alexa-tracking

Pertamina Keluhkan rugi jual Pertalite, Pemerintah tidak percaya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad05ee9c1d7708a258b456e/pertamina-keluhkan-rugi-jual-pertalite-pemerintah-tidak-percaya
Pertamina Keluhkan rugi jual Pertalite, Pemerintah tidak percaya
Pertamina Keluhkan rugi jual Pertalite, Pemerintah tidak percaya

JAKARTA (INDOPETRO)- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meragukan PT Pertamina (Persero) mengalami kerugian saat menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Disebutkan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Djoko Siswanto, formula harga Pertalite sudah memperhitungkan margin badan usaha.

“Tidak mungkin (rugi), bisnis apa yang menggiurkan kayak begitu?” kata Djoko di Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Menurutnya BBM merupakan hajat hidup orang banyak, jadi tidak mungkin Pertamina rugi berjualan Pertalite karena sudah pasti banyak peminatnya. Apalagi tahun 2016, lanjutnya, dividen yang dapat dihasilkan Pertamina melalui penjualan Pertalite mencapai Rp 12,1 triliun. Artinya masih bisa menghasilkan laba.

Selain itu, selama ini Pertamina bisa mendapatkan margin minimal 5% dan maksimal 10% dari menjual BBM nonsubsidi. Sehingga dalam 20 hari Pertamina dinilai sudah balik modal dalam menjual Pertalite.

Djoko mengatakan selama ini Pertamina mengambil margin 5-10% karena belum bisa efisien dalam menekan biaya. Salah satu contoh biayanya untuk distribusi BBM. Kebijakan itu tidak akan membuat Pertamina rugi.

“Dia bisa mengajukan sampai 10 persen, tapi harus dapat persetujuan menteri. Ini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), bukan industri,” kata Djoko.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan harga keekonomian Pertalite saat ini seharusnya Rp 8.000 per liter. Namun, yang dijual ke masyarakat hanya sekitar Rp 7.800 per liter. Dengan demikian Pertamina merugi Rp 200 per liter untuk penjualan Pertalite. Ini memberatkan, apalagi dalam kondisi harga minyak dunia yang terus naik.

rugi, rugi dan rugi terus emoticon-Big Grin
klo diminta laporan keuangan, baik itu Pertamina to PLN, selalu aja kasih laporan "rugi" emoticon-Leh Uga
Itu settingan gan
emoticon-Wow
Quote:


Kalo pln rugi wajar brooo, over supply

Cadangan Listrik 40 Persen Nganggur, Dirut PLN: Tambah Jumlah AC
https://bisnis.tempo.co/read/1034477/cadangan-listrik-40-persen-nganggur-dirut-pln-tambah-jumlah-ac
.
bagi pertamina, profit turun dihitung sebagai rugi
.
biji emoticon-fuck2
bubarkan pertamintul emoticon-Big Grin
turunin aja gaji pegawainya kalo ngak mau rugi emoticon-Matabelo
emang pertalite gak laku?
minyaknya pak bewok tuhemoticon-Mad (S)
rugi mulu, kapan bangkrutnya sih?
udahlah nih BUMN suruh gulung tikar aja daripada ngebebanin APBN terus, biar pemain macam exxon, chevron, BP dan Shell yang main dari hulu sampai hilir, kemen ESDM dan skk migas bagian pemantau aja dan regulasi harganya supaya tetap bersaing emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
BUMN dan BUMD jadi parasit/sapi perah tapi begitu mau dijual teriak2 anti aseng emoticon-Cape deeehh
negara kok berbisnis, mang ga cukup dari pajak\
BUMN ini gak usah dibahas... dari jaman bosnya si ibnu sutowo emang udah gak bener...

untuk karyawan sok baik selalu bagi bonus padahal yg dihabisin duit negara bukan duit hasil cari keuntungan produksi dia sendiri
gaji besar. kilang kuno emoticon-Big Grin

Coba permudah ijin kilang swasta emoticon-Big Grin
Masuk ke guiness world. Dari dulu rugi melulu tapi gak bangkrut.
Enak ya profit gag sesuai perkiraan di itung rugi, padahal ini bbm poko, kebutuhan orang banyak

Berarti usaha ane yg cuman nyampek target 80% sudah rugi 20% dunk emoticon-Hammer2
kalo rugi mending bubarin aja nih perusahaan.
Quote:


wakaka PERTAMINTOLOL..! emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Menjelang pilpres cuk. Setoran harus ditambah dong! emoticon-Leh Uga