alexa-tracking

Prabowo Siap Tanding Ulang Lawan Jokowi, PKS Siapkan Kader, PAN Masih Pikir-pikir

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acec00c1854f711148b456f/prabowo-siap-tanding-ulang-lawan-jokowi-pks-siapkan-kader-pan-masih-pikir-pikir
Prabowo Siap Tanding Ulang Lawan Jokowi, PKS Siapkan Kader, PAN Masih Pikir-pikir
Prabowo Siap Tanding Ulang Lawan Jokowi, PKS Siapkan Kader, PAN Masih Pikir-pikir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepastian Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk kembali menantang Jokowi dalam Pilpres mendatang, langung direspon Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mememastikan partainya siap berkoalisi dengan Gerindra.

"Siap berkoalisi sederajat untuk sama-sama bahas langkah selanjutnya," ujar ujar Mardani, Rabu (11/4/2018).

PKS Mardani memastikan lagi, juga menyiapkan calon pendamping Prabowo sebagai Cawapres.

"PKS siap musyawarah untuk langkah selanjutnya dan siap jika kadernya untuk mendampingi berjuang di 2019," jelasnya.

Sejauh ini PKS masih mengusung 9 nama kadernya yakni Ahmad Heryawan, Hidayat Nurwahid, Anis Matta, Irwan Prayitno, M Sohibul Iman, Salim Segaf Al Jufri, Tifatul Sembiring, Muzammil Yusuf dan Mardani Ali Sera.

"PKS bersama Gerindra. Dan siap bermusyawarah. Tapi politik selalu dinamis," ucapnya.

Di tempat berbeda, Ketua Bidang Dakwah Sumatera Bagian Selatan DPP PKS, Nasir Jamil menambahkan, 9 nama kader PKS sedang digodok untuk melihat tingkat keterpilihannya.

"Elektabilitas yang baik siap kemampuan bagaimana mempengaruhi masyarakat di lapangan dan juga menyiapkan logistik karena kita tahu Pilpres itu tidak free," katanya.

Menurut Nasir dengan telah dideklarasikannya Prabowo, maka Gerindra dan partainya akan kerja keras meningkatkan elektabilitas Prabowo.

Baca: Dokter Terawan Masih Diizinkan Buka Praktik Lagi

Karena hingga saat ini tingkat keterpilihannya cenderung stagnan.

"Jadi ya kita tidak tahu apa latar belakang stagnan. tapi bisa jadi karena beliau belum bergerak dan belum melakukan semacam kunjungan ke daerah dibandingkan pak presiden Jokowi yang selalu berkunjung ke daerah-daerah," katanya.

Kemarin, di depan para pendukungnya, Prabowo Subianto menyatakan siap maju jadi calon presiden jika partai-partai koalisi mendukungnya.

Pernyataan itu diungkapkan Prabowo dalam Rakornas Partai Gerindra, kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

"Dengan segala tenaga saya, dengan segala jiwa dan raga saya. Seandainya Partai Gerindra memerintahkan saya maju dalam Pemilihan presiden yang akan datang, saya siap melaksanakan tugas itu," tegas Prabowo disambut riuh rendah kader Gerindra.

Atas hal itu pula Partai Gerindra menyatakan resmi mengusung ketua umum partainya, Prabowo Subianto, sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pilpres 2019.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Padepokan Garudayaksa, Hambalang, Jawa Barat, Rabu, 11 April 2018.

Keputusan pengusungan Prabowo menjadi capres dilakukan setelah pengurus Gerindra mendengarkan aspirasi dari seluruh kader yang hadir dalam Rakornas.

"Atas dasar aspirasi tersebut, maka Partai Gerindra secara resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan sekaligus memberikan mandat penuh untuk membangun koalisi dan memilih calon wakil presiden," Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani menjelaskan.

Baca: Orang Tua Zumi Zola Kosongkan Rumah di Jakarta Selatan Sejak Seminggu Lalu

Muzani menambahkan, aspirasi tersebut datang dari 34 Ketua DPD Gerindra tingkat provinsi dan 529 Ketua DPC tingkat kabupaten.

Selain itu, dari 2.785 anggota DPRD kabupaten/kota, 251 anggota DPRD tingkat provinsi dan 73 anggota DPR RI.

"Secara bergantian mereka menyampaikan aspirasi konstituen yang menginginkan Prabowo Subianto maju calon presiden," terang Muzani.

Belum Bersikap
Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku partainya belum menentukan arah koalisi dalam Pemilu Presiden mendatang, meski hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gerindra di Hambalang.

"Masih jauh Belanda," kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, arah koalisi partainya akan ditentukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bulan depan.

Disebutkannya PAN dalam pidato Prabowo dalam rakornas menurut Zulkifli merupakan bagian dari harapan Gerindra terhadap PAN untuk membentuk koalisi.

Baca: Zumi Zola Minta Dibawakan Alquran dan Buku Sejarah, Hari Ini Bakal Dijenguk Istri

"Semua berharap kepada PAN (untuk koalisi)," katanya.

Sejauh ini kader PAN di seluruh wilayah Indonesia masih berharap kepadanya untuk ikut menjadi peserta Pilpres.

Meskipun demikian menurutnya tidak menutup kemungkinan keinginan kader berubah pada saat Rakernas nanti sehingga menjadi pertimbangan untuk menentukan koalisi.

"Jadi teman-teman ya, kan PAN sudah memutuskan capres ya Zulhas, nanti kalau ada perubahan kami akan rakernas lagi. Ini belum jelas arah kita," katanya.

Ketua DPP Gerindra Nizar Zahro menjelaskan, dalam Rakornas kemarin selain dihadiri petinggi PKS, sejumlah petinggi PAN ikut hadir dalam Rakornas Gerindra yang membahas Pilpres 2019.

Mereka yang hadir yakni Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno. (tribun network/fik/yat/mal)


Sumber : http://www.tribunnews.com/nasional/2...ih-pikir-pikir

---

Baca Juga :

- Pengamat: 'Genderang Perang' Pilpres 2019 Telah Ditabuh

- Gerindra Resmi Deklarasikan Prabowo di Pilpres 2019, Guntur Romli: Jangan Sibuk Cuma Sablon Kaus

- Jenderal-jenderal di Lingkaran Jokowi untuk Lawan Prabowo? Ini Penjelasan Moeldoko

×