alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0a607ded770a87e8b456b/ikan-kancra-yang-harganya-menarik-untuk-dibudidayakan

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan



Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

Hi sobat tahukah anda dengan ikan asli lokal yang gizinya diatas ikan salmon ? Pastinya ada yang belum tahu bukan, sebenarnya ikan ini endemik loh tepatnya di daerah sunda dan Sumatra serta Kalimantan walau sebenarnya di Malaysia juga ada, karena masih bagian dari tanah kalimantan.

Ikan itu adalah Ikan kancra/dewa, Kancra merupakan sebutan bagi salah satu ikan air tawar yang banyak dijumpai di sekitar daerah Cigugur dan Cibulan, Kuningan.

Banyak orang sunda menyebutnya dengan nama kancra bodas atau lauk keramat. Di Kuningan dan daerah Subang ikan kancra atau juga di sebut ikan dewa ini dahulunya dianggap keramat tidak boleh ditangkap apalagi dimakan, karena kepercayaan masyarakat setempat.

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

Namun saat ini banyak di kolam di sekitaran Cibeureum dan Cimalaka, Sumedang, termasuk Sungai Cimanuk, ikan kancra masih sering dijumpai serta biasa diperjualbelikan.

Bahkan di Sumatera Utara, ikan itu dikenal sebagai ikan batak. Sama seperti di Kuningan, keberadaannya sering dikaitkan dengan adat istiadat setempat. Sedangkan di Sumatera bagian selatan, namanya ikan semah, kalau diKalimantan disebut ikan sapan, juga di Malaysia disebut ikan kelah atau ikan mahseer. Untuk daerah ciamis sebutan kancra ditujukan pada ikan mas. Karena itu, bila kita berencana membeli ikan kancra diCiamis, diperlukan kehati-hatian karena sebagian warga Ciamis masih menyebut kancra untuk ikan mas. Kemudian di tanah sunda lainnya tepatnya di Tasikmalaya, kancra sendiri sudah hampir tinggal cerita kalau tidak ada budidaya yang dilakukan oleh masyarakat setempat, memang keberadaannya sudah sangat susah untuk ditemui di habitat alami yaitu sungai dan danau, terutama di aliran sungai tasikmalaya.

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

Ikan kancra (Tor soro) adalah sinonim dari Labeobarbus, salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai nilai budaya dan ekonomi penting. Bentuk tubuhnya memanjang mirip torpedo(stream line). Hal itu bisa dimaklumi karena habitatnya khas, yaitu perairan sungai beraliran deras, jernih, dan berbatu, mirip dengan ikan salmon di Amerika. Salah satu kelebihan Ikan Torsoro atau kancra ini adalah nilai ekonomisnya yang tinggi. Harga ikan ini bisa mencapai kisaran 300 ribu hingga – 1 juta per kilogramnya.

Dagingnya yang kenyal dan rasanya yang nikmat dibandingkan ikan mas, menjadikan ikan ini konsumsi yang sangat berharga hingga akhirnya pemerintahpun turun tangan melakukan budidaya di daerah tanah sunda sendiri. Budidaya ini sudah berjalan pemijahan pun dilakukan dengan bantuan tangan para peternak, jadi indukan di bius dan diambil telurnya dan sperma secara paksa disebuah baskom kemudian diaduk dengan bulu ayam ditambahi air sedikit. Dari pembuahan paksa tadi telur-telur dimasukkan kedalam aquarium yang sudah disediakan, sekali pembuahan terdapat 2000 telur, tapi ada juga telur yang gagal menetas. Bibit-bibit ikan ini akan disebar kepada peternak ikan agar ikan ini tidak menjadi punah seperti di toba daerah sumatra.


Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

Bila ada ikan jenis kancra di sungai dan danau di alam liar, dapat dipastikan air tersebut belum terkena limbah dan masih bersih, karena air yang jernih dan bersih menjadi habitat alami ikan ini, bila kotor sedikit saja dapat dipastikan ikan tersebut akan mati.

Itulah sedikit ulasan tentang ikan endemik di tanah nusantara ini, semoga saja menjadi pengetahuan baru untuk kalian semua, monggo serupuutt dolo gan

emoticon-coffee

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

by c4punk@2018

Gambar google

Referensi
http://wiiepratiwi.blogspot.com/2011...bodas.html?m=1

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan



Diubah oleh c4punk1950...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
kayak bader di tempat ane tapi ini gedean emoticon-Big Grin
PERTAMAX saiya amankeun dulu dari para mahok om
emoticon-Cool


Edit
Gagal pertamak woiemoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh lapar.bang
waini ikan yang mantap emoticon-Jempol


klo dipelihara mesti dgn penuh perhatian emoticon-cystg
recomend yg bagus buat lululusan baru selain ternak lele
Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
Ntap nih om


baru denger namanya
naiss inpohemoticon-Leh Uga
Quote:


rambutnya perlu dicukur neh....udah lebih dri 1mm

Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
Quote:



Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
Mo bikin gondong om


Quote:

Adek.. Mw tanya donk... Itu diatas pala nya beneran Rambut apa Jemboottt Tante nya yg adek papas.....

Quote:



Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
Lambut dong om


Quote:


njir punya rambut skrg emoticon-Big Grin
Quote:


lol
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
dimasak yahudd nii
ena tuh difillet
Quote:



Ikan Kancra Yang Harganya Menarik Untuk Dibudidayakan
Keyen kan om


Rumah tmn ane namanya jl.kancra dibandung
Ikan aja punya nilai budaya bre
Nilai ekonomi memang secara mahal bre

emoticon-Cool
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di