alexa-tracking

Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acfa54c56e6af2e048b4571/kasus-century-mandek-karena-intervensi-penguasa
Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa
Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa

Jakarta: Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyatakan, mandeknya penanganan kasus korupsi Bank Century karena adanya intervensi dari penguasa. Namun, Boyamin tak merinci penguasa yang dimaksud.


'Yang hambat penegakan hukum itu hanya 2, keuangan atau kekuasaan. Kalau keuangan enggak mungkin, berarti ada kekuasaan. Bukan menduga tapi saya menuduh,' kata Boyamin di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 12 April 2018.


Boyamin akan mengambil opsi lain jika KPK tak menindaklanjuti putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, untuk melanjutkan penyidikan dengan menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede, dan kawan-kawan sebagai tersangka.


Salah satunya, melimpahkan kasus Century ke Kejaksaan Agung (Kejagung) atau Polri. 'Itu salah satu opsi biar bisa dihentikan maka dilimpahkan ke Kepolisian dan Kejaksaan yang memang ada mekanisme SP3,' ujar dia.


'Polisi atau jaksa tidak berwenang untuk menolak. Lalu dikaji dan ternyata tidak ada alat bukti ya dihentikan,' kata Boyamin menambahkan.


Pada sidang praperadilan yang digelar 9 April 2018, Hakim PN Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kepada KPK. Dalam putusannya, hakim meminta KPK menindaklanjuti perkara Bank Century.


MAKI menggugat sikap KPK yang berlarut-larut menangani kasus Bank Century dan tak kunjung menetapkan tersangka baru setelah Budi Mulya divonis.‎ KPK juga dianggap telah menghentikan penyidikan kasus Century secara tidak sah.


Dalam amar putusan praperadilan PN Jaksel itu, Hakim Efendi Muhtar yang memimpin jalannya sidang menyatakan untuk mengabulkan permohonan praperadilan pemohon untuk sebagian.


Hakim memerintahkan termohon untuk melakukan proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atas dugaan tindak pidana korupsi Bank Century dalam bentuk melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede dan kawan-kawan.


Kemudian, melanjutkannya dengan pendakwaan dan penuntutan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat atau melimpahkannya kepada kepolisian atau kejaksaan untuk melakukan penyidikan dan penuntutan dalam proses persidangan di PN Tipikor Jakpus‎. ‎


Dalam perkara Century ini, KPK memang baru menjebloskan bekas Deputi Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulya ke bui. KPK belum juga menjerat pihak lain padahal nama-nama besar yang diduga terlibat pada kasus korupsi pemberian FPJP Bank Century dan penetapan Bank Century sebagai Bank gagal berdampak sistemik itu kerap disebut dalam persidangan.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/yK...vensi-penguasa

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa Andalan Finance Dapat Pendanaan Rp300 Miliar dari J Trust Bank

- Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa PN Surakarta Sita Aset Bank J Trust

- Kasus Century Mandek karena Intervensi Penguasa OJK Siapkan Bukti Hadapi Gugatan terkait Kecurangan Penjualan Bank Century