alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Adakah yang bisa bantu ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aceeef21854f7fd2e8b4567/adakah-yang-bisa-bantu

Adakah yang bisa bantu ?

Saya punya masalah kredit dengan sebuah lembaga keuangan

Masalahnya adalah ketika saya menghadapi kondisi kesulitan keuangan dan sudah dipastikan tidak memiliki
kemampuan untuk melanjutkan cicilan kredit di lembaga keuangan tersebut

sebagai itikad baik saya mencoba menghubungi pihak lembaga keuangan tersebut dengan mengatakan
bahwa ada kemungkinan saya tidak lagi sanggup membayar cicilan karena kesulitan keuangan dan ingin melakukan
pelunasan yang dipercepat.

dari pihak lembaga keuangan tersebut saya diberitahu nilai pelunasan dipercepat yang harus saya selesaikan namun ternyata nilai nya masih sangat tinggi bahkan baru berkurang sedikit sekali dari pokok hutangnya

Kondisi kredit yang ada adalah sebagai berikut :

Nilai Pinjaman : Rp 18.000.000
Nilai Cicilan : Rp 1.00.8000
Lama cicilan : 36 bulan

Cicilan yang sudah dibayar secara rutin, teratur tanpa tunggakan adalah sebanyak 13 x cicilan

Sebelum jatuh tempo cicilan yang ke 14 saya mengajukan permohonan untuk melakukan pelunasan lebih awal
namun nilai pelunasan lebih awal yang harus saya selesaikan adalah masih sekitar Rp 16,500.000,- an..
ini sangan memberatkan bagi saya, dan saya mengajukan keringanan bahwa dana yang saya miliki saat ini hanya sekitar Rp 10 juta an. namun pihak lembaga keuangan bersikeras tetap harus menyelesaikan sisa kredit yang ada tanpa keringanan

kalau dihitung secara awam perhitungan kredit bodoh saya adalah

cicilan 13 x Rp 1.008.000 = Rp 13.104.000
Nilai Pelunasan yang saya ajukan adalah = Rp 10.000.000
Total Rp 23.104.000 ( % ratenya masih diatas bunga bank rata rata)

Memang saya memahami ada standard perhitungan bunga (annuitas, fix ..dll) namun dalam hal ini saya mengajukan "Pelunasan" di percepat karena sadar bahwa untuk angsuran berikutnya pasti akan bermasalah karena kondisi ekonomi saya yang memburuk maka sebelum menjadi masalah tunggakan cicilan dan harus berhubungan dngan debt lalu menjadi lingkaran setan.

Mohon kakak kakak dan agan agan kaskus berkenan membantu memberikan masukan sehingga bisa diseselasikan secara baik sehingga memiliki kekuatan hukum nantinya jika dikemudian hari menjadi masalah.


Wassalam dan Terima Kasih












Urutan Terlama
emoticon-Cape d... (S)
emoticon-No Hope


18 jadi 36
No komen gw
Agan nyimpen nggak surat perjanjian dgn lembaga pembiayaan tsb? Klu agan udh teken tanda tgn plus materai dlm surat perjanjian tsb, agan harus tunduk trhdp isi perjanjian tsb. Sebelum lanjut ke solusinya ane pengen tau dlu isi perjanjiannya.
Quote:


Namanya hutang ya dibayar. Tergantung negonya, nego aja dengan lembaga keuangan tsb. Seharusnya sih bisa diterima tawaran agan, karena jumlah yg agan tawarin kan udah diatas pinjaman pokok. Artinya secara logika mereka udah dapat untung. Nego aja terus sampe jadi.

Oh iya, pinjaman ada jaminan gak? Klo gak, ya ga usah terlalu khawatir hehehe...

Lembaga keuangan terdaftar di BI gak? Kalo iya, ya ente akan diblacklist kalo nunggak yg menyebabkan segala urusan dgn perbankan tdk bisa dilakukan dikemudian hari.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di