alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Khasiat Menakjubkan Buah Rambutan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf13fda2c06e21328b4568/khasiat-menakjubkan-buah-rambutan

Khasiat Menakjubkan Buah Rambutan

Setiap tahun selalu ada satu musim yang ditunggu-tunggu, yakni musim rambutan. Kamu pasti suka kan? Pasti tidak mau berhenti kalau sudah makan rambutan kan? Hayo ngaku. Dibalik musim rambutan itu, apakah kamu tahu khasiat rambutan?

Rambutan adalah tumbuhan tropis yang memerlukan iklim lembap. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan.

Jenis buahnya sangat menarik. Berberbentuk bulat lonjong dengan panjang rata-rata 4-5 cenci meter. Selain itu, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya berwarna hijau, dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak.

Dinding buahnya tebal dengan bisi berbentuk elips dengan terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air. Untuk rasanya sangat bervariasi. Mulai dari asem sampai dengan manis. Buah yang paling disuka tentu yang warnanya merah karena rasanya sangat manis sekali.

Khasiat Menakjubkan Buah Rambutan
Di dalam buah rambutan ternyata mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Selain enak dimakan, rambutan juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tentunya. Berdasarkan referensi dari berbagai sumber, khasiat rambutan yang baik untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan kimia di dalamnya. Sebab, buah rambutan mengandung senyawa tanin. Sementara bijinya mengandung polifenol yang cukup tinggi. Komposisi zat kimia di dalam biji ini bisa menghasilkan khasiat hipoglikemik untuk menurunkan kadar gula darah. Sedangkan kulit buahnya mengandung saponin.

Menurut para pakar tanaman obat, mereka juga meyakini daging buah rambutan mengandung gizi yang cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, sampai vitamin C. Banyak penyakit yang bisa diobati dengan buah rambutan. Antara lain adalah kencing manis.

Tidak hanya buahnya, kulit buah rambutan juga berkhasiat untuk mengatasi demam. Sebanyak 15 gram kulit buah rambutan yang kering dicuci dan direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Setelah dingin lalu disaring dan diminum. Ini dilakukan tiga kali sehari. Tidak butuh menunggu lama deman akan hilang.

Khasiat Menakjubkan Buah Rambutan
Selain bisa menyembuhkan kencing manis dan demam, rambutan juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi uban. Sediakan daun rambutan secukupnya lalu ditumbuk hingga halus. Selanjutnya tambahkan sedikit air dan diaduk hingga rata. Kemudian peraslah airnya lalu disaring. Air ini kemudian digunakan untuk membasahi rambut dan lama-lama rambut akan menjadi hitam.
Diubah oleh: muinmaster
Urutan Terlama
yang punya kencing manis atau sering deman bisa dicoba gan
Rambutan lama tumbuhnya ya?
Saya beli bibit pohon rambutan Rapiah lalu ditanam di tanah kosong sudah dua bulan belum lihat ada muncul daun baru. Tingginya juga sepertinya masih sama.
Emang bener gan, khasiat rambutan paling ampuh untuk demam.. ya cuman kendalanya g semua jenis tanah cocok buat di tanemin rambutan.. Juga kalau beli bisanya musiman. . pernah sekali ke rumah saudara yang di Blitar Jawa Timur itu rambutan SUPER MELIMPAH kalau lagi musim, , jd sekantong GEDE itu bisa dapat GRATIS!!
Quote:



Coba dipupuk gan
Quote:


Hehe enak kalau gratis

Khasiat Menakjubkan Buah Rambutan
Selain bisa menyembuhkan kencing manis dan demam, rambutan juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi uban. Sediakan daun rambutan secukupnya lalu ditumbuk hingga halus. Selanjutnya tambahkan sedikit air dan diaduk hingga rata. Kemudian peraslah airnya lalu disaring. Air ini kemudian digunakan untuk membasahi rambut dan lama-lama rambut akan menjadi hitam. [/QUOTE]


Daun muda atau daun tua gan...
Trims infonya


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di