alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ace6e33902cfe35648b4567/rocky-gerung-dilaporkan-abu-janda-ke-polisi-soal-ujaran-kebencian

Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian

Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
11 April 2018

IQ TAK SAMPAI, ABU JANDA LAPORKAN ROCKY GERUNG 
ATAS PERNYATAAN KITAB SUCI ADALAH FIKSI


Dosen Filsafat UI, Rocky Gerung dilaporkan oleh Abu Janda soal dugaan ujaran kebencian yang disampaikan pada saat berbicara di acara ILC TV One.


tirto.id - Ketua Cyber Indonesia Heddy Setya Permadi alias Abu Janda melaporkan Dosen Filsafat UI Rocky Gerung ke Ditreskrimsus Polda Metro Jaya pada Rabu (11/4/2018). Rocky diduga melakukan ujaran kebencian atas ucapannya di acara televisi yang menyinggung soal isu permusuhan bertema SARA (suku,ras, agama dan antar golongan).

Permadi datang pada pukul 18.00 WIB ditemani Jack Boyd Lapian dan Ferdian Sutanto. Setelah keluar pada pukul 19.30 WIB Permadi mengatakan bahwa dirinya melaporkan Rocky atas ucapannya di acara Indonesian Lawyer Club (ILC) pada Selasa (9/4/2018) yang mengatakan bahwa kitab suci adalah fiksi. 

"Kami mewakili umat yang merasa tersakiti oleh pernyataan saudara Rocky Gerung karena beliau menyatakan bahwa kitab suci adalah fiksi," ucap Permadi di Polda Metro Jaya hari ini.

Permadi mengatakan jika ucapan Rocky tersebut berpotensi memecah belah persatuan. Pasalnya jika dirinya mengatakan kitab suci adalah fiksi secara tidak langsung menyinggung umat beragama di Indonesia. 

"Saudara Rocky Gerung tidak bisa berkelit. Yang namanya kitab suci itu merujuk pada alquran injil dan kitab-kitab agama lain. Dalam KBBI yang namanya fiksi artinya rekaan khayalan tidak nyata. Jadi dia dengan mengatakan seperti itu artinya dia bahwa apapun yg ada dalam Alquran, Injil adalah khayalan," ucapnya.

Permadi sendiri memberikan alat bukti berupa transkip ucapan Rocky Gerung dan juga rekaman tayangan ILC pada selasa kemarin dari akun YouTube Tv One. 

"Bukti yang dibawa adalah transkipnya softcopy-nya yang diambil dari channel resmi TV One. Itu full kita berikan versi full tidak ada yang dipotong," ucap Permadi. 

Laporan Permadi diterima oleh Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2001/IV/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus tanggal 11 April 2018 

Dalam laporan tersebut Permadi juga berposisi sebagai korban menulis bahwa korban dirugikan secara inmateriil dan dampak dari kata-kata terlapor yang diucapkan dalam program ILC TV One dapat memecah belah persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Permadi pun melaporkan Rocky Gerung dengan tindak pidana ujaran kebencian Pasal 28 ayat(2) jo pasal 45 A ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
https://tirto.id/rocky-gerung-dilapo...kebencian-cHDc


Ini Alasan si Abu Janda Laporkan Rocky Gerung



Ini Jawaban Bijak Pa Machfud MD





-------------------------

Rocky Gerung memang sudah lama di incar karena sikapnya yang kritis dan berani mengkritik pejabat Negara selama ini via televisi, terutama setiap kali ada acara di ILC itu. Kepleset lidahnya kali ini memang cukup fatal, menyebut Kitab Suci adalah produk fiksi (khayalan atau  imajinasi manusia hasil buah fikir manusia). Itu berarti dia menyamakan kitab suci itu dengan novel Harry Porter atau novel 'Ghost Fleet"yang lagi populer saat ini. 

Rocky Gerung sendiri kalau melihat KTP-nya, kolom agamanya berisi tulisan AGAMA KRISTEN. Dia sendiri adalah orang Manado, bukan orang Batak. Naifnya, di memang ilmuan dan filsafat, dosen UI, tapi dia bukanlah akhli perbandingan Ilmu Agama yang memahami betul isi kitab-kitan suci semua agama di DUnia. Bagaimana bisa seorang yang bukan akhli dan paham semua isi kitab suci itu, kok berbicara sesuatu yang lain di luar disiplin ilmunya?
Halaman 1 dari 3
Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian

KITAB SUCI AL QURÁN, BUKAN FIKSI


Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
source:
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/f...d/entri/fiktif

dari arti menurut KBBI diatas, apa pun produk sastra atau semi-ilmiah (tertulis atau dogeng) yang disebut FIKSI ... adalah sesuatu produk buatan manusia atau hasil produk buah fikir manusia atau pikiran manusia itu sendiri.

