alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rocky Gerung Klarifikasi soal Kitab Suci Fiksi
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad09c9f14088dd9438b4568/rocky-gerung-klarifikasi-soal-kitab-suci-fiksi

Rocky Gerung Klarifikasi soal Kitab Suci Fiksi

Dosen Filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung mengaku tak ingin memperdebatkan pelaporan ke polisi atas pernyataan kitab suci fiksi.

Rocky dilaporkan ke polisi Rabu (11/4), sehari setelah menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi.

Dalam program tersebut Rocky memaparkan soal definisi fiksi pada kitab suci. "Kalau saya pakai definisi bahwa fiksi itu mengaktifkan imajinasi, maka kitab suci itu adalah fiksi," demikian penggalan ucapan dia dalam program televisi Indonesia Lawyers Club yang disiarkan langsung TV One, Selasa (10/4)
malam.

Kepada CNNIndonesia.com,Rocky menyatakan maksud dia
menyinggung kitab suci sebagai fiksi bukan untuk menistakan agama. Itupun ditegaskan dirinya dengan tak menyebutkan nama kitab suci secara tegas dalam program televisi tersebut.

Fiksi yang dimaksud Rocky bersifat imajinasi, dan bersifat positif menurutnya. Sementara yang memiliki makna negatif bagi Rocky adalah fiktif yang memiliki arti kebohongan dan kacau.

"Saya bilang fiksi, saya tidak bilang khayalan bahkan saya gunakan kata imajinasi, jadi fiksi itu menyimpulkan imajinasi. Jadi sifatnya imajinasi," ujarnya dalam perbincangan telepon dengan CNNIndonesia.com, Kamis (12/4) malam.

Rocky menegaskan dirinya telah menjelaskan mendetail mengenai hal tersebut dalam program televisi.

Atas pernyataan kitab suci fiksi itu, Rocky dilaporkan Ketua Cyber Indonesia Permadi Arya
didampingi Sekjennya, Jack Boyd Lapian ke Polda Metro Jaya, Rabu (11/4).

Dalam laporan tersebut, Permadi mengutip definisi fiksi dan kitab suci berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menanggapi itu, Rocky menegaskan pengertian fiksi yang ia maksudkan itu tak
menggunakan pengertian yang dipaparkan dalam KBBI. Pengertian fiksi yang diucapkannya itu merupakan hasil dialektika pemikirannya.

"Saya enggak pakai KBBI.Sebelum saya mengucapkan kitab suci itu fiksi, sebelum kalimat itu saya ucapkan, saya ucapkan dulu apa yang saya maksud dengan fiksi.

Saya pakai keterangan berdasarkan definisi yang saya buat, saya bilang fiksi itu beda dengan fiktif. Dari awal saya sudah kasih tahu beda, kalau ada yang bilang sama, ya silakan bilang itu sama. Tapi, saya anggap itu beda, jadi silakan pakai definisi saya,"
tegas pria yang mengajarkan filsafat politik di Fakultas Ilmu Budaya UI tersebut.

Rocky menyatakan sebelum pengucapan kalimat yang kemudian dipersoalkan itu dirinya sudah melakukan batasan, analisa, hingga dalilnya. "Kan urutannya jelas, saya terangkan dulu apa yang dimaksud dengan fiksi oleh karena itu saya berani mengatakan kitab suci itu fiksi di dalam pengertian tadi yaitu
menimbulkan imajinasi," tuturnya.

Rocky menjelaskan salah satu contoh imajinasi yang dimaksudnya adalah bayangan seseorang akan wujud neraka atau surga saat membaca kita suci.

"Kan di dalam baca kita suci kita bayangin neraka itu api besar, surga itu taman bunga ya itu buat kita yang ada sekarang yang mengerti itu," jelas dia. "Imajinasi itu fakultas dalam pikiran manusia diberikan agar kita bisa berpikir melebihi kenyataan, di bidang sastra itu berlaku, di dalam doa itu berlaku. Apa yang salah," sambung Rocky.

Hadir sebagai Narasumber yang Diundang

Pria yang juga mengajar metodologi di FIB UI itu menegaskan dirinya berada di dalam program televisi tersebut sebagai narasumber yang dimintakan hadir memberikan pendapat.

