alexa-tracking

Pengamat: Tepat Bagi PKS Berkoalisi dengan Prabowo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acfcba3de2cf2490f8b4570/pengamat-tepat-bagi-pks-berkoalisi-dengan-prabowo
Pengamat: Tepat Bagi PKS Berkoalisi dengan Prabowo
Pengamat: Tepat Bagi PKS Berkoalisi dengan Prabowo

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lumrah kalau Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ingin kadernya dipilih sebagai calon pendamping Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Tapi, pengamat politik Dari Universitas Paramadina, Djayadi Hanan yakin syarat ini bukan harga mati.

Karena Djayadi menegaskan, potensi kemenangan untuk pasangan calon yang diusung dalam Pilpres pasti menjadi pertimbangan penting dalam memutuskan siapa yang akan menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Apalagi menurut dia, tugas Cawapres Prabowo cukup berat, dari segi elektoral.

Baca: Nenek 81 Tahun Mampu Taklukan Gunung Hingga Lari Sprint 100 Meter Setiap Hari

"Mungkin tugasnya lebih berat daripada Cawapres Jokowi," jelas irektur Eksekutif Saiful Mudjani Research and Consulting (SMRC) ini kepada Tribunnews.com, Kamis (12/4/2018).

Orang yang mendampingi Prabowo, imbuhnya, harus figur yang mampu membantu ketua umum Gerindra itu mempertahankan suara yang diperoleh pada pilpres 2014.

"Sekaligus sedapat mungkin mengambil suara di kalangan pendukung Jokowi yang masih ragu atau belum solid dukungannya," ucapnya.

Maka kalau ada figur di luar PKS yang lebih memenuhi kriteria itu, dia menyakini, tentu lebih masuk akal untuk diambil menjadi pendamping Prabowo.

"Dan dugaan saya PKS tidak akan mempermasalahkannya," tegasnya.

Selain itu, dia tegaskan, pilihan yang paling mungkin bagi PKS saat ini adalah berkoalisi dengan Prabowo baik kadernya jadi Cawapres atau tidak.

Presiden PKS Sohibul Iman memastikan, partainya siap berkoalisi dengan Gerindra untuk mengusung Prabowo. Namun, dengan syarat, Prabowo harus menggandeng salah satu dari sembilan kader PKS yang sudah ditetapkan sebagai bakal calon presiden atau wakil presiden.

"PKS siap koalisi dengan Gerindra dengan salah satu syarat adalah Cawapres diambil dari kesembilan kader PKS tersebut," kata Sohibul, Kamis (12/4/2018).

Sohibul mengatakan, setelah Prabowo menyatakan siap menjadi Capres dalam rapat koordinasi Partai Gerindra kemarin, akan ada pembicaraan lebih fokus terkait siapa di antara sembilan kader PKS yang akan jadi cawapres Prabowo.

"Kami berharap kurang dari sebulan ini hal tersebut menjadi jelas," kata Sohibul.

Adapun sembilan kader PKS yang dimaksud adalah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Mantan Presiden PKS Anis Matta, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Kemudian, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie, mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring, Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf, dan Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Sementara itu, menanggapi syarat PKS tersebut, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan, partainya belum bisa menentukan cawapres pendamping Prabowo.

Ia mengatakan, Gerindra belum bisa memastikan soal Cawapres karena akan dibicarakan terlebih dahulu dengan partai lain yang nantinya akan berkoalisi.

"Kami pahami, mengerti dan menghormati apa yang jadi permintaan dan harapan PKS. Pasti kami perhatikan. Tapi juga harus hargai partai lain agar koalisi lebih besar," kata Riza.

Riza mengatakan, Gerindra terus menjalin komunikasi dengan PAN dan PKB untuk membangun koalisi yang lebih besar.

Prabowo sebelumnya menyatakan kesiapannya saat diberi mandat oleh partainya untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2019.(*)


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...dengan-prabowo

---

Baca Juga :

- Pengamat: Hati-hati Sikapi Syarat PKS Untuk Mendukung Prabowo

- Anies Disebut Paling Layak Dampingi Prabowo di Pilpres 2019

- Sandiaga Nilai Kontestasi Prabowo Subianto dan Joko Widodo Seperti Daud Vs Goliath

image-url-apps
semanagt pak
×