alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf40aba2c06e882e8b4569/panrb-ingatkan-mal-pelayanan-publik-jangan-hanya-sekadar-kumpulan-pelayanan

PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan

PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan

JPP, BEKASI -  Pemerintah mengapresiasi pimpinan pemerintah daerah (pemda) yang telah berkomitmen dan berani membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) di daerahnya.

Salah satunya adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, yang telah mengambil langkah berani dalam mewujudkan MPP meski baru ada dua penyelenggara pelayanan publik yang tergabung, yakni sebagian pelayanan di pemkot tersebut dan Polres Metro Bekasi.

“Tetapi Mal Pelayanan Publik bukan sekadar mengumpulkan pelayanan di satu gedung, tetapi harus ada penggunaan data tunggal. Selama masing-masing instansi menggunakan data-sendiri-sendiri, hal itu masih akan menyulitkan proses pelayanan di MPP,” tegas Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa.

Hal tersebut Ia sampaikan saat memberikan pengarahan pada Rapat Sinergitas dengan dinas teknis pada pelayanan perizinan terpadu berstandar ISO:2015 di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/4/2018).

Ditambahkan Diah, integrasi itu tidak hanya mencakup hal-hal teknis, tetapi juga perlu koordinasi dan komunikasi yang intensif antara pihak-pihak dan instansi terkait.

Ia mengakui bahwa hal itu tidak mudah, oleh karena itu Diah menegaskan bahwa pihaknya akan menjembatani proses koordinasi tersebut. “Kalau ada kesulitan dalam koordinasi, kami siap membantu,” imbuhnya.

Diah menjelaskan, saat ini sudah ada enam MPP di berbagai daerah, yakni di DKI Jakarta, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar, Batam, dan Kota Bekasi.

Normalnya, pembentukan MPP didahului dengan rapat-rapat koordinasi, seperti yang dilakukan saat pembentukan di DKI Jakarta, Surabaya, Batam, dan Denpasar. Namun berbeda halnya dengan Banyuwangi dan Kota Bekasi yang tidak melalui proses seperti itu sebelumnya.

Menurut Diah, tidak ada yang salah dalam hal ini, karena semua melalui berbagai pertimbangan matang. Namun yang lebih penting lagi, bagaimana setelah MPP berdiri, yang pada hakekatnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bukan sekadar ada lalu selesai.

“Jadi kami berharap MPP Kota Bekasi segera mengambil langkah-langkah signifikan, untuk mengintegrasikan berbagai instansi agar segera menjadi bagian dari MPP,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Diah, MPP Bekasi ini benar-benar diminati warga, baik untuk mengurus perizinan maupun berbagai pelayanan dasar, seperti pelayanan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), serta Surat Ijin Mengemudi (SIM).

"Sekali lagi saya menyampaikan apresiasi. Tetapi kami juga minta agar secepatnya dilakukan integrasi dengan penyelenggara pelayanan lainnya, khususnya dari instansi vertikal, BUMN, dan BUMD,” tandasnya. (prb)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...ulan-pelayanan

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan Menteri Muhadjir Canangkan Birokrasi Kemendikbud Berkelas Dunia 2024

- PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan Lomba Medsos, Seskab: Peran Netizen Penting untuk Edukasi Publik

- PANRB Ingatkan Mal Pelayanan Publik Jangan Hanya Sekadar Kumpulan Pelayanan Indonesia-Korsel Tukar Pikiran Soal Peningkatan Kapasitas ASN

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di