alexa-tracking

Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad030e0582b2e84738b4581/moodys-kembali-naikkan-peringkat-utang-ri
Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI
Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI
Jakarta - Lembaga pemeringkat Moody's Investor Service (Moody's) meningkatkan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia dari Baa3/Outlook Positif menjadi Baa2/Outlook Stabil pada 13 April 2018.

"Faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah kerangka kebijakan yang kredibel dan efektif yang dinilai kondusif bagi stabilitas makroekonomi," tulis keterangan Moody's yang dikutip detikFinance, Jumat (13/4/2018). 

Baca juga: Utang Jatuh Tempo Pemerintah Tahun Ini Rp 400 Triliun


Selain itu, peningkatan cadangan devisa dan penerapan kebijakan fiskal dan moneter yang berhati-hati tersebut memperkuat ketahanan dan kapasitas Indonesia dalam menghadapi gejolak eksternal.

Di sisi fiskal, pemerintah dinilai mampu menjaga fiskal defisit di bawah batas 3% sejak 2003. Defisit yang dapat dipertahankan di level rendah dan didukung oleh pembiayaan yang bersifat jangka panjang dapat menjaga beban utang tetap rendah sehingga mengurangi kebutuhan dan risiko pembiayaan. 

Di sisi moneter, Bank Indonesia (BI) telah menunjukkan rekam jejak dalam memprioritaskan stabilitas makro ekonomi. Penerapan kebijakan nilai tukar fleksibel dan koordinasi kebijakan yang lebih efektif antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dinilai mampu menjaga inflasi di level yang cukup rendah dan stabil. 

BI juga semakin aktif menggunakan instrumen makroprudensial dalam menghadapi gejolak. Perbaikan posisi eksternal dan bertambahnya cadangan devisa memperkuat ketahanan terhadap potensi gejolak eksternal.

Gubernur BI Agus Martowardojo dalam keterangannya menyatakan perbaikan peringkat utang tersebut merupakan yang tertinggi yang pernah dicapai Indonesia dari Moody's. 

"Dengan perbaikan rating ke level Baa2 oleh Moody's, kini Indonesia telah diakui oleh empat lembaga rating internasional berada pada satu tingkat lebih tinggi dari level Investment Grade sebelumnya. Rating tersebut adalah level tertinggi yang pernah dicapai oleh Indonesia dari Moody's," kata Agus.

Baca juga: Apakah Utang Rp 4.000 T Bakal Bikin Bangkrut RI?


Pencapaian ini merupakan suatu prestasi besar di tengah masih berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global yang mempengaruhi perkembangan ekonomi di kawasan. Hal ini dapat terwujud melalui konsistensi upaya BI bersama dengan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. 

"Dalam kaitan ini, BI akan terus mewaspadai peningkatan risiko global dan mengoptimalkan bauran kebijakan termasuk kebijakan makroprudensial dan pendalaman pasar keuangan dalam menjaga stabilitas perekonomian yang menjadi landasan utama bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, dan inklusif," tutur Agus.

Moody's sebelumnya memperbaiki outlook SCR Republik Indonesia dari Stable menjadi Positive, sekaligus mengafirmasi rating pada Baa3 (Investment Grade) pada 8 Februari 2017. 
https://m.detik.com/finance/berita-e...ngkat-utang-ri
image-url-apps
Quote:


Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI
Quote:


kagak baca berita gan? emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
menuju negara maju 2045



leh uga
Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI
image-url-apps
wowo makin glagepan lawan jokowi, apalagi cawapresnya antek pks, nyungsep ke inti bumi emoticon-Wkwkwk
wah gimana tuh?
utang sampe 4000T tapi koq peringakt utang makin bagus?
makin dipercaya?

Quote:

Faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah kerangka kebijakan yang kredibel dan efektif yang dinilai kondusif bagi stabilitas makroekonomi,"

jadi pembangunan infrastruktur gak sia - sia

image-url-apps
Quote:


boss moody di pinjemin tsamara seminggu
emoticon-Leh Uga
Quote:


btul... padahal udah dijelaskan berkali2... prinsip kehati2an selalu dipegang, dan rasio utang itu masih jauh di bawah yg ditetapkan UU....
pembangunan infra bakal terasa nanti setelah 2-3 tahun selesai....
ini yg ga dipikirkan...
cm pikir buat apa bangun infra di sana sini?

image-url-apps
Quote:


tetangga kita filipina dah dari 2010/2011 mereformasi ekonominya,termasuk diakuinya investment grade dr lembaga2 peringkat internasional..kini filipina menikmati pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dr negara2 asean lainnya..waktu yg akan membuktikan indonesia
image-url-apps
Makin meroket

Moody's Kembali Naikkan Peringkat Utang RI
Quote:


masa mau ama tsamara?
mending kasih pinjem lucinta aja kali....
tsamara tipe kutilang darat.....

napa smiley gue dilangin yah?
ga bisa pake?


image-url-apps
Quote:


smiley lo bikin bocah bocah pada sawan
makanya diilangin emoticon-Big Grin
kwkwwk saat agus mau cabut, peringkat naik.. sign to sell emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


lu ngerti kaga?
image-url-apps
Quote:


ijin copy gan. emoticon-Peace
image-url-apps
Uangnya ada tinggal kita mau ngutang apa nggak emoticon-Angkat Beer
Quote:


masih aja gk ngerti soal hutang ini...cape de...percaya sama Mulyani dan Jokowi deh...

kira-kira besok mau ngutang agi nih????
maksudnya moody's ini apa sih ?

suruh ngutang lagi ?
×