alexa-tracking

Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf5fb8c1d770e37e8b456b/pelaporan-rocky-gerung-dinilai-pasung-kebebasan-berpendapat-fuib-anggap-wajar
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat

Kamis, 12/04/2018 18:19 WIB
    
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Polisi akan memproses laporan terhadap pengajar UI Rocky Gerung atas ucapan menyinggung kitab suci sebagai fiksi. (Detikcom/Ari Saputra)

Jakarta, CNN Indonesia -- Laporan Cyber Indonesia ke polisi soal pernyataan pengajar filsafat Universitas Indonesia Rocky Gerung saat menjadi narasumber dalam program televisi ke polisi dinilai sebagai pemasungan kebebasan berpendapat.

"Kepolisian semestinya pula tidak gegabah memproses laporan-laporan kasus seperti itu karena kebebasan sesungguhnya hak setiap warga negara yang bisa dinikmati dan bukan dipasung. Pembatasan kebebasan berpendapat akan mematikan nalar kritis warga yang justru dibutuhkan untuk memperkuat dan mendewasakan kita berdemokrasi," demikian keterangan Ketua SETARA Institute, Hendardi yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (12/4).

Rocky, yang disebutkan Hendardi sebagai salah satu pendiri SETARA Institute itu telah dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan delik penebaran kebencian atas dasar SARA dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE dan delik penodaan agama dalam Pasal 156a KUHP.
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Rocky Gerung dilaporkan ke polisi karena ucapannya saat menjadi narasumber dalam program televisi. Dalam acara itu Rocky menyebut kitab suci adalah hal yang fiksi. Pelaporan itu dilakukan Ketua Cyber Indonesia, Permadi Arya bersama Sekjen Cyber Indonesia, Jack Boyd Lapian, Rabu (11/4).


Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Hendardi. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

"Sejak awal SETARA Institute menganggap bahwa ketentuan-ketentuan di atas adalah bermasalah dan memasung kebebasan dan hak asasi manusia. Kasus Rocky dan juga Ade Armando [pengajar ilmu komunikasi UI], adalah contoh nyata terbaru bagaimana kebebasan berpendapat dipasung dan bisa dikriminalisasi," kata Hendardi.

Serupa Rocky, kemarin Ade pun dilaporkan ke polisi terkait unggahan di laman Facebook pribadinya yang dinilai telah menodakan agama.

Sementara itu, soal Rocky, Hendardi menilai apa yang diutarakan dosen di Fakultas Ilmu Budaya UI itu soal diksi fiksi adalah bagian dari pengetahuan ilmiah yang bisa diuji secara logis dengan ilmu Logika.

"Sebagai pengetahuan, maka Rocky bebas menyampaikannya dan bahkan justru memberikan pencerahan banyak orang yang selama ini melekatkan keburukan dan sifat negatif pada diksi yang netral itu," kata Hendardi.

"Sebagai pengetahuan pula, maka seyogyanya pandangan Rocky cukup dijawab dengan pandangan yang membantahnya bukan dengan pelaporan pidana," sambungnya mengharapkan kondisi ideal yang seharusnya terjadi dalam menanggapi pernyataan Rocky soal kitab suci fiksi.

Hendardi berharap Polri tidak menjadi keranjang sampah laporan-laporan kasus serupa Rocky, apalagi yang disinyalir bermotif politik.

"Polri mesti memiliki pedoman kerja yang rigid dan akuntabel dalam menangani laporan warga. Karena Polri bukan alat konstestasi politik, maka kecermatan menangkap motif pelaporan adalah bagian kunci yang harus menjadi pertimbangan Polri dalam bertindak," ujarnya.

"Jika tidak peka dan presisi dalam bertindak, trial by the mob akan menjadi pola penegakan hukum di Republik ini."

Sebelumnya, saat ditemui di Mapolda Metro Jaya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono memastikan pihaknya akan memeriksa pelapor dan dilanjutkan dengan saksi untuk kasus Rocky.

"Namanya ada masalah yang lapor ke Polda Metro Jaya yang tentunya kami terima dengan menanyakan bukti-bukti yang ada, nanti setelah diterima, nanti kami akan melakukan klarifikasi. Artinya, kami minta keterangan kepada pelapor karena masih dalam penyelidikan," ujarnya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (12/4).

Jika dianggap memenuhi unsur pidana, pihaknya akan menaikkan proses hukum laporan itu dari penyelidikan ke tahap penyidikan. Jika tidak, penyelidikan akan dihentikan

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180412172704-12-290394/pelaporan-rocky-gerung-dinilai-pasung-kebebasan-berpendapat


FUIB Anggap Wajar Rocky Gerung, PA 212 Minta Tabayun

Kamis, 12/04/2018 15:09 WIB
  
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)Ketua Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif memilih silaturahmi dengan Rocky Gerung daripada melaporkannya ke polisi, terkait kitab suci fiksi. (CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Rahmat Himran menanggapi enteng pernyataan dosen filsafat Universitas Indonesia, Rocky Gerung yang menyebut kitab suci adalah fiksi. Rahmat pun membenarkan pendapat Rocky itu.

"Fiksi bukan berarti fiktif. Sah-sah saja pernyataan RG (Rocky Gerung)," kata Rahmat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (12/4).

