alexa-tracking

Jangan Malu Ngomong Ngapak!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf7f2cd44f9fdb6d8b4578/jangan-malu-ngomong-ngapak
icon-hot-thread
Jangan Malu Ngomong Ngapak!
Jangan Malu Ngomong Ngapak!

Selamat pagi, siang, sore, malam para kaskuser yang budiman, ketemu lagi sama j. 16 di thread yang sangat sederhana ini. :terimakasih


Kali ini, j bakal bahas tentang bahasa dari daerah ane yaitu Bahasa Ngapak. Ane kepikiran bikin thread ini karena banyak orang yang memandang bahasa ini sebagai bahasa yang kampungan atau ndeso. Dan ane pernah tuh, waktu merantau ke daerah yang meskipun sama - sama jawa tapi pas ane ngomong pake bahasa ngapak malah diketawain dan dianggep lucu. Padahal menurut ane itu tuh lagi ngomong biasa aja loh gak ada lucunya sama sekali. Tapi menurut mereka logat ane waktu ngomong itu lucu . Malah ane sering diledekin gini, "Ora dikapak - kapake mletek - mletek dewek."

Spoiler for :


Oke, mari kita bahas tentang Bahas Jawa Ngapak

Apa sih yang dimaksud Bahasa Jawa Ngapak? Bahasa Ngapak adalah sebuah bahasa etnis yang digunakan oleh mayoritas masyarakat yang terletak di Jawa Tengah bagian barat, khususnya wilayah Tegal, Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, Cilacap, Banyumas dan sekitarnya.

Bahasa Ngapak atau sering disebut juga bahasa Banyumasan memiliki banyak istilah yang mungkin masih terdengar asing ditelinga masyarakat yang belum pernah mendengarnya. Bahasa ini juga terkenal lucu akan kosa kata dan intonasinya. Mungkin kalian pernah mendengar bahasa ini diucapkan oleh Parto atau artis cantik Kartika Putri diacara - acara yang ditayangkan di Televisi. Atau mungkin agan dan sista pernah menyaksikan Stand Up Comedy yang dibawakan oleh komika bernama Wira Negara, yang memang berasal dari Banjarnegara dan banyak menggunakan bahasa ngapak dalam setiap pertunjukannya dan menghibur banyak penontonnya.

Banyak kosa kata Bahasa Jawa Ngapak yang berbeda dengan Bahasa Jawa Umum. Kebanyakan istilah yang terdapat dalam bahasa ngapak, menggunakan vokal 'a', sedangkan bahasa jawa umum menggunakan vokal 'o' (contohnya sapa dan sopo). Selain itu, kata-kata yang berakhiran huruf mati dibaca penuh, misalnya kata enak oleh dialek lain bunyinya ena, sedangkan dalam dialek Banyumasan dibaca enak dengan suara huruf 'k' yang jelas, itulah sebabnya bahasa Banyumasan oleh masyarakat di luar Banyumas disebut sebagai bahasa Ngapak atau Ngapak-ngapak. Dan penggunaan istilahnya juga banyak yang berbeda seperti 'kencot', 'madhang', 'kiye', dan sebagainya.

Spoiler for :



Nah jadi itulah sedikit penjelasan tentang bahasa Ngapak. Kalo agan dan sista orang ngapak asli jangan malu untuk bicara Ngapak. Karena ini adalah bahasa daerah yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Bahasa adalah identitas kita dalam berbangsa dan bernegara. Kadang ane suka miris sih, jaman sekarang para orang tua selalu mengajarkan anaknya untuk selalu berbahasa Indonesia. Akhirnya saat anak itu mulai besar mereka tidak bisa berbicara bahasa jawa yang mana bahasa jawa itu bahasa tanah kelahirannya. Jangan sampai lah orang jawa tidak mengenal bahasanya sendiri. Maka dari itu jangan malu untuk bicara Ngapak ya teman - teman.


Kalo kata guru ane dulu nih, "Wong ngapak, ora ngapak. Dupak!!!"

Okehh deh, sekian thread kali ini dan terima kasih sudah mau mampir, sampai jumpa di thread selanjutnya. Jangan lupa untuk, share, rate dan coment ya... :terimakasih

Spoiler for Hidup Ngapak:


image-url-apps
lha kepriwe son, rika arep nangndi? masir temen
image-url-apps
ngapain malu ? bangga pake basa sendiri
KASKUS Ads
image-url-apps
ojo koyo kuwe to mas
image-url-apps
Kadang kalo ngerantau kudu nyesuaiin dengan tempatnya juga sih.
Kalopun ada yang satu kota mah enak. Kalo sendirian entuh yang gak enakemoticon-Hammer (S)
Mau ngomong pake bahasa daerah sama siyapahemoticon-Hammer (S)

Kultur budaya juga biasanya mempengaruhi gaya bicara. Makanya ada pepatah "wong jowo lali jowone"emoticon-Nohope
image-url-apps
kencot
image-url-apps
ora ngapak ora kepenak buoskuh

Jangan Malu Ngomong Ngapak!
image-url-apps
tapi emang ntar ada masanya WONG JOWO ILANG JOWONE (ORA NJOWO)
image-url-apps
Bapakke Nyong e ! Bapakke Nyong e !


Spoiler for Sekian Terima Kasih:
image-url-apps
tp beneran lucu loh gan ndengerin org ngomong ngapak, kalau ngomong kaya' ditelen gitu .. sya dr jawa jg jatim
image-url-apps
Quote:


kalo nonton film ada cici tegal itu dia ngapak juga ngomongnya
image-url-apps
inyong ora iso, yo podo bae lah emoticon-Big Grin
Ati ati ..
Nyong kiye anggota Gerombolan Ngapak Merah....

Pokoke mangan ora mangan sing penting Ngapak
image-url-apps
Desy JKT48 cantik2 tapi logat nya ngapak habis. Jatuh hati saya jadi nya.
image-url-apps
la ngapa emang
image-url-apps
Quote:


Sirahmu jebol
image-url-apps
yg malu-maluin yg sok bicara inggris Jangan Malu Ngomong Ngapak!
image-url-apps
Quote:


true
Quote:

Kenthu nganti crot emoticon-Leh Uga
Tak gembok dipit ya mbak emoticon-Embarrassment
emoticon-Monggo
×