alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Tribunnews.com /
Satu Lagi Pemain Asing di Liga 1 Ingin Dinaturalisasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0557f12e257095c8b457a/satu-lagi-pemain-asing-di-liga-1-ingin-dinaturalisasi

Satu Lagi Pemain Asing di Liga 1 Ingin Dinaturalisasi

Satu Lagi Pemain Asing di Liga 1 Ingin Dinaturalisasi

TRIBUNNEWS.COM, TENGGARONG - Penjaga gawang asal Korea Selatan yang kini memperkuat Mitra Kukar, Yoo Jae-Hoon, mengaku ingin dinaturalisasi menjadi jadi warga negara Indonesia.

Pemain kelahiran 7 Juli 1983 itu pertama bermain di Indonesia, memperkuat tim asal Papua, Persipura Jayapura.

Saat itu dia sempat berlatih bersama Persela Lamongan sebelum memilih bermain untuk Tim Mutiara Hitam.

Yoo mengaku, kini ia sudah betah di Indonesia, bukan hanya mencari nafkah di Indonesia saja, tapi lebih dari itu.

"Pertama ke sini mungkin karena uang, mencari yang berani mengontrak saya dengan nominal yang lebih tinggi. Tapi setelah lama di Indonesia, saya jadi cinta Indonesia," kata Yoo, di Hotel Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Rabu (11/4).

Kecintaanya kepada Indonesia di awali saat bermain di Persipura. Persipura baginya bukan, hanya sekedar tim tapi sudah menjadi keluarga.

"Memang pernah saat bermain di Persipura ada tim dari luar, yang ingin mengontrak lebih tinggi. Tapi saya tidak mau, karena itu bukan hanya sekedar uang," kata pemilik nomor 1, di tim Mitra Kukar ini.

Baca: Peringatan! Sering Bangun Siang Bikin Umur Anda Makin Pendek

Baca: Fredrich Yunadi Terusik Jaksa Selalu Ulang Perkataan Benjolan Sebesar Bakpao

Yoo mengaku, memang dengan usianha sekarang, jika naturalisasi tidak lama lagi ia akan pensiun sebagai pemain sepak bola.

"Tapi jika naturalisasi, mungkin nantinya bisa membantu sepak bola Indonesia, untuk mengabdi, seperti jadi pelatih atau lainnya," ujar Yoo.

Tapi ia mengaku, tidak tahu akan naturalisai kapan. Setelahnya ia berada di Indonesia sekitar 8 tahun, ia telah pasih berbahasa Indonesia.

"Gak tahu, naturalisasi kapan, dan itu banyak yang menanyakannya kepada saya, mungkin besok, lusa atau kapan, saya tidak tahu," ujar Yoo, seraya bergurau.

Yoo mengatakan, mungkin jika ia nantinya menjadi pelatih kiper, sudah seperti pelatih lokal tidak seperti pelatih asing. Sebab ia sudah tahu, karakter, budaya di Indonesia.

"Mungkin saya sama seperti pelatih lokal, karena tidak perlu adaptasi, sebab sudah tahu budaya Indonesia seperti apa," ujarnya sambil tersenyum.

Tim Indonesia yang pertama diperkuat Yoo, yakni Persipura menurutnya, itu sudah seperti keluarga, biasanya ada pendatang dari luar untuk adaptasinya itu susah, tapi sekarang sudah mudah baginya.

"Itu semua berkat mereka (tim Persipura) yang bantu saya, sudah seperti sodara layaknya papa dan om saya, jadi bisa adaptasi dengan cepat, saya sangat nyaman betah di sana," kata dia.

Baca: Menilai Langkah Mario Gomez di JDT & Persib Bandung, Duet Bomber Ini Dijamin Bikin Beruntung?

Maka Yoo mengaku, sekarang main di tim manapun di Indonesia, tidak butuh adaptasi, karena waktu itu di Persipura, mereka membantunya.

"Saya jadi sekarang tidak butuh adaptasi lagi, di Mitra Kukar juga gampang, cepat akrab sama pemain dan pelatih, karena sudah kenal," kata Yoo.

Memang diakui, Yoo,,awal kedatangannya ke Indonesia sangat sulit untuk adaptasi.

"Sebelum ke Persipura, aku sepat Persela Lamongan, di situ pulang kembali ke Korea, karena kontraknya tidak cocok," kata dia.

Saat pertama, kedatangan Yoo ke Inodonesia, itu tidak bisa adaptasi makanan.

"Makan apa-apa tidak bisa, saya pikit aduh saya gk bisa saya mau pulang, trus besok tidak cocok kontraknya sudah ak gak mau mikir lagi langsung pulang," kata dia.

Setelah tidak cocok kontrak dengan Persela, Yok kembali lagi ke Indonesia, karena ada tawaran di Persipura dan merasa cocok kontraknya, lalu ia memperkuat Persipura selama 8 tahun.

"Saya bisa makan, makanan Indonsesia semua waktu di Papua, di sana sering makan papeda, soto, coto, sate apa aja bisa sudah terbiasa. Sekarang untuk adaptasi makanan sudah terbiasa gak ada masalah," ucapnya. (lutfi ahmad mauludin)


Sumber : http://www.tribunnews.com/superskor/...dinaturalisasi

---

Baca Juga :

- Persib Bandung Ingin Gunakan Stadion Arcamanik sebagai Tempat Latihan Rutin

- Duet Ezechiel N'Douassel-Jonathan Bauman Dinilai Tak Menakutkan

- Kekalahan Arema dari Borneo FC Diakui Mario Gomez Persulit Tekad Menang Persib Bandung

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di