Untuk ISLAM, kitab sucinya yaitu AL QURÁN , di-iman-i dan diyakini pengikutnya bahwa kitab suci mereka itu BUKAN KARYA atau BUAH PIKIRAN atau FIKIRAN dari MANUSIA (bahkan bila manusianya itu adalah MUHAMMAD, nabi terakhir ummat Islam). Teetapi itu adalah firman Allah swt yang disampaikan ke manusia bernama MUHAMMAD SAW melalui perantara MALAIKAT JIBRIL.

Jadi 'gebyah uyah' atau penyama-rataan yang dilakukan Rocky Gerung, dengan mengatakan bahwa kitab suci itu fiksi (karena penyebutannya umum, berarti tuduhannya itu menyangkut pula Kitab Suci umat Islam yaitu Al- QUR'AN) ... jelas-jelas ngawur. Dan itu nggak bener samasekali, masa firman Tuhan dikatakan fiksi?

Profil Rocky Gerung, Dosen yang Sebut Kitab Suci adalah Fiksi
11 April 2018, 11:43:35

Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
Rocky Gerung.


FAJARONLINE.CO.ID, JAKARTA - Dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) malam tadi, pengamat politik Rocky Gerung membuat pernyataan kontroversial.

Dia menyebut kitab suci adalah hal yang fiksi. Akan tetapi, itu berbeda dengan fiktif.

Dia memperjelas jika fiksi itu baik, sedangkan yang buruk adalah fiktif.

Dosen mata kuliah filsafat itu mengambil contoh Mahabharata. Menurutnya, Mahabharata adalah fiksi, tapi itu bukan fiktif.

Siapa dia?

Rocky lahir di Manado, Sulawesi Utara, 20 Januari 1959.

Ia memperoleh gelar sarjana sastra di Universitas Indonesia pada 1986. Dia hingga saat ini adalah dosen Departemen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Sebagai penulis, Rocky cukup produktif. Pemerintahan Presiden Joko Widodo rutin menjadi sasaran kritiknya. Salah satunya terkait penanganan permasalahan hoaks. Dia menuding pemerintah panik.

Rocky ikut mendirikan SETARA Institute pada 2007
http://fajaronline.co.id/read/46518/...i-adalah-fiksi
Allahu Akbar!!!

Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian

Bukti Al Quran Datang Dari Allah

Mengenai bukti bahawa Al-Quran itu datang dari Allah, dapat dilihat dari kenyataan bahawa Al-Quran adalah sebuah kitab berbahasa Arab yang dibawa oleh Rasulullah s.a.w. Dalam menentukan dari mana asal Al-Quran, akan kita dapatkan tiga kemungkinan.

Pertama, kitab itu merupakan karangan orang Arab.
Kedua, karangan Muhammad SAW.
Ketiga, berasal dari Allah SWT saja.
Tidak ada lagi kemungkinan selain dari yang tiga ini. Sebab Al-Quran adalah khas Arab, baik dari segi bahasa maupun gayanya.

Kemungkinan pertama yang mengatakan bahwa Al-Quran adalah karangan orang Arab merupakan kemungkinan yang tertolak. Dalam hal ini Al-Quran sendiri telah menentang mereka untuk membuat karya yang serupa. Sebagaimana tertera dalam ayat :

قُلْ فَأْتُوا بِعَشْرِ سُوَرٍ مِثْلِهِ
“Katakanlah: ‘Maka datangkanlah sepuluh surat yang (dapat) menyamainya”
(Surah Hud 13).

Di dalam ayat lain :
قُلْ فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِثْلِهِ
“Katakanlah: (‘Kalau benar apa yang kamu katakan), maka cubalah datangkan sebuah surat yang menyerupainya”
(Surah Yunus 38).

Orang-orang Arab telah berusaha keras mencubanya, akan tetapi tidak berhasil. Ini membuktikan bahawa Al-Quran bukan berasal dari perkataan mereka. Mereka tidak mampu menghasilkan karya yang serupa, ada tentangan dari Al-Quran dan usaha dari mereka untuk menjawab tentangan itu.

Kemungkinan kedua yang mengatakan bahwa Al-Quran itu karangan Nabi Muhammad s.a.w., adalah kemungkinan yang juga tidak dapat diterima oleh akal. Sebab, Nabi Muhammad s.a.w. adalah orang Arab juga.

