alexa-tracking

Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf189adbd7704f678b4568/pendidikan-berperan-kurangi-kesenjangan-gender-di-dunia-kerja
Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja
Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja

JPP, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan, tingkat pendidikan sangat berperan dalam mengurangi kesenjangan terkait gender di dunia kerja.

"Pendidikan sangat besar perannya dalam dunia kerja terutama terkait isu gender. Kalau pendidikan lebih tinggi kesenjangannya kecil hanya 47,59 persen," kata Pribudiarta di Jakarta, Kamis (12/4/2018). 

Pribudiarta dalam "Indonesian Women Forum" yang diselenggarakan Coca-Cola Amatil dan telkomtelstra mengatakan, jika pendidikan perempuan lebih rendah maka kesenjangan terkait upah juga semakin rendah. 

Menurut dia, biasanya kesenjangan gender di dunia kerja terjadi pada sektor informal misalnya di sektor pertanian. Karena sektor informal, menurut Pribudiarta cukup sulit untuk melakukan perlindungan kepada perempuan. Maka upaya yang dilakukan adalah kembali lagi ke pendidikan. 

Upaya yang dilakukan KPPPA salah satunya adalah dengan mengembangkan model sekolah perempuan dimana perempuan diajarkan kemampuan untuk berani mengutarakan pemikirannya. 

Selain itu juga dikembangkan sekolah formal yang disebut "Women Technical Village" yang berbasis di desa untuk meningkatkan keterampilan perempuan seperti keterampilan berbahasa dan ramah tamah. 

"Kami baru kembangkan satu di Indonesia Timur yaitu di Waropen, nanti kita kembangkan juga di wilayah barat," ujar Pribudiarta. (ant)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...di-dunia-kerja

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja UNESCO Diminta Dorong Pembangunan Budaya Masuk Pendidikan

- Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja Menteri Hanif: Perpres Tenaga Kerja Asing Dongkrak Investasi

- Pendidikan Berperan Kurangi Kesenjangan Gender di Dunia Kerja Lelang SUN Serap Rp21,8 Triliun