alexa-tracking

Baca Pleidoi, Novanto Kutip Ayat Alquran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad0252b6208815a5e8b4586/baca-pleidoi-novanto-kutip-ayat-alquran
Baca Pleidoi, Novanto Kutip Ayat Alquran
image-url-apps
Baca Pleidoi, Novanto Kutip Ayat Alquran

Jakarta: Terdakwa kasus korupsi proyek kartu tanda penduduk berbasis elektronik (KTP-el), Setya Novanto mulai membacakan nota pembelaan pribadinya. Novanto membuka pleidoi dengan mengutip ayat kitab suci Alquran.


Sebelum mulai membacakan pleidoi, Novanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses persidangan kasusnya.


'Saya sampaikan apresiasi yang mendalam kepada majelis hakim yang memimpin persidangan, sehingga persidangan berjalan adil dan berimbang,' kata Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat, 13 April 2018.


Novanto mengatakan keadilan adalah perintah dari Allah SWT. Hal itu tertuang dalam Alquran surat An-Nisa ayat 58.


'Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat,' ujar Novanto.


Baca juga: Novanto Sampaikan Pembelaan Hari Ini


Novanto juga meminta maaf kepada majelis hakim apabila selama proses tersebut terdapat perbuatannya yang tidak kooperatif. Ia juga turut meminta maaf kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK.


'Apabila terdapat kata-kata yang tidak mengenakan dan jika selama ini ada sikap yang terasa kurang tepat selama persidangan terlebih lagi apabila sepanjang proses penyidikan sikap saya dianggap tidak kooperatif, saya minta maaf dengan tulus,' kata Novanto.


Jaksa Penuntut Umum pada KPK menuntut terdakwa Setya Novanto 16 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan. Novanto dinilai terbukti melakukan korupsi terkait proyek pengadaan KTP-el.


'Majelis Hakim PN Tipikor Jakarta Pusat yang memeriksa dan mengadili supaya menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan secara bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi. Menjatuhkan pidana berupa penjara 16 tahun,' kata Jaksa Abdul Basir saat membacakan tuntutan, Kamis, 29 Maret 2018.


Baca juga: Hilman-Novanto Bertemu di DPR Sebelum Kecelakaan


Abdul menyebut Novanto terbukti bersalah melanggar Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


Novanto juga harus membayar uang pengganti sejumlah USD7.435.000 dikurangi Rp5 miliar yang sudah dikembalikan ke KPK. Pengembalian selambat-lambatnya setelah satu bulan hukuman berkekuatan hukum tetap.


Jaksa juga meminta supaya hak politik Novanto dicabut lima tahun setelah eks ketua umum Partai Golkar itu menjalani masa hukuman.


Novanto dinilai telah mengintervensi pelaksanaan proyek pengadaan KTP-el di Kementerian Dalam Negeri dengan memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi. Perbuatan yang melibatkan eks ketua DPR itu merugikan keuangan negara hingga Rp2,3 triliun.


Novanto dinilai terbukti mendapat jatah USD7,3 juta. Dia juga terbukti menerima jam tangan merek Richard Mille seri RM 011 senilai USD135 ribu dari proyek bernilai Rp5,8 triliun tersebut.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/eN...p-ayat-alquran

---