alexa-tracking

Pro Gamer & Bisnis: 4 Langkah untuk Melindungi Nilai Anda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ad003ea60e24be4138b4567/pro-gamer-amp-bisnis-4-langkah-untuk-melindungi-nilai-anda
Pro Gamer & Bisnis: 4 Langkah untuk Melindungi Nilai Anda
Pro Gamer & Bisnis: 4 Langkah untuk Melindungi Nilai Anda


Dalam permainan Counter Strike : Global Offensive, cara Anda mengatur sumber daya adalah bagian yang sangat penting dalam strategi pemenangan tim. Para pemain harus memutuskan keperluan apa saja yang perlu dibeli, kapan waktu yang tepat untuk melakukan upgrade, kapan harus berhemat untuk ronde berikutnya, dan lain-lain. Strategi ini akan terus berkembang seiring berjalannya permainan demi memenangkan permainan di ronde-ronde selanjutnya. Para pemain Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) setidaknya menghadapi pertanyaan yang sama pada hampir setiap pergerakan mereka di dalam peta permainan yakni bagaimana saya dapat memaksimalkan nilai saya?

"Para pemain Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) setidaknya menghadapi pertanyaan yang sama pada hampir setiap pergerakan mereka di dalam peta permainan yakni bagaimana saya dapat memaksimalkan nilai saya?"


Para pemain esports profesional pastinya mengalami kejadian serupa di luar arena game. Di saat hampir keseluruhan perhatian pemain esports tertuju pada gaji pokok serta kemenangan pada kompetisi, kebanyakan pemain menyia-nyiakan sebagian dari potensi nilai mereka dengan tidak menggunakan strategi bisnis yang tepat. Selagi industri esports berkembang, strategi ini begitu penting.

Sebagaimana Anda memiliki sebuah tim MOBA dengan setiap pemain mengisi peranan tertentu, demikian pula Anda dapat membentuk sebuah tim berisikan para pakar yang dapat membantu Anda memaksimalkan nilai Anda. Artikel ini membahas beberapa cara untuk membentuk sebuah tim yang berisikan para pakar seperti: pengacara, financial planner, akuntan, serta agen yang dapat membantu Anda fokus pada apa yang ingin Anda capai dalam industri gaming.


1. Membangun Perusahaan

Awalnya, menyarankan seorang pemain untuk membangun perusahaan mungkin terdengar rancu. Terutama, bagi para pemain esports dalam games seperti League of Legends dan Dota 2 yang pada umumnya memiliki kontrak dengan tim atau liga, yang berfungsi sebagai “pihak perusahaan.” Namun membangun sebuah perusahaan memiliki banyak keuntungan bagi pemain dan tim.

Keuntungan yang paling utama adalah mendapatkan perlindungan legal atas tanggung jawab perusahaan. Untuk menjalankan sebuah perusahaan dengan baik, Anda perlu memisahkan aset pribadi dengan aset yang dimiliki secara bersama. Dalam hal ini, apabila suatu saat terjadi masalah, Anda telah membatasi jumlah uang Anda yang bisa habis. Struktur perusahaan yang berbeda menawarkan tingkat perlindungan pertanggungjawaban yang berbeda pula.

Mendirikan sebuah perusahaan dapat memfasilitasi peluang bisnis dan kewiraswastaan Anda, mengizinkan Anda untuk dapat menerima maupun melakukan investasi dan secara bersamaan membatasi ruang lingkup pertanggungjawaban Anda. Membentuk sebuah perusahaan akan memberi status profesionalisme kepada pemain esports untuk menunjukkan bahwa sang gamer bersungguh-sungguh dengan karir competitive gaming-nya. Berdiskusilah dengan pengacara untuk mengetahui bagaimana menciptakan sebuah entitas bisnis yang dapat melindungi nilai Anda.