Bagaimanapun cerdiknya, tetaplah ia sebagai seorang manusia yang menjadi salah satu anggota dari masyarakat atau bangsanya. Selama seluruh bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa, maka masuk akal pula apabila Nabi Muhammad s.a.w. yang juga termasuk salah seorang dari bangsa Arab tidak mampu menghasilkan karya yang serupa.

Oleh kerana itu, jelas bahawa Al-Quran itu bukan karangan Nabi Muhammad s.a.w.. Terlebih lagi dengan banyaknya hadis shahih yang berasal dari Nabi Muhammad s.a.w. –yang sebagian malah diriwayatkan lewat cara yang tawatur, yang kebenarannya tidak diragukan lagi. Apabila setiap hadis dibandingkan dengan ayat manapun dalam Al-Quran, maka tidak akan dijumpai adanya kemiripan dari segi gaya bahasanya.

Padahal Nabi Muhammad s.a.w., disamping selalu membacakan setiap ayat-ayat yang diterimanya, dalam waktu yang bersamaan juga mengeluarkan hadis. Namun, ternyata keduanya tetap berbeda dari segi gaya sasteranya.

Bagaimanapun kerasnya usaha seseorang untuk menciptakan berbagai macam gaya bahasa dalam pembicaraannya, tetap saja akan terdapat kemiripan antara gaya yang satu dengan yang lain. Kerana semua itu merupakan bagian dari ciri khasnya dalam berbicara. Oleh kerana memang tidak ada kemiripan antara gaya bahasa Al-Quran dengan gaya bahasa hadis, berarti Al-Quran itu bukan perkataan Nabi Muhammad s.a.w.

Sebab, pada masing-masing keduanya terdapat perbezaan yang tegas dan jelas. Itulah sebabnya tidak seorang pun dari bangsa Arab, orang-orang yang paling tahu gaya dan sastera bahasa arab, pernah menuduh bahwa Al-Quran itu perkataan Nabi Muhammad s.a.w. atau mirip dengan gaya bicaranya.

Satu-satunya tuduhan yang mereka lontarkan adalah bahawa Al-Quran itu dicipta Nabi Muhammad s.a.w. dari seorang pemuda Nasrani yang bernama Jabr. Tuduhan ini pun telah ditolak keras oleh Allah SWT dalam firman-Nya :

وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنهُمْ يَقُولُونَ إِنمَا يُعَلمُهُ بَشَرٌ لِسَانُ الذِي يُلْحِدُونَ إِلَيْهِ أَعْجَمِي وَهَذَا لِسَانٌ عَرَبِي مُبِينٌ
“(Dan) Sesungguhnya Kami mengetahui mereka berkata: ‘Bahawasanya Al-Quran itu diajarkan oleh seorang manusia kepadanya (Muhammad). Padahal bahasa orang yang mereka tuduhkan (bahwa) Muhammad belajar kepadanya (adalah) bahasa ‘ajami (bukan-Arab), sedangkan Al-Quran itu dalam bahasa arab yang jelas”
(Surah An-Nahl 103).

Jika telah terbukti bahwa Al-Quran itu bukan karangan bangsa Arab, bukan pula karangan Nabi Muhammad s.a.w., maka sesungguhnya Al-Quran itu adalah firman Allah, kalamullah, yang menjadi mukjizat bagi orang yang membawanya.

source
trit perdamaian nastak nasbung
akhirnya kena juga tuh begundal, niat hati ingin membela prabowo dengan novel fiksinya "indonesia bubar 2030", eh malah merembet sampai ke isu agama. sekali lagi Mampus
Diubah oleh badassbitch
Dari hasil browsing di internet, kalangan dari dalam kelompok studi Islam yang menamakan dirinya ISLAM LIBERAL (ISLAMLIBS) ... adalah satu--satunya kelompokk yang meragukan apakah kitab suci Al-Qurán itu FAKTA atau FKSI ...


Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
source:
http://islamlib.com/kajian/quran/al-...kta-dan-fiksi/
umat jadi rusak ... saling bunuh begitu ada kesempatan
inilah hasil dari ujaran kebencian itu sendiri
semua mempersoalkan ujaran kebencian dgn memakai kebencian itu sendiri

terima kasih riziek sihab, kaw telah sukses menebarkan virus itu pada semua golongan yg ada emoticon-Ultah
kitab suci mana yg dia maksud?
ancam bangkeknya
emoticon-Marah
HIMBAUAN UNTUK KAUM MUSLIMIN,
JANGAN IKUT-IKUTAN MEMBENARKAN ATAU MENYETUJUI,
APALAGI MEMBELA UCAPAN ROCKY GERUNG TENTANG "KITAB SUCI ITU FIKSI"


