdullah dan Fatiah yang berkewarganegaraan Mesir, di Arab Saudi sejak tahun 1999. Komunikasi Parinah dengan keluarganya selama di Arab Saudi terbilang normal.

Namun sejak diboyong majikannya ke Inggris pada 28 Mei 2001, Parinah menjadi sulit melakukan kontak dengan keluarganya di kampung.

Selama bekerja, Parinah tak pernah menerima perlakuan kasar dari majikannya. Hanya saja, selama 18 tahun mengabdi, Parinah baru sekali saja diberi uang.

"Dikasih uang untuk kirim (ke keluarga) 1.000 Poundsterling, tapi lupa tahun berapa. Setelah itu tidak terima lagi," ceritanya dalam sambungan percakapan video dengan putra keduanya, Parsin (33), yang dikutip ANTARA.

Si majikan terus mengelak setiap Parinah menagih upahnya. Alasan yang paling sering diucap majikannya adalah semua upah Parinah disimpan dalam bank supaya menjadi tabungan untuk masa tua.

Pengelakan yang sama juga terjadi ketika Parinah menyampaikan keinginannya untuk pulang ke Indonesia. "Mereka selalu bilang, nanti saja," sambungnya.

Selama di Inggris, Parinah tidak pernah diizinkan keluar rumah tanpa didampingi salah satu anggota keluarganya.

Mengutip lansiran ANTARA yang lain, laporan keberadaan Parinah pertama kali diketahui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, Inggris, pada 1 Maret 2018. Laporan itu merujuk pada dua surat yang dikirimkan Parinah ke KBRI tertanggal 5 Maret 2005 dan 28 Januari 2018.

Setelah berhasil menjemput Parinah, Kepolisian Brighton menahan pasangan suami-istri beserta dua anak majikannya atas dugaan tindak perbudakan modern.
Tak perlu koalisi segajah buat Prabowo Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat memberi keterangan pers di sela Rapat Kerja Nasional Bidang Advokasi dan Hukum DPP Gerindra di Jakarta, Kamis (5/4/2018).
Setelah sempat diberitakan maju mundur, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya mendeklarasikan diri maju dalam Pemilihan Presiden 2019.

Dalam pidato pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018), Prabowo menyinggung pihak-pihak yang menganggapnya galau dan ragu untuk maju di Pilpres 2019.

Prabowo memastikan, sebagai pemegang mandat Partai Gerindra, dia akan selalu siap bila diminta maju dalam Pilpres 2019.

"Dengan segala tenaga saya, dengan segala jiwa dan raga saya, seandainya Partai Gerindra memerintahkan saya untuk maju dalam pemilihan presiden yang akan datang, saya siap melaksanakan tugas tersebut," tutur Prabowo seperti dikutip dari Kompas.com.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan dukungan dari Gerindra sudah siap. Dia memperinci, 34 ketua dewan pimpinan daerah (DPD) tingkat provinsi dan 529 ketua dewan pimpinan cabang (DPC) tingkat kabupaten menginginkan Prabowo maju sebagai Capres.

Selain itu, 2.785 anggota DPRD kabupaten/kota dan 251 anggota DPRD tingkat provinsi, serta 73 anggota DPR asal Gerindra juga mendukung Prabowo.

Tapi mandat dan dukungan dari para kader Gerindra, ini tak membuat Gerindra pede. Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menjelaskan Prabowo mensyaratkan harus ada mitra koalisi untuk memastikan tiket Pilpres.

Menurut Riza, Prabowo masih berharap mendapat dukungan dari partai-partai ikut mendukungnya maju, khususnya partai-partai sekutu, seperti PAN dan PKS.
Maaf dan bungkam Zuckerberg Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola
CEO Facebook, Mark Zuckerberg
CEO dan Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, "disidang" selama dua hari berturut-turut oleh anggota senat dan kongres Amerika Serikat (AS) di Capitol Hill, Washington DC, AS, 11-12 April 2018.

Selama dua hari itu, Zuckerberg diminta menjelaskan penyebab pencatutan data lebih dari 87 juta penggunanya oleh Cambridge Analytica, sebuah firma penyedia jasa data analisis berbasis di London, Inggris, 2014 silam.

Dua kata yang paling sering diucapkannya selama dua hari itu adalah ; "maaf" dan "kami akan segera memperbaikinya".

"Saat Cambridge Analytica mengatakan pada kami mereka tidak menggunakan dan telah menghapus data (pengguna), kami anggap kasus itu selesai. Ini jelas salah. Kami seharusnya tidak begitu saja percaya," ucap Zuckerberg yang tampil berbeda dengan setelan jas biru tuanya.

Zuckerberg juga mengakui perusahaannya "kurang" bertanggung jawab terhadap keamanan privasi bukan hanya kepada penggunanya saja, tapi juga masyarakat.

"Kami tidak melakukan hal yang semestinya untuk menghalau penyalahgunaan Facebook. Ini berlaku juga untuk kabar bohong, intervensi pihak asing dalam pemilihan, pidato kebencian, dan juga penyebaran data pribadi," tutur Zuckerberg, merujuk laporan CNN.

Ini adalah kemunculan pertama Zuckerberg di publik setelah terkuaknya skandal Cambridge Analytica. Banyak kritik pedas yang dialamatkan baik dari anggota senat maupun kongres kepadanya.

Tak jarang Zuckerberg terbelit dengan kata-katanya sendiri manakala anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Komisi Energi dan Perdagangan mempertajam pertanyaan mereka.

Meski dicecar dengan ratusan pertanyaan, Zuckerberg tetap enggan membuka tabir bagaimana Facebook mengambil dan memanfaatkan data-data penggunanya.

Mengutip CNN Money, pengumpulan data pengguna sebenarnya adalah modal utama dari bisnis yang dijalankan Facebook. Setiap tahunnya, Facebook berhasil mengumpulkan sekitar US $40 miliar dari pendapatan iklan mereka.

Tentu saja, hal itu berkat Facebook memberikan "layanan penjualan" data kepada kliennya. Jika ini dihentikan, Facebook bisa jadi terdepak dari daftar 10 perusahaan paling berharga versi majala

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/berita/...anye-zumi-zola

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola Hampir sepertiga calon pemilih pilkada pengguna media sosial

- Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola Perubahan konsumsi memaksa mal berubah

- Kesaksian Zuckerberg, Prabowo segajah, hingga rompi oranye Zumi Zola Indeks acuan sawit bantu cegah fluktuasi harga lokal

×