2. Menabung dan Berinvestasi

Ketika Anda bergabung ke dalam sebuah perusahaan sebagai karyawan, satu keuntungan yang lazimnya ingin Anda ketahui adalah upah pensiun yang diberikan perusahaan. Bagi para gamer, konsep demikian sangatlah familiar. Dalam kebanyakan permainan, jika Anda melakukan farm dengan baik di awal permainan dan mengutilisasinya dengan benar, maka Anda dapat memenangkan permainan dengan mudah. Sama halnya dengan melakukan investasi di kehidupan nyata, yakni menabung hari ini akan membantu meraih keuntungan yang lebih besar di kemudian hari.

"Para gamer profesional tidak selalu mendapatkan program pensiun yang menguntungkan melalui sebuah tim."

Para gamer profesional tidak selalu mendapatkan program pensiun yang menguntungkan melalui sebuah tim. Namun, pengecualian terjadi di struktur tim Overwatch League yang menawarkan asuransi kesehatan dan program pensiun meskipun hal ini belum diregulasikan. Hal ini bukan berarti bahwa para gamer tidak mampu menghasilkan uang lebih banyak dibanding para karyawan pada umumnya. Hal ini hanya mengindikasikan bahwa mereka tidak selalu dibimbing oleh pihak perusahaan dalam berinvestasi dan menabung untuk masa depan mereka.

Bahkan tanpa program ‘investasi’ dari perusahaan, ada banyak cara untuk berinvestasi terutama di Amerika Serikat melalui Roth IRAs, Health Saving Accounts (HSAs), stocks dan bonds, atau investasi real estate. Sebagai tambahan untuk tabungan jangka panjang, sarana investasi tersebut juga memberi manfaat bayar pajak untuk jangka pendek.

Perlu kecermatan dalam mengevaluasi pilihan investasi. Perbedaan tempat serta demografi juga membutuhkan perbedaan strategi investasi. Sama halnya seperti tidak semua orang bersedia untuk mengambil support role, tidak semua orang pula ingin berinvestasi melalui wadah yang sama.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda bermain di kompetisi mancanegara. Anda akan dikenakan pajak berdasarkan dimana Anda berkompetisi dan berapa nilai hadiah kemenangan yang Anda peroleh. Sebagai contoh, jika Anda menetap di California dan Anda memenangkan hadiah dari suatu kompetisi di New York, Anda harus mengajukan surat pengembalian pajak negara baik di California maupun di New York atas kemenangan tersebut.

Berdiskusi dengan financial planner dan juga akuntan tentang strategi berinvestasi dan menabung sangatlah disarankan.


3. Tinjau Isi Kontrak Anda


Kontrak secara umum digunakan untuk menunjukkan adanya kesepakatan antara dua pihak atau lebih. Namun, seringkali sebuah kontrak tidak hanya sekedar berisikan suatu kesepakatan. Bahkan ketika sebuah kontrak dibuat dengan sangat berterus terang, mengikuti aturan yang sah, serta mengupayakan sangat sedikit tulisan yang bernuansa ambigu sekalipun mampu membuat kontrak tersebut menjadi berbelit-belit dalam cara yang tidak dapat Anda lihat dan kenali. Sebagai contoh, Equifax (perusahaan pengawas kredit) yang baru baru ini memanas akibat syarat penggunaannya yang meliputi suatu pasal arbitrasi yang membuat para nasabahnya kehilangan hak di mata hukum.

"Anda akan dikenakan pajak berdasarkan dimana Anda berkompetisi dan berapa nilai hadiah kemenangan yang Anda peroleh."

Para pemain akan diminta untuk menandatangani kontrak sepanjang waktu, mulai dari persetujuan untuk syarat dan ketentuan yang berlaku dalam sebuah lomba hingga perihal kesepakatan persetujuan periklanan. Namun, kontrak tampaknya cenderung hanya menguntungkan pihak yang membuat kontrak bukan pihak yang menerima. Jika pemain tidak merundingkan kontrak mereka dengan tepat, mereka hanya akan menyia-nyiakan nilai mereka. Padahal, negosiasi kontrak tidaklah sesulit apa yang dipikirkan orang-orang. Mendapatkan bantuan pengacara untuk meninjau sebuah kontrak sebelum menandatanganinya akan membantu menunjukkan isu-isu yang mungkin terjadi, seperti hak hukum apa yang mungkin Anda korbankan, apa yang akan anda pertanggungjawabkan serta berapa besar jumlahnya. Seorang pengacara juga mampu menjamin apakah kontrak tersebut dapat melindungi Anda dan memastikan Anda mendapatkan bayaran, serta memiliki hak untuk menempuh jalur hukum, apabila terdapat pihak yang tidak mengindahkan persetujuan atas kesepakatan yang telah dibuat. Pengacara Anda bertindak sebagai pembela sekaligus penasihat, dan dapat membantu Anda merundingkan kesepakatan yang besar.

