alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf902a54c07ae8498b45a2/bertemu-ksp-brg-laporkan-restorasi-gambut-telah-menuai-hasil

Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil

Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil

JPP, JAKARTA - Langkah pemerintah membenahi lahan gambut menuai hasil. Sawah percobaan mulai terbentuk dan wangi kopi pun terhirup.

Kepala Badan Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead dan Deputi III Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG Myrna Asnawati Savitri menemui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP), Gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Dengan misi merancang dan mengembangkan pemanfaatan gambut secara berkelanjutan, BRG bertugas mengkoordinasi dan memfasilitasi restorasi gambut di sejumlah provinsi, seperti Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Provinsi Papua.

Dalam pertemuan tersebut, Nazir Foead melaporkan tentang perkembangan restorasi gambut yang tengah dijalankan. Salah satunya di hutan lindung Longrun, Jambi. Di tempat ini restorasi gambut berhasil mengangkat harkat masyarakat di sekitar hutan lahan gambut.

Sementara, di Kalimantan Tengah, BRG berhasil membuat sawah percobaan. Prestasi ini tentu menggembirakan, karena seperti dikatakan Kepala BRG, harga beras di Kalimantan Tengah termasuk tinggi. Bukan hanya itu, BRG bahkan telah bisa memanen lahan kopi di lahan gambut. “Kopinya cukup enak, namun butuh cara khusus dalam mengolahnya,” jelas Foead.

Berbagai produksi komoditas tersebut menunjukkan, lahan gambut yang dikelola dengan baik bisa menjadi lahan produksi yang berkelanjutan dan bernilai ekonomi.

Atas keberhasilan tersebut, BRG berencana mengundang Presiden dan Kepala Staf Kepresidenan untuk melihat dan bertemu dengan petani lahan gambut di Kalimantan Tengah pada akhir April mendatang.

Untuk lebih memperkenalkan kiprah BRG kepada masyarakat, Kepala Staf Kepresidenan juga mengajak BRG berpartisipasi dalam Asia and Agriculture Forum. Di ajang yang rencananya digelar pada 28-29 Juni ini BRG bisa mengkampanyekan pengelolaan gambut. “Silakan dimanfaatkan dan pamerkan produk-produk dari lahan gambut,” ucap Moeldoko. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/sudut-ist...h-menuai-hasil

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil Hasil Pertemuan dengan Wali Nanggroe Aceh akan Dilaporkan ke Presiden dan Wapres

- Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil Bertemu Musisi Nasional, Presiden Ingin Miliki Strategi Besar Musik Indonesia

- Bertemu KSP, BRG Laporkan Restorasi Gambut Telah Menuai Hasil Pengelolaan Gambut di Indonesia Jadi Contoh Dunia

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di