alexa-tracking

Jaksa Tolak Pleidoi Novanto

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad09712c0d7701a188b456d/jaksa-tolak-pleidoi-novanto
Jaksa Tolak Pleidoi Novanto
Jaksa Tolak Pleidoi Novanto

Jakarta: Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menolak semua nota pembelaan (pleidoi) yang diajukan kubu terdakwa kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto. Jaksa tetap pada tuntutannya. 


Hal itu disampaikan Jaksa KPK, Hariawan Agusti Triartono menanggapi pleidoi yang diajukan Novanto maupun tim kuasa hukum Novanto. 


JPU menyoroti beberapa poin yang disampaikan kuasa hukum Novanto dalam pleidoi. Salah satunya soal keterangan Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Aris Budiman yang menyebut Johannes Marliem, mantan direktur perusahaan Biomorf Lone Mauritius yang belum pernah diperiksa KPK. 


Kuasa hukum Novanto sebelumnya menggangap rekaman suara Johannes, yang disebutsebagai saksi kunci dalam pengungkapan kasus korupsi KTP-el tidak sah. Namun, Hariawan menegaskan rekaman itu diperoleh dari Biro Investigasi AS, FBI. Rekaman itu juga sudah diperdengarkan di muka persidangan. 


'Seluruh bukti KPK didapat dari biro investigasi AS atas perintah pengadilan distrik California. Permintaan KPK resmi. Seluruh tindakan itu resmi untuk dapatkan bukti,' ujar Hariawan di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Jumat, 13 April 2018.




Jaksa Ahmad Basyir juga menepis pleidoi Novanto terkait adanya aliran uang USD2 juta. Novanto mengutip keterangan mantan Direktur PT Quadra Solution, Anang Sugiana yang menyebut adanya aliran uang ke Direktur PT Delta Energy, Made Oka Masagung sebesar USD2 juta untuk membeli saham Neuraltus Pharmaceutical milik Delta Energy. 


'Poin terdakwa mengenai aliran uang USD2 juta, tidak hanya mengandalkan keterangan saksi, tapi sebenarnya dibuktikan saham itu fiktif, karena dari rekening itu tidak ada pembelian saham itu,' ucap Basir


Dengan begitu, JPU menolak semua pleidoi yang diajukan kubu Novanto. Jaksa tetap meminta Novanto dituntut 16 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan. Novanto dinilai terbukti korupsi terkait proyek pengadaan KTP-el.


'Kami menolak seluruh nota pembelaan penasihat hukum, kami tetap pada tuntutan kami pada 29 Maret 2018,' kata Jaksa Hariawan.


Sidang lanjutan kasus Novanto akan kembali digelar pada Selasa, 24 April 2018. Sidang ini beragendakan vonis untu Novanto.


‎'Putusan tanggal 24 ya, karena Kamis ada kegiatan, Kamis mepet, harus pertimbangkan tuntutan pleidoi‎,' kata Ketua Majelis Hakim, Yanto.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/GN...leidoi-novanto

---