alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aced58d14088dc17d8b4573/dugaan-suap-bupati-bandung-barat-demi-istri

Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri

Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri
Bupati Kabupaten Bandung Barat Abu Bakar (tengah) saat tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (11/4).
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bandung Barat Abu Bakar sebagai tersangka dalam dugaan suap. Abu Bakar diduga menerima sejumlah uang untuk keperluan kampanye istrinya, Elin Suharliah, yang mengikuti pilkada Bandung Barat.

KPK melakukan operasi tangkap tangan di Kabupaten Bandung Barat pada Selasa (10/4/2018). Dari tangkap tangan itu, KPK menyita uang Rp435 juta.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, via Kompas.com, mengatakan, uang tersebut ada di dalam sebuah koper berwarna biru dengan pecahan Rp50.000 dan Rp100.000.

Saut mengatakan Abu Bakar diduga meminta uang ke sejumlah kepala dinas untuk kepentingan pencalonan istrinya, Elin Suharliah. Elin akan maju sebagai calon bupati Bandung Barat periode 2018-2023 menggantikan suaminya.

Abu Bakar telah dua kali menjabat Bupati Bandung Barat periode 2008-2013 dan 2013-2018. Elin Suharliah berpasangan dengan Maman Sunjaya yang diusung PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Permintaan itu disampaikan dalam beberapa kali pertemuan antara Abu Bakar dengan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang diadakan pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2018. Abu Bakar juga terus menagih permintaan uang tersebut demi melunasi pembayaran ke lembaga survei.

"Hingga April, Bupati terus menagih permintaan uang ini salah satunya untuk melunasi pembayaran ke lembaga survei," kata Saut.

Operasi tangkap tangan bermula ketika tim KPK menerima informasi adanya penyerahan dana dari IL Kepala Subbagian di Badan Kepegawaian Daerah Bandung Barat ke CA staf di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bandung Barat.

Dikutip Antaranews, penyidik menangkap CA Gedung B Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dengan barang bukti uang Rp35 juta. Tim penyidik juga menyita uang sebesar Rp400 juta di rumah CA.

Penelusuran penyidik akhirnya bermuara ke Abu Bakar. Tim KPK tiba di rumah, tetapi Abu Bakar meminta izin karena harus melakukan kemoterapi dan dalam kondisi tidak fit.

Tim melakukan pemeriksaan di rumah bupati dan melakukan koordinasi lanjutan dengan dokter bupati. Untuk kepentingan penyelidikan, tim meminta yang bersangkutan membuat surat pernyataan untuk datang ke KPK setelah kemoterapi di Bandung.

Malamnya, Abu Bakar malah membuat pernyataan pers malam harinya dan menyebut KPK hanya mengklarifikasi isu tertentu dan yang bersangkutan menyanggahnya. Abu Bakar akhirnya datang pada Rabu (11/4/2018) atas kemauan sendiri setelah menerima surat keterangan dokter yang menyatakan dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

KPK pun menetapkan Abu Bakar sebagai tersangka. KPK juga menetapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat Adiyoto, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Hikayat sebagai tersangka.
Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rat-demi-istri

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri Tak perlu koalisi segajah buat Prabowo

- Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri Bocah tangguh di Bogor dan Takalar

- Dugaan suap Bupati Bandung Barat demi istri Tikus dan wereng pengubur impian panen petani

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di