alexa-tracking

Ribut Soal Puisi Gus Mus: Mengungkap Asal Usul Pengeras Suara di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acf0854ded770fc7c8b4568/ribut-soal-puisi-gus-mus-mengungkap-asal-usul-pengeras-suara-di-indonesia
Ribut Soal Puisi Gus Mus: Mengungkap Asal Usul Pengeras Suara di Indonesia
Ribut Soal Puisi Gus Mus: Mengungkap Asal Usul Pengeras Suara di Indonesia

TRIBUNNEWS.COM - Potongan puisi ulama KH Ahmad Mustofa Bisri yang akrab dikenal Gus Mus itu menuai reaksi keras dari banyak pihak.

Seperti halnya kasus puisi 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarnoputri, potongan puisi Gus Mus mendapat cela dari segelintir orang yang mengganggap potongan puisi itu merendahkan Islam.

Namun berbeda nasib dengan Sukmawati, permasalahan puisi ini terhenti begitu saja ketika si pelapor, Forum Umat Islam Bersatu yang dipimpin Rahmat Himran mengetahui puisi itu milik ulama besar Gus Mus.

Sampai disini, mari kita tanggalkan sejenak syak wasangka buruk mengapa segelintir orang di Indonesia sangat mudah mencap kafir dan menuding seseorang melecehkan agama hanya karena sebuah potongan kalimat multi interpretasi.

Dan mari kita lapangkan dada menepis kecurigaan kita pada cara berpikir segelintir orang yang dengan mudah 'memaafkan' kasus serupa saat tahu si pembuat adalah ulama besar -- meski faktanya puisi Gus Mus memang tidak patut dipermasalahkan.

Menarik untuk menggarisbawahi satu poin yang mendorong Forum Umat Islam Bersatu yang dipimpin Rahmat Himran melaporkan puisi Gus Mus karena menyebut 'Tuhan lebih dekat tapi masih sering dipanggil dengan pengeras suara.' yakni: pengeras suara.

Bagaimana sejarah dan perkembangan pengeras suara hingga bisa begitu masif digunakan di seluruh penjuru indoensia?

Berikut Grid.ID akan memaparkan sejarah pengeras suara di Indonesia:

Halaman Selengkapnya


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...a-di-indonesia

---

Baca Juga :

- Ely Sugigi Pacari Brondong, Anaknya Menangis 'Aku Butuh Sosok Ibu'

- Terbukti, Anak Bungsu Jadi Favorit Orang Tua loh, Ini Penjelasannya

- Belajar dari Kisah TKI Parinah, Kenali Ciri Agen TKI Palsu dan Ilegal Berikut

×