"Kalau saya disebut saya menghina, berarti saya mengumpulkan banyak orang
untuk mendengarkan hinaan. Itu saya diundang di situ untuk
menerangkan apa itu bedanya fiksi dan fiktif," ujar Rocky.

"Lain kalau saya misalnya memang ingin menghina lalu kumpulin orang, 'dengerin ya saya mau ngomong gini-gini konferensi pers'. Itu artinya inisiatif saya. Saya tidak berinisiatif, saya kan narasumber untuk menerangkan sesuatu karena diminta."

Atas dasar itu, Rocky menilai orang yang melaporkan dirinya ke polisi itu keliru karena dia berada di sana dan berbicara karena undangan.

Selain itu, Rocky pun menyindir pelapor dirinya ke polisi memiliki kedangkalan ilmu akan dunia literasi, bahkan tidak pernah membaca buku sastra.

"Apa untungnya berdebat dengan orang yang tidak mengerti fungsi bahasa, enggak pernah baca sastra,enggak pernah ngalamin keindahan dalam imajinasi. Itu
repot. Jadi biar saja dilaporkan ke polisi, supaya polisi juga bisa bedakan nanti apa ini orang masuk akal atau akalnya di luar gitu, di luar artinya enggak ada di kepala," ujar Rocky.

Peyorasi Istilah Fiksi

Rocky mengatakan dirinya menyinggung kitab suci dalam program tersebut karena inginmenerangkan arti fiksi. Rocky sendiri menilai fiksi telah mengalami peyorasi akibat ulah politisi.

Adapun ulah politisi yang dimaksudkan adalah akibat ramainya perdebatan Indonesia Bubar 2030 yang ternyata adalah isi dalam novel fiksi berjudul Ghost Fleet: Novel of the Next World
War.

Ia mengakui di dalam kitab suci setiap agama ada yang faktual yakni kisah sejarah. Namun, dalam kitab suci pun ada pemaparan soal masa depan yang belum terjadi saat ini.

"Ada jejak arkeologis dari kitab suci, tetapi kitab suci itu intinya adalah yang di depan, ekstakologi.

Saya bilang, 'apa yg umat harapkan di depan, itu statusnya itu fiksional'..., tetapi [bagi] orang seperti pelapor fiksi artinya buruk dong," kata dia.

Rocky menegaskan Tuhan memberikan fiksi kepada manusia agar bisa berimajinasi. Sementara,
ketika orang menyebutkan fiksi sebagai hal buruk itu disebutnya menjadi indikator buruk tingkat literasi.

Saat menjadi narasumber dalam sebuah program televisi, Selasa (10/4), Rocky menyebut kitab suci sebagai fiksi. Dalam penjelasan selanjutnya, ia mengaku ingin meluruskan makna fiksi yang dinilai menjadi peyorasi akibat
ulah politisi.

Rocky pun meminta fiksi dibedakan dengan 'fiktif'.Dalam KBBI, ada tiga definisiuntuk fiksi: cerita rekaan (roman, novel, dan sebagainya); rekaan, khayalan,
tidak berdasarkan kenyataan;
pernyataan yang hanya berdasarkan khayalan atau pikiran.

Sementara fiktif didefinisikan: bersifat fiksi, hanya terdapat dalam khayalan.

Akibat pernyataannya tersebut, Rocky pun dilaporkan ke polisi dengan dugaan menyebarkan informasi bermotif SARA untuk
menimbulkan rasa kebencian. Dalam laporan itu Rocky dijerat ancaman pelanggaran Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang
Perubahan atas UU RI Nomor 11tahun 2008 tentang ITE. (kid)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...tab-suci-fiksi

Jadi gini.....

Quote:


Si gerung tidak spesifik menyebut kitab suci satu agama saja, tapi semua agama.

