alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Posisi Utang Indonesia Masih Aman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad07b71582b2e12508b456b/posisi-utang-indonesia-masih-aman

Posisi Utang Indonesia Masih Aman

Posisi Utang Indonesia Masih Aman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemerintah memberikan kepastian utang Indonesia masih dalam posisi aman, dikelola dengan baik, digunakan untuk belanja-belanja yang produktif. Dan dapat digunakan untuk generasi yang sekarang atau mendatang. Hal ini disampaikan Direktur Kementerian Keuangan Suminto.

DijelskanIndonesia beruntung bahwa selepas krisis keungan setelah tahun 1998 dapat melakukan reformasi yang luar biasa, termasuk reformasi pengelolaan keuangan. Tahun 2003, dikeluarkan UU 17 tentang keuangan, yang kemudian pada tahun 2004 dikeluarkan UU Perbendaharaan dan Pertanggung Jawaban keuangan Negara.

"UU yang kita keluarkan tahun 2003 dan 2004 menjadi pedoman bagi pemerintah dalam mengelola keuangan negara, secara hati hati, produktif," katanya dalam diskusi yang dilaksanakan DPP Taruna Merah Putih (TMP) yang dipimpin Maruarar Sirait dengan tema 'Menakar Utang Jokowi" di Kantor DPP Taruna Merah Putih, Kamis (12/4/2018) kemarin.

Dijelaskan, rasio utang Indonesia terhadap PDB sangat rendah bila dibandingkan dengan negara lain. Rasio utang Indonesia terhadap PDB pada tahun 2017 adalah 29,2 persen. Sementara itu, Jepang 239 persen terhadap PDB; Amerika Serikat 107 persen terhadap PDB; dan Inggris 89 persen terhadap PDB.

Posisi Indonesia pun masih baik dibandingkan negara lain. Indonesia (28), Brazil (78), India (70), Vietnam (52), Mexico (58), Malaysia (56), Argentina (51), Afrika Selatan (50), Thailand (42), Filipina (34), Turki (29).

Menurutnya, Indonesia juga perlu bersyukur karena kinerja perekonomian sangat baik. Dalam 10 tahun terakhir pertumbuhan ekonomi 5 persen, yang merupakan pertumbuhan yang sangat tinggi di antara negara-negara lain seperti diantara negara G20.

Indonesia ada investment great yang artinya layak investasi (aman) dan uang pasti akan kembali. Pemerintah, jelasnya, melakukan reformasi yang luar biasa dengan memberikan kemudahan-kemudahan seperti dalam pemberian ijin usaha. Indonesia pun semakin kompetitif.

"Utang yang baik adalah jika itu menguntungkan dan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan juga nanti nya, sehingga utang pun bisa dikembalikan," ungkapnya.


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...sia-masih-aman

---

Baca Juga :

- Pemerintah Indonesia Nilai Jawaban Facebook Terkait Kebocoran Data Pengguna Masih Belum Lengkap

- PSI Nilai Kritik Kubu Oposisi kepada Kebijakan Pemerintah Tidak Tepat

- FIFA Rilis Peringkat Dunia Terbaru! Indonesia Adem Ayem di Tempatnya, Belgia Naik ke Posisi 3

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di