alexa-tracking

Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace9289dc06bd0b318b4568/mahfud-md-ikut-komentari-pernyataan-rocky-gerung-soal-kitab-suci-fiksi-ini-katanya
Poll: Mana yang paling benar?
Mahfud MD pelaku ujaran kedunguan 24.39% (10 votes)
Rocky Gerung pelaku ujaran penistaan 75.61% (31 votes)
Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya
Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya

TRIBUNNEWS.COM - Pernyataan Pengamat Politik sekaligus Dosen Filsafat UI, Rocky Gerung terkait pandangannya soal kitab suci menjadi perbincangan warganet.

Saat hadir di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (10/4/2018) ia mengatakan bahwa kitab suci adalah hal yang fiksi.
Fiksi menurutnya berbeda dengan fiktif.
Kata fiksi, lanjut dia, sebenarnya baik.
Fiksi dianggap negatif karena dibebani oleh kebohongan, sehingga fiksi itu selalu dimaknai dengan kebohongan.

Fiksi adalah energi yang dihubungkan dengan telos, dan itu sifatnya fiksi. Dan itu baik. Fiksi adalah fiction, dan itu berbeda dengan fiktif," ujarnya.

Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya

Dirinya juga mengungkapkan makna telos yang dalam bahasa Yunani yang memiliki arti akhir, tujuan ataupun sasaran.
Rocky kembali menekankan bahwa fiksi adalah baik, sedangkan yang buruk adalah fiktif.
Meski telah memberikan pemahaman seperti itu, namun ucapan Rocky Gerung banyak dikritik warganet.
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD pun ikut mengomentari pernyataan Rocky Gerung itu.
Menurutnya, kitab suci bukan fiksi dan jauh bedanya.

"Itu pendapat Rocky Gerung, silakan saja. Tapi bagi sy kitab suci bkn fiksi, jauh bedanya. Fiksi itu produk angan2 atau khyalan manusia sedang kitab suci adl wahyu dan pesan Tuhan. Sy meyakini, kitab suci adl wahyu Tuhan yg ditanamkan di hati dan dipatrikan di otak orng yg beriman," tulisnya, menjawab pertanyaan netter terkait pernyataan Rocky Gerung.

Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya

Memastikan jawaban Mahfud MD bukan berasal dari potongan video, seorang netter meminta Mahfud MD untuk melihat tayangan itu secara utuh.
Mahfud menegaskan ia sudah melihat videonya, dan tetap memiliki pandangan yang berbeda dengan Rocky.

Saya sdh melihat aslinya di @tvone_ilc tadi malam. Pendapat saya tetap beda dgn pendapat Rocky Gerung. Kitab suci tetap beda dgn fiction maupun fictive. Yang satu dari atas ke bawah, yg satu dari bawah ke ke mana2. Tapi itu soal pendapat sj, tak perlu diributkan. Biarin sj," jawabnya.

Mahfud tak mau berbicara lebih jauh apakah Rocky Gerung menistakan agama atau tidak dengan pernyataannya itu.
Saat ada netter yang menanyakan kira-kira kitab apa yang dimaksud, Mahfud memilih tak menjawab.

"Saya tak bisa dipancing-pancing dgn urusan penistaan atau bukan. Saya hanya berbicara pemahaman saya ttg fiksi dan kitab suci," tegas Mahfud MD.(*)

http://m.tribunnews.com/nasional/2018/04/11/mahfud-md-ikut-komentari-pernyataan-rocky-gerung-soal-kitab-suci-fiksi-ini-katanya?page=2

Orang sekelas Mahfud MD yg beneran profesor aja mengakui kok ada yg salah dgn omongannya si Gerung, kitab suci kok dibilang hal yg fiksi? Yg membingungkan kemana aja kelompok2 pembela agama yg biasanya berlomba2 untuk melaporkan soal penistaan? Jangankan agamanya dihina, disenggol gak sengaja sedikit aja, sudah cukup bikin mereka turun ke jalan untuk demo, tapi sekarang semuanya kompakan untuk mingkem diem seribu bahasa emoticon-Stick Out Tongue

