alexa-tracking

20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf2c74620881a1508b4573/20-maestro-budaya-kembali-mengajar-di-sekolah-sekolah
20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah
20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah

JPP JAKARTA - Tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM). BBM merupakan program interaksi antara peserta didik kelas X dan XI SMA/SMK/sederajat bersama maestro melalui tinggal bersama selama 14 hari. Pendaftaran BBM 2018 dibuka mulai tanggal 1 Mei hingga 2 Juni 2018 melalui laman bbm.kemdikbud.go.id.

Para maestro yang bergabung dalam kegiatan BBM 2018 adalah seniman yang dinilai mumpuni di bidang seni tari, musik, teater, seni rupa, dan seni media, serta sukses secara artistik dan sosial. Mereka juga merupakan seniman yang telah memperoleh reputasi atau pengakuan tingkat nasional atau internasional.

Seperti dilansir laman Kemendikbud, Kamis (12/04/2018), ada 20 maestro yang akan menjadi pembimbing dalam kegiatan BBM 2018, yaitu Didik Ninik Thowok, Gilang Ramadhan, Manteb Soedharsono, Ayu Laksmi, Djaduk Ferianto, Djoko Pekik, Arief Yudhi, Putu Sutawijaya, Dindon WS, Miroto, Angki Purbandono, Nasirun, Ni Nyoman Tjandri, Wangi Indriya, Hanafi, Irwansyah Harahap, Iswadi Pratama, Ni Ketut Arini, Fendi Siregar, dan Made Sidia.

Setiap maestro akan mengajar 15 peserta didik. Peserta BBM akan tinggal di lingkungan tempat maestro bermukim. Ada enam provinsi sesuai domisili ke-20 maestro, yaitu DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Lampung, Sumatra Utara. Pelaksanaan kegiatan BBM akan berlangsung selama dua minggu, yaitu pada 2-15 Juli 2018.

Peserta BBM adalah peserta didik kelas X dan XI SMA/SMK/sederajat baik dari sekolah swasta maupun negeri, dan belum pernah mengikuti kegiatan BBM. Peserta juga harus memiliki dasar pengetahuan di bidang seni, mampu menggunakan media sosial secara aktif, serta menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan/video.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendaftaran BBM, antara lain peserta harus membuat tulisan 300 kata dengan tema “Hubungan Seni dan Penguatan Karakter”. Peserta juga harus membuat video promosi diri tentang motivasi mengikuti kegiatan BBM dalam durasi dua menit.

Tujuan BBM bukan untuk menjadikan peserta sebagai seniman, melainkan agar peserta memahami substansi proses kreatif dengan mengalami secara langsung hidup bersama maestro.

Peserta juga diharapkan dapat menyerap pengetahuan dan keterampilan teknik artistik serta menyerap nilai-nilai kejujuran, integritas, dan kebersamaan untuk memperkuat karakter.

Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu mengambil inspirasi, mempunyai integritas dan mentalitas dalam beradaptasi dengan lingkungan baru dan mampu mengaktualisasikan pengalaman berharga tinggal bersama maestro kepada orang lain melalui berkesenian. (dik)

 


Sumber : https://jpp.go.id/teknologi/pendidik...ekolah-sekolah

---

Kumpulan Berita Terkait TEKNOLOGI :

- 20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah Kemenristekdikti Memfasilitasi Akses Kredit Pendidikan 23 Kampus

- 20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah Kerja Sama RI-Google Memperkuat Arsip Digital Budaya Nusantara

- 20 Maestro Budaya Kembali Mengajar di Sekolah-Sekolah Cegah Karhutla, KLHK Buat Sistem Pengaturan Tata Air dan PLTB