alexa-tracking

[SHARE] Objection Handling untuk profesi penjualan (sales)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acec9df1cbfaa3d478b4576/share-objection-handling-untuk-profesi-penjualan-sales
[SHARE] Objection Handling untuk profesi penjualan (sales)
Halo gansis se-kaskus raya...

ane udah cari2 di forum bisnis dan dunia kerja / profesi, tapi kayaknya belum ada thread yang membahas cara menangani keberatan calon customer (objection handling) dalam melakukan penjualan.

jadi mohon maaf kalo repost.. emoticon-Repost


thread ini sifatnya diskusi dan sharing aja ya gan, karena objection handling itu lebih ke seni dan bukan merupakan ilmu pasti, teori di ruang kelas tentu berbeda ketika praktek di lapangan, teknik yang mumpuni di suatu industri, belum tentu bisa digunakan di industri lain.

ane sendiri saat ini berprofesi sebagai product manager di suatu anak perusahaan telekomunikasi, dan juga sebagai entrepreneur (ane punya bisnis sendiri). 

jadi walaupun tidak berhubungan langsung dengan penjualan, ane bertanggung jawab atas keberhasilan launching product ke market, sekaligus bertanggung jawab atas kelangsungan bisnis ane sendiri.

jadi ya, kadang2 harus ikut ke lapangan nemenin temen2 sales buat menjaring prospek. dan semua pengalaman rekan2 sales itu biasanya ane rangkum untuk evaluasi dan sekaligus training ke sales2 baru

thread ini juga bermanfaat buat rekan-rekan yang berminat dan ingin menjalani profesi sebagai : 

Account Officer
Account Manager
Business Development
Sales Channel
Sales Executive
Partner Manager
Channel Manager
Marketing Executive

karena pada dasarnya profesi2 itu intinya jualan, cuma cara approachnya yang beda2, dan skill objection handling ini penting dikuasai oleh orang2 yang bergerak di bidang penjualan.

kalo ada yang mau share dan berdiskusi, silahkan banget loh di thread ini. 
reserved
reserved
reserved
share dari ane dulu ya gan.. emoticon-Wowcantik


Objection : Haters / Fanatics

haters dan fanatics ini ada dimana2 gan, mereka biasanya militan dan susah diajak bicara.
mereka punya 1001 cara dan argumen untuk memenangkan debat dengan anda

Contoh :

ditawarin android, maunya apple
ditawarin teknologi A, maunya teknologi B
diajak bisnis makanan, maunya bisnis minuman
ditawarin mobil A, maunya mobil B
dll

Best approach : Walk Away

percaya deh gan, ga usah buang2 waktu dan energi klo ketemu Haters dan Fanatic, lebih baik cari prospek lain.

2nd Best approach : Tanya kebutuhannya.

cara kedua ini biasanya buat orang2 yang masih semi-haters, biasanya bermodalnya "kata orang". dan belum jadi fanatic hard-core, masih bisa diajak bicara baik2.

dengan cara bertanya dan menggali apa kebutuhannya, kita bisa lebih paham "cara berpikir" dan "dunia" si prospek, dan kita bisa mem-formulasikan solusi yang lebih tepat.

tentu saja solusinya mengandung produk dari kita emoticon-Big Grin