alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0bef3c0d770bd018b456a/pemerintah-terus-bahas-penambahan-pagu-anggaran-pkh

Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH

Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH

JPP, JAKARTA - Pemerintah berencana menambah pagu anggaran pada program keluarga harapan (PKH) yang saat ini sedang pada masa pembahasan.

Demikian disampaikan Menteri Sosial Idrus Marham, di Kabupaten Bogor, Jumat (13/4/2018). "Ini adalah salah satu cara yang paling tepat dimana program tersebut dapat mengurangi beban masyarakat miskin dan pemberiannya berdasarkan hasil dari tim verifikasi," katanya.

Hanya saja, Mensos mengatakan, dalam pembahasan itu memang belum dapat dipublikasikan untuk besarannya. Pasalnya, sambung dia, masih ada beberapa tahapan hingga penetapannya.

Kelak, Mensos melanjutkan, juga akan ada perubahan pada sistem pemberian bantuan. Yaitu, kata dia, berdasarkan besar kecilnya kemampuan dari penerimanya. Jadi itu dimaksudkan pada proses pemberian untuk besar maupun kecilnya akan berbeda. 

"Tetapi untuk skala pemberian bantuannya tetap sama. Ini adalah salah satu langkah tepat agar bantuan dapat lebih berguna dan dapat bermanfaat bagi masyarakat miskin," katanya.

Selain itu, Mensos mengatakan, dalam penambahan anggaran tersebut dilakukan sebagai bentuk maupun upaya agar kebutuhan dari program bantuan dapat berjalan dengan baik. "Hanya saja, dalam proses tersebut akan ada komponen tambahan. Di mana bila ada keluarga miskin yang memiliki kreativitas seperti membuka usaha atau membuat kerajianan, dapat diberi tambahan anggaran," katanya.

Mensos juga menambahkan, dalam hal tersebut tentunya akan ada tim verifikasi dari pemerintah daerah, Kementerian Sosial (Kemensos) dan aparatur negara untuk mengawasinya. Selain itu juga meminta agar pemberian bantuan tersebut tidak disalahartikan oleh masyarakat. Pasalnya dalam aturannya sudah sesuai dan itu termasuk program mengentaskan kemiskinan.

Diketahui, pada 31 Agustus 2017, wujud penyaluran bansos PKH tahap 3 telah mencapai 5 juta KPM (98,4%) sudah terima dalam tabungan, dan 4,7 juta KPM (81,4%) sudah cairkan bantuan.

Sementara pencapaian untuk realisasi Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) sebesar 67,9% (tahap I), 51,3% (tahap II), dan; 14,2% (tahap III). BPNT telah dicairkan di masing-masing agen perbankan, ATM, Rumah Pangan Kita (RPK), bulog, laku pandai serta elektronik warung gotong royong (e-Warong).



Jadi Lebih Baik

Dengan adanya program tersebut, Mensos menegaskan, tentunya akan lebih bermakna di mana untuk Kabupaten Bogor terdapat 500 ribu kepala keluarga yang mendapatkannya.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayati mengatakan, dengan adanya bantuan pengentasan kesmiskinan dari Kemensos RI tentunya dalah hal baik. Di mana, kata dia, memang sudah selayaknya diberikan untuk masyarakat.

Namun dalam upaya tersebut tentu saja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga terus melakukan program guna membantu masyarakat agar dapat menjadi lebih baik. Antara lain, dengan memberikan peluang untuk masyarakat berkreativitas dengan membuat kerajinan, pembangunan rumah bagi warga miskin, dan lain sebagainya.

Dalam hal itu pembiayaan yang diambil melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...u-anggaran-pkh

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH Menkeu: Penambahan Investasi KB-KITE Capai Rp168 Triliun

- Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH Pemerintah Daerah Harus Rutin Mengecek Data Penduduk Miskin

- Pemerintah Terus Bahas Penambahan Pagu Anggaran PKH Kemensos Modifikasi Bansos PKH Biar Makin Efektif

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di