alexa-tracking

Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aced68b12e257c47b8b4577/rocky-gerung-sebut-kitab-suci-itu-fiksi-begini-jawaban-mahfud-md
Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD
TRIBUNNEWS.COM - Pernyataan Pengamat Politik sekaligus Dosen Filsafat UI, Rocky Gerung terkait pandangannya soal kitab suci menjadi perbincangan warganet.

Saat hadir di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (10/4/2018) ia mengatakan bahwa kitab suci adalah hal yang fiksi.

Fiksi menurutnya berbeda dengan fiktif.


Kata fiksi, lanjut dia, sebenarnya baik.

Fiksi dianggap negatif karena dibebani oleh kebohongan, sehingga fiksi itu selalu dimaknai dengan kebohongan.

"Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif," ujarnya.

Dirinya juga mengungkapkan makna telos yang dalam bahasa Yunani yang memiliki arti akhir, tujuan ataupun sasaran.

Rocky kembali menekankan bahwa fiksi adalah baik, sedangkan yang buruk adalah fiktif.

Meski telah memberikan pemahaman seperti itu, namun ucapan Rocky Gerung banyak dikritik warganet.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD pun ikut mengomentari pernyataan Rocky Gerung itu.

Menurutnya, kitab suci bukan fiksi dan jauh bedanya.

Itu pendapat Rocky Gerung, silakan saja. Tapi bagi sy kitab suci bkn fiksi, jauh bedanya. Fiksi itu produk angan2 atau khyalan manusia sedang kitab suci adl wahyu dan pesan Tuhan. Sy meyakini, kitab suci adl wahyu Tuhan yg ditanamkan di hati dan dipatrikan di otak orng yg beriman," tulisnya, menjawab pertanyaan netter terkait pernyataan Rocky Gerung.

Memastikan jawaban Mahfud MD bukan berasal dari potongan video, seorang netter meminta Mahfud MD untuk melihat tayangan itu secara utuh.

Mahfud menegaskan ia sudah melihat videonya, dan tetap memiliki pandangan yang berbeda dengan Rocky.

"Saya sdh melihat aslinya di @tvone_ilc tadi malam. Pendapat saya tetap beda dgn pendapat Rocky Gerung. Kitab suci tetap beda dgn fiction maupun fictive. Yang satu dari atas ke bawah, yg satu dari bawah ke ke mana2. Tapi itu soal pendapat sj, tak perlu diributkan. Biarin sj," jawabnya.

Mahfud tak mau berbicara lebih jauh apakah Rocky Gerung menistakan agama atau tidak dengan pernyataannya itu.

Saat ada netter yang menanyakan kira-kira kitab apa yang dimaksud, Mahfud memilih tak menjawab.

"Saya tak bisa dipancing-pancing dgn urusan penistaan atau bukan. Saya hanya berbicara pemahaman saya ttg fiksi dan kitab suci," tegas Mahfud MD.(*)

http://www.tribunnews.com/nasional/2...aban-mahfud-md
sebaiknya pak gerung segera berangkat umroh deh emoticon-Berduka (S)
image-url-apps
YG BERSORBAN AMA NINJA BERARTI HASIL DARI IMAJINASI ATAU SUKA MENGHAYAL NGOAHAHAHA emoticon-Ngakak PAK GERUNG2 YG JELAS FIKSI ITU NOVEL 2030 BUBAR MALAH DIANGGEP NYATA emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
Quote:


Kalo ga salah rocky gerung katolik gan
image-url-apps
Quote:


Mungkin maksudnya karpet terbang wkwkwk
image-url-apps
walah imajinasi mamat
injil imajinasi nya paus kah?

Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD
image-url-apps
Quote:


Rocky tuh ateis. Jadi wajar klo dia anggap alquran itu cuma fiksi semata hasil imajinasi manusia.
image-url-apps
giliran pidato ttg konde pada kebakaran jenggot emoticon-DP
image-url-apps
Quote:


NGERTI NGGAK INI?
Quote:


iya dia mmg non muslim, tp sebaiknya berpura2 muslim saja .....kali ajah bisa lebih aman .... emoticon-Entahlah
ahox pun dituduh menista kitab fiksi

ngoahahaha

klo junjungan nasbung, macam si gering ini
udah dapat sertifikat bebas di demo

emoticon-Wkwkwk
image-url-apps
amanlah si rocky krn pro oposisi
besok gak ada aksi bela islam 134

emoticon-Traveller
image-url-apps
astajim
image-url-apps
Quote:


Sabar Lae...
Jangan ikutin alur kecebong...
Kalo panas2an kyk gini terus..

Sama aja dengan kecebong pengadu domba...
Bagian khusus pelapor
Kyknya Uda ketauan itu..
Jack Lapian..
ahoker garis keras...

emoticon-Ngakak

Biarkan saja...

NGERTI NGGAK INI?
image-url-apps
Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD
Quote:


si gerung bilang kitab suci fiksi karena terdapat hal yang belum terjadi atau belum selesai.
jadi belum ada pembuktian
Orang bebas berimajinasi tentang KIamat sesuai versi agamanya masing-masing
Orang bebas berimajinasi tentang apa yang terjadi setelah MATI sesuai versi agamanya masing-masing
image-url-apps
fiksi ya? perlu direvisi terus terusan ni, agar supaya sehingga kekinian

Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD
image-url-apps
Quote:


Kitab Suci = Fiksi
GhostFleet = Fiksi

GhostFleet = Kitab Suci
emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Rocky Gerung Sebut Kitab Suci Itu Fiksi, Begini Jawaban Mahfud MD
image-url-apps
Quote:


Trus hewan n tanaman yg ditulis hny ada di timtengah . Klo dr langit seharusnya hewan n tanaman dr kawasan dunia lain juga ada. Itu kumpulan knowledge org jadul di timtengah hny disisipi cerita2 yg Wah n wow akhirnya terjdi pengkultusan , manusia tdk berani mentelaah secara cerdas kritis ilmiah untuk mencari kebenaran hakiki yg membebaskan jiwa manusia untuk hal yg lebih baik.
×