Meminjam bahasanya Rocky Gerung yg seringkali mendungukan siapapun yg berseberangan pendapat dgnnya, ane bikin polling, apakah Mahfud Md pelaku ujaran kedunguan atau si Gerung yg menjadi pelaku ujaran penistaan? Kalian bela Mahfud MD atau dukung si Gerung, diisi yak, don't be a hypocrite emoticon-Big Grin

Mahfud MD Ikut Komentari Pernyataan Rocky Gerung Soal 'Kitab Suci Fiksi', Ini Katanya
image-url-apps
barusan nonton video si rocky dan memang maksud dia jelas menganggap kitab suci fiksi. dari awal rocky ini kan sekuler sejati jadi nga heran. malahan heran masih ada kaum beragama yang bela. emoticon-Hammer
image-url-apps
Ditunggu komentar UASu emoticon-Traveller
KASKUS Ads
image-url-apps
Klo gosplet heripoter d kata fiksi sih oke.. Kolo Kitab Suci d kata fiksi? Hmm itu baru yg harus d pertanyakan.. emoticon-Cape deeehh
image-url-apps
yg belain cuma gara2 1 kubu dalam berpolitik itu benar2 membuktikan politik itu bikin bego
image-url-apps
Baru ngeh ane kenapa diam = emas. Kalau ga mampu berkata baik mending diam.
image-url-apps
kenapa banyak yang kejang kejang dengan pengungkapan kebenaran fiksi best seller ? emoticon-Big Grin
image-url-apps


tiba² cebongers jd pencinta al-Quran emoticon-Angel


puji tuhan emoticon-Leh Uga


image-url-apps
Quote:


Tiba2 nasbung jd ga peduli sm kitab sucinyaemoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Si gerung tidak menyebut kitab suci apa/mana.. jadi dengan menyebut bahwa kitab suci = fiksi, maka si gerung dapat disebut melecehkan semua kitab suci..

O iya.. lu kaga protes ke gerung seperti pas zaman ahok dulu? emoticon-Big Grin
image-url-apps
Saya muslim dan saya tersinggung kalo dibilang al Qur'an dibilang fiksi. Bego aja yang masih bela yg satu ini.
image-url-apps
Ane blom liat videonya.
Tp klo yg rame cuma dbahas "kitab suci=fiksi".
Tidak jelas kitab suci yg mana?
Jd klo mau demo harusnya nastak + nasbung bersatu. Toh ga menyebutkan secara rinci kitab yg mana.
image-url-apps
Quote:


Si gerung gk bilang "dibohingin" emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:




sepertinya indonesia butuh 10 rocky gerung emoticon-Ngakak

bayangin aje, 1 orang rocky gerung bisa merubah pandangan gerombolan pembela penista menjadi.gerombolan pencinta emoticon-Angel



image-url-apps
Pokoknya asal bukan jokowi..
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Ya secara ada revisi..
Lanjutin aja deh komentarnya
kalau kitab suci itu fakta, wahyu, apa secara spesifik mengakui semua kitab suci di dunia serupa? biar aja rocky berbicara dalam konteks budaya; mahfud dalam hukum. memang benar ini pendapat saja, dan orang melihat dari sudut pandang yang berbeda. kalau dianggap penistaan muke lu aja coba bawa ke pengadilan sape tau didenda karena kurang tampan.
image-url-apps
Quote:



kitab suci sapa yg di lecehkan emoticon-Big Grin

jelas bedalah, gw gak merasa kitab suci gw di lecehkan emoticon-Embarrassment


image-url-apps
Quote:


Merubah yg dulu membela kitab suci menjad tak peduli pada kitab suciemoticon-Big Grin
lucu liat gerombolan yg kemaren bela kitab suci skrg lg mati2an bela rocky gerung
Penistaan karya fiksiemoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:



penistaannya dimana emoticon-Betty



×