Lisan memang lentur dan tak bertulang. Tapi yang dikeluarkannya bisa menjadi sesuatu yang sangat keras dan mematikan. Bahkan yang menjadi penyebab terbanyak seseorang masuk neraka adalah akibat dari produk lisannya.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam menasihatkan kepada Mu'ad bin Jabal setelah ia bertanya kepada beliau tentang amal yang bisa memasukkannya ke surga dan menjauhkannya dari neraka, agar ia menjaga lisannya. Kemudian Mu'ad bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah kita akan disiksa karena ucapan kita?" lalu beliau menjawab,

ثَكِلَتْكَ أُمكَ، وَهَلْ يَكُب الناسَ فِي النارِ عَلَى وُجُوهِهِمْ (أَوْ: عَلَى مَنَاخِرِهِمْ) إِلا حَصَائِدُ أَلْسِنَتِهِمْ

"Semoga ibumu kehilanganmu (maksudnya sebagai ungkapan kekagetan, -pent.). Apakah (ada) yang menyebabkan seseorang terjerembab di neraka di atas wajah (atau hidung mereka) kecuali disebabkan oleh tindakan lisan mereka'?"
(HR. Al-Tirmidzi, beliau berkata: hadits hasan shahih)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إِن الْعَبْدَ لَيَتَكَلمُ بِالْكَلِمَةِ مَا يَتَبَينُ فِيهَا يَزِل بِهَا فِي النارِ أَبْعَدَ مِما بَيْنَ الْمَشْرِقِ

"Sesungguhnya ada seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang tidak dipikirkan bahayanya terlebih dahulu, sehingga membuatnya dilempar ke neraka dengan jarak yang lebih jauh dari pada jarak antara timur dan barat."
(Muttafaq 'Alaih)

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

إِن الرجُلَ لَيَتَكَلمُ بِالْكَلِمَةِ لاَ يَرَى بِهَا بَأْسًا يَهْوِى بِهَا سَبْعِينَ خَرِيفًا فِى النارِ

"Sesungguhnya seseorang berbicara dengan suatu kalimat yang dia anggap itu tidaklah mengapa, padahal dia akan dilemparkan di neraka sejauh 70 tahun perjalanan karenanya.”
(HR. Tirmidzi. Beliau berkata: hadits ini hasan gharib)

Masih dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam beliau bersabda,

إِن الْعَبْدَ لَيَتَكَلمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ رِضْوَانِ اللهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَرْفَعُهُ اللهُ بِهَا دَرَجَاتٍ وَإِن الْعَبْدَ لَيَتَكَلمُ بِالْكَلِمَةِ مِنْ سَخَطِ اللهِ لَا يُلْقِي لَهَا بَالًا يَهْوِي بِهَا فِي جَهَنمَ

"Sesungguhnya ada seorang hamba berbicara dengan suatu perkataan yang diridhai Allah yang ia anggap biasa, lalu Allah mengangkat derajatnya disebabkan perkataannya itu. Dan ada juga seorang hamba yang berbicara dengan suatu perkataan yang membuat Allah murka yang ia anggap biasa lalu dia dilemparkan ke dalam jahannam.”
(HR. Bukhari)

Jika demikian bahaya dari lisan, maka pantaslah jika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam memberikan jaminan surga kepada umatnya yang benar-benar sanggup menjaga lisannya,

مَنْ يَضْمَنْ لِي مَا بَيْنَ لَحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنةَ

"Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada di antara kedua dagunya dan apa yang ada di antara kedua kakinya, maka aku akan menjamin surga untuknya."
(Muttafaq 'alaih dari hadits Sahal bin Sa'ad) maksudnya adalah lisan dan kemaluan. Wallahu Ta'ala A'lam.
wkwkwk lucu juga kasusnya

kalo pendapatku..yg namanya kitab samawi itu gak ada yg fiksi..termasuk injil dan taurat

tp kalo kitab suci agama lain gak sependapat, namun sepertinya bukan fiksi juga,
tp kalau dibilang kurang akurat dalam menyajikan sejarah mungkin bisa jg
Quote:


diatas ngomong jangan ikut2an
tapi dibawah malah copas hadizt .... emoticon-Ngakak

benar2 ujaran kebahlulan lu tong emoticon-Wkwkwk emoticon-Selamat
Mano nih meme abu janda yg lirik sana lirik sini ? emoticon-Big Grin
kejadiannya belum ada pembuktian = fiksi
revisi muluk = fiksi
Rocky Gerung Dilaporkan Abu Janda ke Polisi Soal Ujaran Kebencian
Quote:


Mulutmu harimaumu.

Kena kau Gerung!
Quote:


Kalau yang membuat isi kitab suci adalah Tuhan yang maha tahu segalanya, apakah disebut fiksi?

Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di