alexa-tracking

Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0845cd9d770302c8b4567/motor-awet-adalah-cerminan-pemakainya-setuju
Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?

Hai agan/sista semuanyaaa~


Siapa yang tak kenal motor? Kendaraan roda ini adalah salah satu alat transportasi yang tak lekang dimakan zaman dan menjadi favorit banyak orang. Masih eksis hingga saat ini, motor kini hadir dengan berbagai perkembangan baik secara model maupun typenya tersendiri. Hebatnya, harganya pun bisa dibilang cukup terjangkau


Meskipun kalo ngomongin soal motor, kita gaboleh ngelupain cara ngerawatnya. Motor itu bisa diibaratkan seperti manusia Bro, semakin dirawat akan semakin terjaga dan begitupun sebaliknya jika semakin tidak dirawat akan muncul pula kerusakan dan gangguan pada bagian tertentu.


Dan kalo ngomongin soal motor, kita pasti gabakal ngelupain cara ngerawatnya. Motor itu sama persisnya dengan barang kesayangan yang agan punya. Semakin sering kita merawatnya, semakin terjaga motor yang kita gunakan setiap harinya. Banyak juga orang yang mempertanyakan bahwa motor awet adalah cerminan dari pemakainya. 


Nah kalo agan sendiri setuju gak sama hal ini? Pada dasarnya hal ini bisa dibilang benar, namun agan perlu tahu kalo motor yang awet itu punya beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali. Nah, disini ane mau share apa aja ciri-cirinya. Cekidot dulu deh gan: D


Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?


1. Mesin Selalu Prima

Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?

Kalo kita ngomongin soal motor yang awet, pasti gabakal jauh-jauh dari mesin motornya yang prima. Apa sih mesin motor yang prima itu? Mesin prima sendiri bisa diartiin tidak mudah rusak dan enteng pengunaan saat sedang kita mengendarainya. Mesin yang prima ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya memanaskan motor yang rutin setiap ingin digunakan.


Biasanya, banyak dari kita (termasuk ane dulu) malas untuk memanaskan motor saat sedang ingin digunakan. Padahal manfaatnya penting banget untuk mastiin motor yang agan gunakan untuk berkendara selalu punya tenaga maksimal saat di jalan. Motor yang sering dipanaskan juga biasanya lebih nyaman untuk digunakan.


Makanya, biasakan menyisihkan waktu setiap harinya untuk memanaskan motor saat agan ingin memulai aktivitas. Sisakan 5 – 8 menit setiap harinya untuk memanaskan motor. Dan juga jangan lupa gan, selalu usahakan memanaskan motor dengan engkolnya atau kick starter buat ngejaga aki tetap awet.


Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?


2. Tidak Cepat Panas

Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?

Ciri- ciri mudah untuk tahu apakah mesin motor agan awet atau tidak adalah tidak cepat panas atau overheat. Overheat sendiri adalah kerusakan yang terjadi pada komponen di dalam mesin motor yang mengakibatkan mesin motor jadi cepat panas saat sedang digunakan.


Tentu aja masalah overheat ini bukan hanya membahayakan agan saat berkendara, tapi juga punya pengaruh buruk pada mesin motor. Mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan beberapa komponen dalam mesin bergesekan, dan fatalnya ngebuat komponen jadi cepat berkarat atau rusak.


Gak hanya itu, tarikan motor agan juga pastinya ga semaksimal seperti saat pertama kali digunakan. Tarikan yang tidak maksimal yang ngebuat berkendara jadi gak nyaman saat berkendara. Dampaknya, pengunaan gas di motor yang agan juga juga tadi sempurna seperti biasanya.


Dan yang paling pentingnya, ketika mesin motor overheat bisa menyebabkan kendaraan agan berasap dan jadi cepat mogok. Ga enak banget pastinya? Makanya sering-sering cek pengunaan oli pada motor agan karena hal ini bisa disebabkan oleh jarangnya mengganti oli.


Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?


3. Rajin Diganti Olinya

Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?

Gak bisa dipungkiri lagi, motor yang awet pasti rajin diganti olinya. Ya, pemilik motor yang rajin mengganti oli pasti ngerasain hal ini, iyakan gan? Memang oli punya peran penting pada motor. Cairan motor ini utamanya menjaga mesin motor tetap awet saat digunakan. 


Oli juga jadi komponen penting yang mastiin kalo mesin motor agan tetap awet dan jadi tidak cepet panas atau overheat, membuat bahan bakar yang digunakan juga tetap irit, dan pastinya bikin tarikan motor juga tetap enteng seperti saat lo menggunakannya pertama kali Bro.


