alexa-tracking

Kivlan Zen Sebut Gatot Nurmantyo Banyak Uang, Terbongkar Ini Bisnisnya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0915d5c779855658b4568/kivlan-zen-sebut-gatot-nurmantyo-banyak-uang-terbongkar-ini-bisnisnya
Kivlan Zen Sebut Gatot Nurmantyo Banyak Uang, Terbongkar Ini Bisnisnya
Kivlan Zen Sebut Gatot Nurmantyo Banyak Uang, Terbongkar Ini Bisnisnya
Hubungan akrab sejak lama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan pengusaha Tomy Winata mulai tercuat akhir-akhir ini. Gatot Nurmantyo pun mengakui kedekatannya dengan pengusaha Artha Graha Group Tomy Winata.
Gatot pun tak sungkan menyanjung Tomy Winata,  “Persahabatan saya dengan dia melebihi yang lain,” katanya di kantor Tempo pada Selasa pekan lalu.
Mayjen (Purn) Kivlan Zein sempat menyatakan bahwa modal (uang) Gatot lebih banyak dari mantan Danjen Komando Pasukan Khusus (Kopasus), pendiri sekaligus Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto, apabila mantan Panglima TNI itu siap bertarung dalam Pilpres 2019.
“Jumlah uangnya saya tahu melebihi uang Prabowo saat ini. Cuma sekarang dia butuh meyakinkan untuk dapat partai. Kalau PKB dan PPP enggak cukup,” tutur mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat ini dalam diskusi kebangsaan yang bertema “Hukum dan Perilaku Kekuasaan, , Jumat 2 Maret 2018 lalu.
Pernyataan Kivlan terhubung dengan spekulasi sejumlah orang yang menyatakan bahwa ada Tomy Winata di belakang Gatot Nurmantyo. Sejumlah orang dekat Tommy bahkan menyatakan bahwa taipan ini siap membantu Gatot dengan cara apa saja jika Gatot menjadi calon presiden.
Namun Tomy, seperti dilansir majalah Tempo 1 April 2018 tak menjawab ketika dimintai konfirmasi soal janjinya ini. Sementara Gatot mengaku tidak tahu soal janji Tommy itu.
Spekulasi adanya Tomy yang identik dengan “Sembilan Naga” di belakang Gatot terungkap dari reportase majalah Tempo, edisi 1 April 2018. Gatot mengaku kenal dekat melebihi yang lain dengan pengusaha keturunan (Tionghoa) ini sejak dirinya menjadi ajudan Pangdam III Siliwangi, Edi Sudrajat pada 1982 silam.

“Persahabatan saya dengan dia melebihi yang lain,” katanya.

Bisnis Tomy Winata memang banyak ditopang tentara sejak Orde Baru. Kedekatannya dengan petinggi di Angkatan Darat khususnya sejak 1970-an tidak diragukan lagi. Namun ia mengatakan kerja sama tersebut dilakukan secara resmi dan lewat tender.

Saat mengakuisisi Bank Artha Prima pada 1997, Tomy melibatkan Gatot Nurmantyo sebagai Komisaris Utama Bank Artha Pratama yang dimerger dengan Artha Prima.

Politisi Gerinda yang pernah menjadi pengacara Tomy membenarkan kedekatan bekas kliennya itu dengan Gatot Nurmantyo

“Mereka berdua memang dekat sejak dulu,” tutur Wakil Ketua Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat ini. Karena kedekatan itulah, kata Desmond, Tomy acap mengundang Gatot ke acara perusahaannya.

Kedekatan Gatot dan Tomy Winata tersebut meluncurkan spekulasi bahwa akses-akses bisnis Tomy Winata selama ini dikawal bahkan didorong oleh Gatot Nurmantyo seperti pada pengadaan di tubuh TNI ditengarai Gatot mendapatkan fee sebesar 15% per tender yang dimenangkan grup Tomy.

