alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad091f454c07aeb498b4579/jawa-tengah-siap-pasok-bawang-merah-dan-cabai-ke-jakarta-selama-ramadhan

Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan

Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan

JPP, JAKARTA - Pasokan bahan kebutuhan pokok, antara lain bawang merah dan cabai, menjadi perhatian Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Untuk memastikan pasokan kedua bahan tersebut tersedia di Jakarta selama Ramadhan dan Lebaran 2018, Direktur Jenderal (Dirjen) Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi, melakukan pengecekan lapangan di sentra  produksi bawang merah dan cabai di Jawa Tengah, Kamis (12/4/2018).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (13/42018), Kementerian Pertanian memprediksi kebutuhan cabai selama bulan Ramadhan hingga Lebaran di DKI Jakarta yakni Mei-Juni 2018 untuk bawang merah sekitar 122 ton perhari dan aneka cabai berkisar 100 ton perhari.  "Kebutuhan ini akan dipasok terutama dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur ” terang Suwandi.

Menurut Suwandi, pasokan dua komoditi terseb ut akan dipenuhi dari  Jawa Tengah. Diantaranya dari Brebes,  Demak, Pati  Grobogan, Magelang dan lainnya.

Salah satu areal bawang merah ada di Demak dengan sebaran berada di beberapa Kecamatan Gajah, Mijen, Demak, Dempet, Wedung dan Karanganyar.  "Demak  luas panen bawang merah Mei 2018 nanti 1.279 hektar dengan hasil 9.713 ton setara 312 ton perhari. Ini termasuk produksi yang cukup tinggi" ujar  Wibowo, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak.

Sementara untuk cabai pada Mei nanti dipanen 105 hektare dengan produksi 239 ton setara pasokan 8 ton perhari.

Sementara itu di Grobogan juga sudah menyiapkan  pertanaman siap dipanen pada  Mei-Juni 2018 untuk bawang merah 173 hektare dan cabai 119 hektare.  "Dari luas panen tersebut Grobogan siap memasok bawang merah 25 ton perhari dan cabai 16 ton perhari" ungkap Imam Sudigdo, Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

Kurdi, petani champion bawang merah Kabupaten Grobogan mengatakan. tanaman bawang merah  tersebar di Kecamatan Klambu, Penawangan, Ngangringan dan Tanggungharjo, produktivitas 8-9 ton perhektare. Saat ini harga di petani dinilai memadai, yakni  berkisar Rp20.000-24.000 per kg.  "Para petani champion se Jawa Tengah siap memasok ke DKI dan usul agar ada lapak lapak di pasar DKI," katanya.

Di Kabupaten Blora juga terdapat sentra cabai. Puji Ariyanto Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora mengatakan, produktivitas bawang merah di Blora 10 ton perhaktare dan siap memasok 6 ton perhari. "Sedangkan untuk cabai produktivitasnya 9 ton perhektar dan siap pasok 8 ton perhari" terangnya. (tan)


Sumber : https://jpp.go.id/ekonomi/pertanian/...elama-ramadhan

---

Kumpulan Berita Terkait EKONOMI :

- Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan Tol Penghubung Jateng-Jatim Operasional Saat Mudik 2018

- Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan Tol Jombang-Mojokerto Siap Layani Arus Mudik 2018

- Jawa Tengah Siap Pasok Bawang Merah dan Cabai ke Jakarta Selama Ramadhan Buku Pemikiran Islam Indonesia Berpeluang di Pasar Global

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di