alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Sekjen Kemendagri: Penunjukkan Plt Gubernur Jambi Sudah Sesuai Aturan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf71b81a99758f7e8b456a/sekjen-kemendagri-penunjukkan-plt-gubernur-jambi-sudah-sesuai-aturan

Sekjen Kemendagri: Penunjukkan Plt Gubernur Jambi Sudah Sesuai Aturan

Sekjen Kemendagri: Penunjukkan Plt Gubernur Jambi Sudah Sesuai Aturan

JPP, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menunjuk Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Fachrori Umar sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi. Penunjukan itu tertuang dalam Surat Penugasan Mendagri Nomor 121.15/228/SJ tentang Penugasan Wakil Gubernur Jambi selaku Pelaksana Tugas Gubernur Jambi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Hadi Prabowo menyatakan, penunjukan Plt Gubernur Jambi itu sudah sesuai aturan main.

Aturan main tersebut tercantum dalam ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara,” ujar Hadi dalam sambutannya saat menyerahkan SK Mendagri Perihal Penunjukan Plt Gubernur Jambi di Gedung A Kemendagri, Jakarta, Selasa (10/4/2018) kemarin.

Penunjukan Plt Gubernur Jambi ini, menurut Hadi, dimaksudkan untuk menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Jambi. Mengingat, Gubernur Jambi Zumi Zola kini ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus hukum yang sedang dihadapinya.

Wagub Jambi melaksanakan tugas dan wewenang selaku Plt Gubernur Jambi dengan berpedoman pada ketentuan peraturan dan perundang-undangan.

Hadi mengatakan, adapun tugas dan wewenang Plt Gubernur Jambi itu, yakni memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melakukan pembahasan Perda (peraturan daerah) dan dapat menandatangani Perda, serta melaksanakan tugas dan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, lanjut Hadi, melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan berpedoman pada Nawacita atau sembilan agenda strategis pemerintah kabinet kerja yang disesuaikan dengan karakteristik daerah serta esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

Tak lupa, Hadi berpesan agar Plt Gubernur Jambi senantiasa berkoordinasi dengan para bupati dan wali kota dalam mewujudkan kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...-sesuai-aturan

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Sekjen Kemendagri: Penunjukkan Plt Gubernur Jambi Sudah Sesuai Aturan Inasgoc: Wisma Atlet Sudah Mengacu Standar OCA

- [img][/img] Langkah Pemerintah Atasi Kemiskinan Sudah di Jalur yang Benar

- Sekjen Kemendagri: Penunjukkan Plt Gubernur Jambi Sudah Sesuai Aturan Pencantuman Penghayat Kepercayaan di KTP Sudah Dikomunikasikan dengan Tokoh Agama

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di