Demikian juga keberhasilan Tomy Winata berhasil menggusur kawasan Sudirman Business Central District SBCD dari yang hingga saat ini telah mencapai 45 Ha dari lahan awal kurang dari 5 Ha pada tahun 1990an.
Saat kasus dana suap cek pelawat (travellers cheque) dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior (DGS) BI yang menjerat 26 anggota DPR RI nama Gatot Nurmantyo juga tercatat sebagai sekretaris komisaris Bank Artha Graha.

Dalam persidangan empat mantan anggota DPR yang telah divonis sebelumnya, diketahui pembelian cek pelawat dilakukan oleh Bank Artha Graha pada 8 Juni 2004 ke PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk, atas permintaan (order) dari PT First Mujur Plantation and Industry. Perusahaan ini juga dimiliki oleh Tomy Winata, yang juga pemilik Bank Artha Graha. Namun, Tomy Winata, Wakil Komisaris Utama Artha Graha, pernah membantah kepada tempo adanya keterlibatan banknya dalam kasus dugaan penyuapan anggota DPR.

Hingga empat mantan anggota DPR itu divonis, belum terungkap bagaimana cek sebanyak 480 lembar tersebut sampai itu sampai ke tangan Nunun N. Daradjatun, istri mantan Waka Polri Adang Daradjatun. Di pengadilan terungkap jika Nunun lah yang memerintahkan anak buahnya Arie Malangjudo untuk membagi-bagikan ratusan lembaran cek tersebut kepada anggota Komisi IX DPR periode 199-2004, sebelum melaksanakan pemilihan pejabat DGS BI pada pertengahan Juni 2004. Pemilihan tiga calon itu sendiri, akhirnya dimenangkan Miranda Swaray Doeltom.
Bos Artha Graha tersebut juga sempat diperiksa oleh KPK pada 29 November 2006 selama 5 jam namun hingga saat ini kasus tersebut tidak menjeratnya.

Sumber Berita

Ini Seriusan Kah?
emoticon-Hansipemoticon-Hansipemoticon-Hansip
Kivlan???
Iyain aja apa kata si engkong
FIX gw blacklist gatot emoticon-Nyepi
Memusuhi kafir, salah, anti kebhinnekaan namanya.
Berteman dengan kafir, salah juga.

Nastak maunya gimana?
Ahok jadi gubernur lagi?


emoticon-Ngakak
Bisa dong om atot beli suara partai gurem 😂
Yakin bintang 2 gincuan nantangin bintang 4 emas emoticon-Big Grin
Nasbung makin tambah bingung dong nih emoticon-Ngakak
Hmmmm... Masa sih
nikmat duit kafir mana lagi yg ingin kau dustaiemoticon-Ngakak
Gatot sama TW memang sahabat karib.
saat artha graha bebasin SCBD sudirman Gatot nurmantyo masih di papua
Quote:


wowo juga sobatan sm tw & aguan juga tuh emoticon-Ngakak
yang nyinyir sama gatot berarti tidak gatot tunggal ika
Quote:


bintang dua pecatan pulak.. dilepeh lah ama atot emoticon-Big Grin
Quote:

Jadi gimana ini?
Pro Islam pecah didalemnya ya?


Quote:


bagus dong punya bnyk duit

siapapun presidennya yg menang bukan kowi

catat emoticon-Cool







nastaik uda.mulai cari boroknye gatot emoticon-Leh Uga
nasbung masih terguncang
gak tau musti bilang apa...

emoticon-Leh Uga
Wowww .. mulai dech bongkar2 ...
emoticon-Wakaka

Duel cukong nih
TW vs JR vs HD
truz yakin sokong gatot ke pilpres ?
tw jg ada diblkg wiwi lho pas 2014 emoticon-Big Grin
apa untungnya gandeng org baru ?emoticon-Big Grin
kalo ke CAwapres mgkn iya emoticon-Big Grin