Hebatnya lagi, oli itu sendiri menjaga pembakaran pada mesin motor tetap berjalan dengan baik dan fungsi pelumasannya juga stabil setiap saat. Jika fungsi pelumasan pada motor berjalan dengan baik, pastinya gesekan antar komponen dalam mesin yang bisa menyebabkan kerusakan bakal bekurang.

 

Dan jangan lupa gan, pemilihan oli motor juga cukup penting untuk dapat memastikan motor tetap awet. Pastikan agan elalu memilih oli yang memang sudah sesuai dengan spesifikasi motor yang lo gunakan atau jika agan bingung gunakan sesuai dari produsen motor sendiri.


Kalo ane, karena pake motor matic biasanya pakai Eni Oil (dulu namanya Agip), karena udah terbukti kualitasnya cocok buat motor yang digunain. Mulai dari ngejaga tarikan motor yang tetap enteng, mesin motor juga gak jadi cepet panas, dan bahan bakar juga irit pas saat digunakan itu semua ane rasain pas pake Eni Oil.


Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?


Nah itu tadi beberapa ciri-ciri motor yang awet. Pada dasarnya itu semua emang tergantung dari pengunaan si pemiliknya. 


Kalo agan tahu ciri-ciri motor awet lainnya? 

Boleh banget nih share di kolom komentar emoticon-Big Grin


emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

Reserved!
emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir
Ane gak bisa bawa motor...
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju? Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju? Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju? Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju? Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
ngiklan lu bangshat emoticon-Marah
wah ini nih yang harusnya dilakukan oleh semua pengguna kendaraan PRIBADI maupun kendaraan UMUM
untuk kendaraan PRIBADI tolong lah dirawat dengan baik kendaraannya masing-masin karena kalo kendaraan ente-ente pada rusak di tengah jalan dan menyebabkan kerugian dipihak lain karena ente-ente ga ngerawat kendaraan, gimana perasaannya kalo ente yang berada dipihak yang dirugikan ?
dan untuk kendaraan UMUM sama lah harusnya dirawat dengan baik, ini kendaraan UMUM loh membawa masyarakat umum, banyak nyawa yang terangkutkan, kalo terjadi apa-apa yang merugikan kan yang rugi banyak bukan yang punya/supirnya doang yang rugi, yang naik juga, belum lagi orang lain yang dirugikan dengan hal lain
ane paling ga suka kalo lagi naik motor terus di depan ada motor berasap gitu GANGGU woi, terus naik motor jatoh gara-gara rantai putus kan ngerugiin yang di belakang kalo nabrak ?
semua kembali ke kesadaran masing-masing, toh ga sulit kan merawat kendaraan, bengkel juga ada kok dimana-mana, harganya juga ga mahal-mahal amat,minimal mah service dan ganti oli lah jangan lupa dicuci, kalo ada yang rusak ya DIGANTI,bannya jangan lupa dicek-isi ulang anging-kalo botak ya DIGANTI, beli kendaraan sih mau tapi masa ngerawatnya ga mau ?
emoticon-Cool
kagak usah dipake masukin lemari kaca















emoticon-Cool
Abis ada thread, "Cowok Anda Pandai Merawat Motor Segera Nikahi Dia."
ujungny ngiklan emoticon-Hammer2
Quote:


Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
setuju bre. kalo motor cepat buluk pasti orangnya buluk 😂
sudah kuduga tujuan trit iniemoticon-Big Grin




iklanemoticon-Blue Guy Bata (L)
motor ane udah 10 tahun, tapi tarikan dan akselerasinya masih mantap, karena diservice tiap tahun sekali di bengkel resmi...apalagi kalo udah dicuci udah kek baru lagi breemoticon-Jempol
kontoru
Kalo kendaraan ane selalu Ane anggap pacar jadi selalu dirawat dan disayangemoticon-Big Grin

Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
Adek punya cuman cepeda


3. Rajin Diganti Olinya

Ganti oli memang mesti rajin, kalo bisa 3x sehari , itu sudah cukup. Ga perlu juga terlalu berlebihan emoticon-Traveller
Quote:


Dah ngga botak lagi ?
Quote:



Motor Awet Adalah Cerminan Pemakainya, Setuju?
Om, mintag uwit jajan

iklan oli
Hdhdndkjdnmd emoticon-Cool