Anda mungkin berpikir bahwa membayar orang lain untuk mengkaji suatu kontrak sebelum Anda dibayar adalah suatu hal yang aneh. Coba Anda bandingkan konsultasi legal ini sebagai suatu asuransi dimana Anda membayar asuransi kesehatan agar pada saat anda sakit, Anda akan diberikan perlindungan. Anda membayar layanan legal agar Anda mendapatkan perindungan baik dalam mengawali atau mengakhiri suatu kesepakatan atas masalah hukum yang mungkin saja bisa menimpa Anda. Seperti obat, lebih baik mencegah daripada mengobati.


4. Bangun Nilai Brand Anda

Seorang pemain NBA, Kevin Durant dikabarkan memiliki penghasilan sekitar 26 juta Dolar per tahun. Kesepakatannya dengan perusahaan sepatu Nike tampaknya menghasilkan 30 juta Dolar per tahun. Jasa endorsement bisa mendulang keuntungan yang sangat besar dibanding gaji sebagai pemain profesional yang diterima Durant.

Para pemain profesional telah menciptakan pengaruh yang besar dalam media sosial Twitter dan media sosial lainnya. Siaran langsung menjembatani tingkat interaksi tanpa batas yang selama ini tidak tersedia untuk mereka yang memiliki kepribadian publik (juga juga dapat digunakan sebagai sarana pendapatan sampingan yang substansial). Demografi mereka yang mem-follow pro gamers adalah para generasi muda berpendidikan di usia 18-25 tahun, yang memiliki sebutan khusus di dunia pemasaran, Holy Grail. Para pemain profesional harus mampu menggunakan pengaruhnya untuk mendongkrak lebih banyak kesepakatan endorsement baik dengan produk endemik maupun non-endemik. Namun, kebanyakan para pemain profesional belum membicarakan keuntungan secara penuh atau bahkan menelusuri potensi peluang kesepakatan endorsement. Ini secara gamblang merupakan kesempatan besar yang disia-siakan.

Sebagaimana esports kian hari kian berkembang, begitupun dengan kesempatan periklanan serta kerja sama sponsor. Pertimbangkanlah untuk berdiskusi bersama seorang agen yang tepat tentang bagaimana meraih kesempatan seperti itu.

Sederhananya, Bangun Tim Anda Sendiri untuk Memiliki Sistem Keuangan yang Mandiri.

Layaknya setiap orang yang baru pertama kali memilih sebuah game, seorang pemain profesional awalnya bukanlah siapa-siapa. Akan tetapi mereka melatih dan mengasah keahliannya. Saat ini mereka telah berada di puncak karir permainan mereka dengan menghasilkan uang dalam jumlah yang besar. Meskipun demikian, banyak dari para pemain profesional yang tidak mahir dalam pemikiran seputar bisnis, tanggung jawab dari suatu kesepakatan, serta cara berinvestasi. Sebagian dari mereka mungkin menerima saran dari keluarga serta kerabat mereka tentang bagaimana cara untuk menggandakan uang mereka, sebagian lainnya mungkin tidak melakukannya sama sekali. Sebagai seorang pemain profesional, Anda adalah seorang pakar di esports dan Anda akan membangun kerajaan digital Anda. Keberadaan para akuntan, financial planner, agen, pengacara diperuntukkan membantu Anda mempelajari hal lain di luar game. Himpunlah tim lain di luar dunia game dan rencanakanlah keuangan masa depan Anda.

Sumber : venture.ninja
pertamax