Meski demikian, FUIB belum bersikap terkait hal ini. Rahmat mengatakan pihaknya masih akan menggelar rapat internal organisasi untuk membahas pendapat Rocky yang menyebut kitab suci fiksi.

"FUIB belum evaluasi terkait pernyataan Rocky tersebut," kata Rahmat.

Saat menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi swasta, Rocky menyebut kitab suci adalah fiksi. Pernyataan itu kemudian ramai diperbincangkan, bahkan Rocky dilaporkan ke polisi atas dugaan menyebarkan informasi bermotif SARA untuk menimbulkan rasa kebencian.

Ketua Cyber Indonesia Permadi Arya didampingi Sekjen Jack Boyd Lapian melaporkan Rocky ke polisi. Dalam laporan itu Rocky dijerat dengan Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE.

Sementara itu, Persaudaraan Alumni 212 menyatakan belum berencana melaporkan Rocky ke polisi terkait pernyataannya. Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menemui Rocky terlebih dahulu untuk meminta penjelasan.

"Belum (berniat melaporkan). Kami akan silaturahmi dan mengobrol terlebih dahulu dengan beliau untuk tabayun," katanya.

Slamet belum menentukan sikap apakah pihaknya sependapat dengan Rocky atau tidak, sebelum mendengarkan penjelasan yang bersangkutan. "Harus dengar dulu penjelasan beliau," kata pria yang juga kader FPI itu.

FUIB dan Persaudaraan Alumni 212 selama ini dikenal sigap melakukan upaya hukum kepada para pihak yang diduga menghina agama. Belakangan, kedua organisasi itu ikut melaporkan Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi Ibu Indonesia yang dianggap menyinggung syariat Islam.

Rocky Gerung selama ini dinilai selalu kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo. Dia kerap melontarkan kritik melalui media sosial dan di forum publik.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...-minta-tabayun

------------------------

Ada yang mau pakai standart ganda? .. eee' abu janda?

emoticon-Ultahemoticon-Sorryemoticon-Ultah
loh klw gak suka, gugat aja tuh pasal penistaan agama. ngoahaha emoticon-Leh Uga
Alquran dikatakan fiksi, artinya muhammad adalah penipu besar. Gitu kok dianggap wajar wkwkwk
Quote:


suruh nasbung injak2 aja tuh kitab fiksi hasil tipu2... paling gak berani emoticon-Ngakak
Quote:


Nah ini gw setuju
Mana mungkin ada agama yng bisa dinista
Kalau ada agama yang bisa dinistakan, tentunya gak layak dianggap aagama
injil fiksi?
al quran fiksi?


telponlah anies






nastak nasbung serang gerung
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Coba kalo abu janda yang ngomong kitab suci = fiksi
Kelar idup lo emoticon-Ngakak

Nasbung logic
Anti rezim zaman now = auto benar
sekelompok+seiman emoticon-Smilie

maafkanlah emoticon-Smilie
Quote:


Oh, komentar ketua SETARA institute yang didirikan oleh Gerung itu?

Quote:


Terus selama ini lo kemana aje??? Pendiri organisasi lo tiap hari disembah-sembah pemasung kebebasan HAM, lo semua mingkem.

Gantian pendiri organisasi lo yang kena, langsung mendadak vokal? emoticon-Big Grin
Quote:

susah bro, yg namanya agama itu ya multy tafsir. bagi kaum konservatif cenderung radikal akan menganggap penistaan terhadap agama adalah suatu kejahatan berat, apalagi mereka yg cari makan dri itu.

dulu sempat ada yg anjurkan itu pasal dihapuskan, tapi kelompok bumi datar tidak setuju, ya terima konsekwensi klw pihak kawan/lawan yg terjerat pasal ini.
Si abu janda tampang bloon, di ilc diberakin ustadz felix masih berlagak pahlawan kesiangan wkwkeek


Quote:

salah judul nya tuh, harusnya fasal penodaan islam
emoticon-Ngacir
cebong sekolam lapor sendiri, kejet2 sendiri
nastaik pemuja kolor kok gak ada yg tersinggung
gak punya kitab sucikah?

emoticon-Leh Uga
hanya nasbung tolol yang setuju saat kitab sucinya dibilang fiksi

emoticon-Leh Uga
Quote:


makin emosi cebong bray
semua umat diem2 bae
cebong gak ada yg temenin kejet2

emoticon-Wakaka
Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)

emoticon-Cool
nasbung itu atheis
makanya dia biasa aja saat ada yg ngatain kitab suci itu fiksi

emoticon-Leh Uga
harus dilaporin klo gak gimana caranya nasbung bisa makan coba
generasi cepirit feat klux klux klan siap mendemo gerung

Pelaporan Rocky Gerung Dinilai Pasung Kebebasan Berpendapat (FUIB Anggap Wajar)
Yang janda-janda emang enak gan. Termasuk standar janda. Paling enak tuh, apalagi kalo pake bumbu2 agama. Sedap om.

Kalo udah gini kan semakin jelas kalo disini, agama bukan dijunjung tinggi, tapi justru direndahkan oleh penganutnya sendiri, agama diperalat buat kepentingan kelompoknya aja. Mana yg sesuai dengan agenda = halal. Mana yg gak sesuai agenda = haram. emoticon-thumbsup