Dengan kata lain Weda, Tripitaka, Injil termasuk Alquran adalah kitab fiksi emoticon-Wakaka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 14
Rocky Gerung Klarifikasi soal Kitab Suci Fiksi
Diubah oleh babi.jijik
Jadiin pelajaran kedepannya ya bro... dan inget, lau bukan Nietzsche... emoticon-Angkat Beer
astajim, imajinasi itu adalah khayalan ya akhi rocky garong emoticon-Mad
Quote:


dia memang bukan Nietsche.karena dia cuman S1 sarjana sastra, tapi dia itu rocky garong profesor para nasbung emoticon-Mad
Quote:


di solatin kagak nih, wahai ?
Tujuannya rocky mau menghina apa gak? emoticon-Bingung (S)
Lah wong rocky cuma bikin kata "fiksi" menjadi bisa lebih di terima positif kok, makanya di taruhlah kitab suci disitu... Sebelumnya cebong2 nganggep kata fiksi itu ya fiktif, gak ada manfaat nya dan gak layak untuk disimak, bohong...
Maka, kitab suci yang di omongin di tambahi fiksi tidak serta merta menjadi negatif dan terhinakan, justru kalimatnya itu menambah khazanah wawasan tentang fictional sebuah sastra, dan menambah point positif dari sebuah karya fiksi.....

Cebong itu selalu nganggep buku2 tentang data dan fakta adalah dewa bagi otak nya.. Makanya gampang di boongin... Sementara fiksi yang memerukan mengolah pemikiran, mengolah logika dan imajinasi, di kesampingkan emoticon-Big Grin

Disini gerung mamaparkan dengan apik, apa sebenernya fiksi itu... emoticon-shakehand:
saking fiksinya jadi perlu direvisi agar supaya sehingga lebih kekinian seperti kejadian sekarang biar dianggap masuk akal



ayo segera revisi semua kitab suci semua agama



emoticon-Ngacir
kesimpulannya gini... buruan diklarifikasi, keburu indonesiah bubar..



leh uga
Rocky Gerung Klarifikasi soal Kitab Suci FiksiRocky Gerung Klarifikasi soal Kitab Suci Fiksi
Quote:


bangkeknye udah ambil kuliah eskatologi auto sholat, mandi dan gotong keranda sendiri sebanyak 9 SKS.ya akhi.emoticon-Mad
Quote:


berarti benar kata si hoktod, jangan mau dibohonginbpake ayat suci kitab fiksi karena dia tidak bermaksud menghina, cuma mengingatkan ya akhi emoticon-Mad
pokoknya nasbung harus marah emoticon-Mad
Quote:


Yg kena kasus penistaan juga banyak yg tujuannya bukan menghina agama.

Bilang ajalah karena satu gerbong terpaksa jilat ludah sendiri.

Beda kasusnya kalau yg bilang kitab fiksi itu dari kubu pemerintah emoticon-Wakaka
Ahok diduga menista 1 ayat di kitab suci = vonis 2 tahun
RG menista semua ayat dari kitab suci = bebas?

emoticon-Wakaka
Quote:


Hukum itu milik nasbung wahai akhi..
Makanya buruan jadi nasbung.
Nikmat nasbung mana yang kau dustakan?
hmm si gerung mo bilang manual book itu buku dongeng
cuma caranya pelan" dgn bersilat ludah emoticon-Big Grin
Quote:


Nggak juga nggak apa2.

Tapi anggapan Islam dijual murah demi syahwat politik itu makin kelihatan benar adanya.
katanya dia ndak pakai KBBI, tapi pakai dialektikanya sendiri tuk memaknai kata fiksi? helo pak gerung eloe tu cma lulusan s1, apa dasarnya eloe bisa memaknai kata fiksi lain dari KBBI?? pa gara2 nasbung dungumu sering memanggilmu prof, sehingga loe merasa memang prof emoticon-Wkwkwk
Quote:


wkwkwk mau bandingin?
Nih ahok --> niat nya jelas menghina tafsir alquran yang gak sesuai sama kehendak politik nya.... Yang ini gak usah di bahas lagi, dari ponpes2 yg adem ayem kayak tebu ireng pun ngeluarin fatwa penistaan. Salam 2 tahun..
Mendadak ada yg jilat prof gerung emoticon-Leh Uga
Nggak usah malu malu RG

Saya bisa paham lah yang anda maksud dengan fiksi

Jangan mau dibohongin pake fiksi
Halaman 1 dari 14


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di